Comscore Tracker

5 Cara Unik Hewan Mempertahankan Dirinya

Ada yang pura-pura mati, lho!

Hewan memiliki cara-cara yang unik untuk bertahan hidup dan mempertahankan diri dari serangan hewan lainnya. Cara-cara ini diperoleh melalui naluri dan evolusi yang terjadi yang diturunkan dari generasi ke generasi.

Inilah lima cara unik hewan mempertahankan diri yang harus kamu ketahui.

1. Katak berbulu dapat mengeluarkan cakar setajam cakar kucing

5 Cara Unik Hewan Mempertahankan Dirinyabbc.co.uk

Katak dengan nama latin Trichobatrachus Robustus ini merupakan katak langka yang memiliki mekanisme perlindungan/pertahanan diri yang unik dan sedikit menyeramkan.

Melansir New Scientist, katak yang memiliki rambut-rambut halus dibagian tubuhnya ini dapat meremukkan tulangnya untuk dikeluarkan sebagai cakar, mana kala ia berada dalam situasi yang terancam, mirip dengan karakter fiksi Logan/Wolverine di serial X-Men. Membayangkannya saja benar-benar ngilu, ya!

2. Tupai Opossum sering pura-pura mati

5 Cara Unik Hewan Mempertahankan Dirinyawildliferemovalusa.com

Jika kamu bertemu dengan tupai spesies Opossum dalam kondisi mati, bisa jadi itu bukan betul-betul mati, malinkan pura-pura. Opossum sering melakukan hal ini di kala ia terdesak oleh predator.

Sebelum berpura-pura mati, biasanya Opossum akan berusaha bertahan dengan berbagai macam cara yang ia bisa. Cara terakhir adalah berpura-pura mati, dan cara ini cukup efektif, sebab akan membuat predator tak akan tertarik lagi dengannya.

Baca Juga: 5 Hewan Mamalia Endemik Pulau Tasmania yang Unik-unik Banget

3. Kadal bertanduk Texas menyemburkan darah dari matanya

5 Cara Unik Hewan Mempertahankan Dirinyatexasmonthly.com

Kadal bertanduk asal Texas, Amerika, ini terbilang unik. Dengan badan yang tambun, wajah sangar dan bertanduk, serta memiliki mekanisme pertahanan diri yang unik.

Kadal betanduk ini akan menyemburkan darah dari matanya jika dalam kondisi terdesak. Darah yang disemburkan tersebut dikumpulkan dari jaringan sinus dan dapat digunakan untuk "menembak" predator sampai predator tersebut terkejut dan melarikan diri.

4. Kupu-kupu burung hantu dapat mengelabui burung hantu yang asli

5 Cara Unik Hewan Mempertahankan Dirinyasciencenews.org

Apakah ini serius? Memangnya ada hewan selemah kupu-kupu yang dapat membodohi predator ganas seperti burung hantu? Ada, dan faktanya kupu-kupu burung hantu memang dapat mengelabui burung hantu yang asli.

Kupu-kupu jenis ini memiliki corak sayap yang sangat mirip dengan wajah burung hantu. Corak ini dapat membuat burung hantu diam keheranan dan dapat memberi waktu bagi si kupu-kupu untuk melarikan diri. Keren juga, ya!

5. Walang Sangit mengeluarkan bau badan yang sangat busuk

5 Cara Unik Hewan Mempertahankan Dirinyawpr.org

Kamu pasti pernah secara gak sengaja menyenggol serangga ini kan? Pasti tanganmu akan bau, dan baunya sangat busuk dan menyengat. Ya, nama hewan ini adalah Stink Bug atau Walang Sangit.

Satu-satunya cara untuk terhindar dari predator adalah dengan mengeluarkan aroma busuk menyengat yang akan ia keluarkan dari tubuhnya. Dijamin, predator apa pun akan langsung pergi menjauh.

Itulah lima cara unik pertahanan diri dari hewan. Semoga dapat menambah wawasan kamu di bidang fauna, ya!

Baca Juga: 10 Hewan dengan Penampilan Paling Aneh, Ada yang Seperti Manusia Pt. 2

Dahli Anggara Photo Community Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You