Cerita Ramadan: Non Muslim Coba Ikut Puasa, Keterusan Sampai 10 Tahun!

#CeritaRamadan seorang Kristen yang ikutan puasa Ramadan

Jakarta, IDN Times - Awalnya penasaran, malah jadi keterusan. Tepatnya di 2014, lagi baca-baca artikel tentang manfaat puasa buat kesehatan, ternyata banyak juga. Dari meningkatkan metabolisme tubuh, sampai mengaktifkan detoksifikasi. Ya, menjaga kesehatan tubuh menjadi salah satu alasan saya memulai ikut puasa di tahun itu. Bukan fomo, ya!

Kebetulan, saya lahir sebagai seorang yang menganut agama Kristen Protestan. Di ajaran agama saya sebenarnya ada juga perihal berpuasa. Uniknya, menurut saya, keseruan saat berpuasa ramai-ramai mungkin menjadi alasan kenapa saya memutuskan untuk ikut berpuasa tepat di bulan Ramadan, selain tentunya alasan kesehatan tadi, ya.

Yes, kebayang dong gimana serunya beli takjil bareng teman-teman, cari lontong, es buah, dan yang sudah pasti gorengan menjadi ‘menu utama’ saat berbuka puasa. Nah, yang paling nikmat itu saat merasakan tetesan pertama teh manis hangat melewati kerongkongan. Bayangkan, kurang lebih 12 jam mulut enggak kena air, keringnya kayak gimana, tuh! Nikmat, cuy!

Puasa pertama di 2014 berakhir dengan lima kali batal, harap maklum ya, namanya juga nubie! Eh iya, selama masa puasa pertama itu ibunda tercinta alias nyokap ternyata ngedukung juga. Bahkan, saat sahur dia suka menyikapkan makanan, kalau kebangun, ya! Kalau gak kebangun ya… mie instant to the rescue!

Selesai di 2014, tahun berikutnya mau coba challenge diri lagi aja, “masa sih gue enggak bisa full”, dalam hati ngomong kayak gitu. Dan, 2015 berhasil bisa puasa full, enggak batal. Bahkan, sampai pindah kantor beberapa kali puasa Ramadan masih saya jalani, sampai sekarang.

Pertanyaannya, imbasnya apa nih? Ya, itu tadi, kesehatan sih yang pasti, badan berasa enteng aja. Cobain deh, bukan sugesti, kok! Ya, tapi kalau habis puasa pola makan juga mesti dijaga, jangan gila-gilaan juga, sih. Tapi benar deh, 10 tahun keterusan puasa bikin badan makin enak aja.

Pastinya, saya puasa saat Ramadan bukan cari simpatik, bukan gaya-gayaan, bukan juga pengin log in, tetapi ya memang ada manfaatnya aja. Kalau masalah iman mah, balik lagi ke orangnya masing-masing, ya gak? Jadi, apakah masih mau puasa Ramadan? Kuy lah, ya kali gak kuy! Bismillah!

Baca Juga: Cerita Ramadan: Jadi Korban Perang Sarung

Topik:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya