Comscore Tracker

7 Jenis Kucing yang Populer Dipelihara di Indonesia

Buat kamu yang baru jadi cat lovers!

Kucing adalah hewan mamalia karnivora yang dikategorikan sebagai peliharaan rumahan. Banyak yang memelihara kucing karena bisa meredakan stres dan mengembalikan mood. Dari segi jenis, kucing memiliki banyak sekali macamnya. Terkhusus di Indonesia, ada beberapa jenis kucing yang populer dipelihara di rumah. Nah, apa saja itu? Yuk simak sampai akhir.

Baca Juga: Gak Sangka, Ternyata 5 Jenis Binatang Ini Bisa Dipelihara!

1. Kucing Kampung

7 Jenis Kucing yang Populer Dipelihara di IndonesiaKucing kampung (Pexels.com/AleksandrNadyojin)

Kucing Kampung atau biasa disebut domestic cat adalah jenis kucing yang banyak sekali ditemukan di jalanan. Dilansir National Geographic, kucing ini memiliki sejarah panjang dengan manusia yang telah ada pertama kali di Egyptians 4000 tahun yang lalu.

Di luar negeri kucing ini disebut juga dengan kucing jenis Moggy atau Moggies. Kucing ini juga dikategorikan sebagai kucing yang memiliki antibodi kuat di antara jenis kucing lainnya karena memiliki genetic pool istilah dari campuran berbagai jenis kucing. Untuk biayanya cat lovers gak harus mengeluarkan uang karena kalian bisa mengambilnya di jalanan.

2. Kucing Persia

7 Jenis Kucing yang Populer Dipelihara di IndonesiaKucing jenis persia (pixabay.com/deliabertola)

Siapa yang tidak tahu dengan kucing satu ini?! Kucing dengan ciri khas hidung pesek ini sudah ada di Persia ratusan abad lalu dan famous di daratan Eropa pada abad ke 18. Dikutip dari buku Persian Cats karya Joanne Mattern, menurut data The International Cat Association, pada tahun 2005 hingga 2009 kucing ini berturut turut masuk nominasi 10 kucing yang sangat populer di dunia.

Ciri khas lainnya dari kucing ini adalah bulunya yang lebat dan halus. Kucing ini bisa cat lovers dapatkan dengan harga yang terjangkau yaitu 2-4 jutaan. Namun akan lebih mahal jika jenis Persia dengan hidung yang sangat pesek yaitu sekitar 10 jutaan. Meski begitu, cat lovers gak bakal nyesel deh membelinya karena kucing ini memiliki kepribadian yang manis dan menyenangkan untuk dipelihara.

3. Kucing Birman

7 Jenis Kucing yang Populer Dipelihara di IndonesiaKucing jenis birman (pexels.com/omarramadhan)

Selain Kucing Persia, Kucing Birman juga menjadi favorit peliharaan di indonesia. Dilansir situs Cattime asal muasal kucing ini sangat erat sejarahnya dengan kuil suci di Burma atau The Sacred Cat of Burma.

Kucing dengan berat 6 kg ini memiliki ciri khas mata biru,bulu lebat dan halus dengan warna cokelat gelap pada wajah,tangan dan kaki. Kucing ini sangat adaptif dengan lingkungan sekitar sehingga mudah baginya berbaur dengan ras kucing lain. Kucing ini sangatlah setia sehingga tak jarang pas cat lovers keluar rumah dia bakal setia menunggumu dan menyambutmu di depan pintu. Harga kucing satu ini juga sangat terjangkau sekitar 1-3 jutaan. Cat lovers bisa mengecek sendiri di petshop terdekat.

Baca Juga: 5 Jenis Hewan yang Cocok Dipelihara Anak-anak, Jangan asal Pilih!

4. Kucing Siam

7 Jenis Kucing yang Populer Dipelihara di IndonesiaKucing jenis siam (pixaby.com/webandi)

Kucing satu ini hampir mirip dengan Kucing Birman yaitu sama sama memiliki mata berwarna biru. Kucing ini berasal dari daerah Siam atau disebut Thailand saat sekarang. Hewan anabul satu ini termasuk mamalia berdarah panas loh! Sifat khasnya yang penyayang dan suka sekali duduk di pangkuan tuannya akan membuat cat lovers jatuh cinta, tak hanya itu kucing ini terlihat pintar dengan sisi kalemnya. Kucing ini bisa cat lovers dapatkan dengan harga yang cukup fantastis yaitu sekitar 13- 20 jutaan.

5. Kucing Anggora

7 Jenis Kucing yang Populer Dipelihara di IndonesiaKucing jenis anggora (unplash.com/@42north)

Kucing ini berasal dari Negri Kebab yaitu Ankara,Turki. Kucing ini adalah ras domestik tertua. Hidungnya yang mancung, mata seperti kacang almond, bulu yang tebal dan badan besarnya membuat semua orang ingin memeluknya.Kucing dengan wajah yang tegas ini sangatlah lucu dan mengemaskan. Kisaran harga dari kucing satu ini sekitar 4-15 juta tergantung toko di mana kamu membelinya.

6. Kucing Sphynx

7 Jenis Kucing yang Populer Dipelihara di IndonesiaKucing jenis sphynx ( pexels.com/ekaterinakanunnikova)

Berdasarkan buku Sphynx Cats karya Nancy Furstinger kucing ini telah ada pada tahun 1966, ditemukan pertama kali di Kanada. Nama lain kucing ini ialah Canadian hairless atau Moon cat. Ciri khas kucing satu ini adalah kucing tanpa bulu.

Faktannya kucing ini tetaplah memiliki bulu dengan ukuran yang pendek dan sedikit. Meski sebagian orang bimbang memelihara hewan satu ini, cat lovers gak usah ragu karena kucing ini sangatlah ramah dan suka bermain bersama manusia. Kucing ini juga dipelihara pasangan artis Raditya Dika dan Annisa Aziza. Harga anabul satu ini tak main main cat lovers yaitu 14 sampai 20 jutaan dengan perawatan yang juga cukup menguras dompet.

7. Kucing British Shorthair

7 Jenis Kucing yang Populer Dipelihara di IndonesiaKucing jenis british shorthair (pixaby.com/marianna_ole)

Seperti namannya kucing ini berasal dari Inggris, diperkirakan dibawa pertama kali oleh pasukan Romawi. Kucing ini telah ada sejak abad pertama dan termasuk ras kucing tertua di dunia. Kucing ini bisa hidup sampai 20 tahun mendatang.

Cat lovers tau gak? Kucing ini juga dijuluki Boneka Beruang karena tubuhnya yang dipenuhi dengan bulu pendek berwarna abu abu mirip seperti boneka. Kucing ini sangat doyan makan sehingga cat lovers harus siap stock makanannya terus. Kucing ini juga sangat aktif dan ramah dengan hewan lain. Harga kucing satu ini sangatlah fantastis yaitu 17 sampai 20 jutaan.

Nah jadi gimana nih cat lovers, udah nentuin kucing yang bakal kamu adoption. Setiap kucing memiliki keunikannya masing masing dan buat cat lovers yang masih mencari jenis kucing mana yang tepat untuk dipelihara. Saran mimin cat lovers harus nentuin dulu budget dan tujuan memeliharanya sehingga di kemudian hari catlovers bisa menemukan kucing pujaanya dan tidak menyesal.

Baca Juga: Kucing 101: 6 Fakta Mata Kucing, Bisa Melihat di Cahaya Redup

Asyiatul Husnia Photo Writer Asyiatul Husnia

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya