Menlu RI ke Inggris, Bahas G20, Ukraina dan Kemitraan 

Menlu RI Retno Marsudi bertemu dengan Menlu Inggris.

Jakarta, IDN Times - Indonesia dan Inggris menyepakati Roadmap Kemitraan Indonesia-Inggris 2022-2024 pada pertemuan bilateral antara Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dengan Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss di London, 19 April 2022.

Retno juga bertemu dengan Anggota Parlemen Inggris Richard Graham untuk membahas pemajuan kerja sama bilateral kedua negara.

Kunjungan Retno ke London ini berada dalam rangkaian kunjungannya ke Eropa untuk membahas presidensi Indonesia di G20. Selain Inggris, Retno juga mengunjungi Prancis, Belanda dan Turki.

Baca Juga: Menlu RI ke 4 Negara Eropa, Konsultasi Soal Ukraina  

1. Bahas presidensi Indonesia di G20

Menlu RI ke Inggris, Bahas G20, Ukraina dan Kemitraan upacara pembukaan G20 Indonesia (g20.org)

Dalam kesempatan ini, Retno membahas presidensi Indonesia di G20 dengan Truss. Retno menyampaikan apresiasi atas dukungan Inggris terhadap presidensi Indonesia.

Kedua menlu juga membahas situasi di Ukraina dan dampaknya bagi perekonomian dunia. Inggris sendiri merupakan anggota G-20 dan mitra penting kerja sama bilateral Indonesia

Baca Juga: PM Inggris Kunjungi India Pekan Ini, Mau Bahas Apa?

2. Peningkatan hubungan kedua negara

Menlu RI ke Inggris, Bahas G20, Ukraina dan Kemitraan London Bridge, Inggris (IDN Times/Isidorus Rio)

Membahas soal roadmap kedua negara, Retno menggarisbawahi arti penting roadmap tersebut dalam peningkatan hubungan bilateral kedua negara.

“Roadmap Kemitraan Indonesia-Inggris ini menjadi dokumen strategis, memberikan panduan kerja sama penguatan kemitraan bilateral yang saling menguntungkan," kata Retno dalam pernyataan tertulis dari Kementerian Luar Negeri RI, Rabu (20/4/2022).

Roadmap ini memuat program kerja sama strategis di bidang ekonomi, politik, keamanan dan lingkungan hidup. Salah satunya adalah kesepakatan menghapuskan praktik perdagangan diskriminatif melalui penjajakan pembuatan mutual recognition untuk standardisasi dan sertifikasi.

Baca Juga: Bertemu Menlu Kanada, Retno Marsudi Bahas Ukraina dan G20

3. Kemitraan RI-Inggris untuk menghadapi tantangan global

Menlu RI ke Inggris, Bahas G20, Ukraina dan Kemitraan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (Twitter/@setkabgoid)

Selain itu, Roadmap ini juga mencakup kerja sama transisi energi, kesehatan, mendukung Indonesia sebagai bagian rantai pasok industri global, serta penguatan kerja sama regional dan global, termasuk dukungan Inggris kepada presidensi Indonesia di G20.

“Kemitraan yang bervisi ke depan, berlandaskan prinsip-prinsip saling menghargai, saling menguntungkan, dan sejalan dengan norma dan hukum internasional serta shared value Indonesia-Inggris,” lanjutnya.

Disepakatinya Roadmap ini merupakan tindak lanjut hasil pertemuan bilateral kedua menlu di Jakarta, 11 November 2021. Implementasinya akan dimonitor kedua menlu dengan bantuan pajabat senior kedua negara.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya