Comscore Tracker

10 Ras Kucing Paling Pintar di Dunia, Bisa Mengalahkan Kamu lho!

Ada yang bisa menirukan perilaku manusia

Kucing sering kali mengagetkan kita dengan tingkahnya yang cerdik. Siapa sangka mereka bisa membuka kulkas sendiri, tahu letak kita menyembunyikan makanan, hingga bahkan sesederhana mengetahui tempat untuk buang air. 

Kepintaran kucing tidak diukur dengan mengerjakan teka-teki, membaca, hingga berbahasa, namun dari seberapa baik mereka saat dilatih, cara menyesuaikan diri dengan lingkungan, hingga interaksinya dengan makhluk lain. Itulah kenapa kucing-kucing pintar cenderung memiliki sifat yang playful, setia, dan penuh rasa penasaran. 

Ingin tahu ras kucing apa sajakah yang bisa digolongkan dalam kategori ini? Yuk, simak dalam penjelasan berikut! Jangan-jangan kamu kalah pintar!

1. Abyssinian

10 Ras Kucing Paling Pintar di Dunia, Bisa Mengalahkan Kamu lho!catfoodinsider.com

Dengan telinga yang besar dan mata yang tajam, Abyssinian sangat menggambarkan sifatnya yang penuh rasa ingin tahu. Iya, Abyss selalu penasaran dengan apa yang terjadi di sekitarnya sehingga jangan heran jika mereka membuntutimu atau melakukan hal-hal aneh di luar kebiasaan kucing lain. Contohnya membuka lemari, pintu, dan menemukan barang yang kamu sembunyikan.

Abyssinian juga dikenal sangat aktif dan playful. Mereka akan mengajakmu bermain sampai kamu merasa lelah karena staminanya yang begitu kuat. Akan tetapi sebaiknya jangan tinggalkan mereka di rumah terlalu lama, ya. Mereka berpotensi stres dan melampiaskannya ke barang-barang di sekitar.

2. Siamese

10 Ras Kucing Paling Pintar di Dunia, Bisa Mengalahkan Kamu lho!petsbuyandsell.com

Berikutnya ada kucing Siamese. Tak hanya dikenal dengan corak bulunya yang indah, mereka  tergolong sebagai salah satu kucing paling pintar di dunia. Sama seperti Abyss, Siamese akan selalu membuntutimu karena mereka penasaran dengan aktivitas manusia. 

Menurut laporan Cat Fanciers’ Association, kucing ini juga memiliki kemampuan komunikasi yang sangat baik. Mereka akan “berisik” jika bertemu kucing lain atau saat sedang bersamamu. Ketahuilah itu adalah cara Siamese mengutarakan pendapatnya. 

3. Bengal

10 Ras Kucing Paling Pintar di Dunia, Bisa Mengalahkan Kamu lho!fluffyplanet.com

Berpenampilan eksotis, Bengal ternyata mewarisi insting dan akal cerdik dari nenek moyangnya, yakni leopard. Mereka pandai mencari makanan sendiri, bersembunyi, dan suka melakukan aktivitas fisik. Sering kali Bengal bahkan membuat majikannya lelah karena mereka terlalu aktif.

Walaupun sifat aslinya cukup liar, kucing yang satu ini tergolong cukup mudah dilatih. Mereka butuh waktu menyesuaikan diri dengan lingkungan rumah. Namun ketika Bengal sudah mengenal keluarganya, mereka akan menjadi kucing yang sangat ramah, setia, dan manis.

4. Scottish Fold

10 Ras Kucing Paling Pintar di Dunia, Bisa Mengalahkan Kamu lho!noticiasaominuto.com

Berwajah bulat, berbulu pendek, dan telinga kecil yang terlipat. Itulah ciri khas dari Scottish Fold. Walaupun penampilannya terlihat lucu, ternyata kucing ini diam-diam sangat pintar dan cerdik, lho.

Dilansir dari CatTime, kucing ini ternyata mampu menirukan mannerism (kebiasaan gestur, sikap, dan cara bicara) manusia. Itulah kenapa Scottish Fold sering terlihat duduk dengan cara yang mirip manusia, menirukan ekspresi, dan lain sebagainya. Kucing lain tak bisa melakukan hal ini, lho!

Kamu juga akan menemukannya merenung saat menonton televisi seakan mereka mengerti apa yang sedang terjadi. Scottish Fold juga sering mengingat waktu. Misal pagi hari adalah waktu untuk makan, siang hari adalah waktu bermain, dan lain sebagainya.

5. Cornish Rex

10 Ras Kucing Paling Pintar di Dunia, Bisa Mengalahkan Kamu lho!communication-skills.info

Tak banyak yang mengetahui ras ini, namun ternyata Cornish Rex adalah salah satu kucing yang disukai karena kepintarannya. Walaupun terlihat galak, mereka nyatanya begitu ramah dan setia. Bahkan banyak yang menyebutnya sangat mirip dengan anjing. 

Mengutip CatTime, kamu tak akan bisa menyembunyikan barang atau makanan dari mereka. Sebab kucing ini pasti akan mencari jalan untuk menemukannya. Selain itu, Cornish Rex juga memiliki kepribadian yang manis, mudah dilatih, aktif, dan suka bermain.

Baca Juga: Kucing 101: Ini Nama dan Asal-usul "Kucing Kampung" Indonesia!

6. Korat

10 Ras Kucing Paling Pintar di Dunia, Bisa Mengalahkan Kamu lho!ignitedancefestival.com

Korat adalah ras lain yang tak banyak diketahui. Kucing yang berasal dari Thailand ini memiliki nama yang berarti keberuntungan. Siapa pun yang memeliharanya akan untung karena Korat adalah kucing yang pintar dan penuh perhatian kepada dunia di sekitarnya. 

Jangan heran jika mereka tahu ketika kamu sedang senang ataupun sedih. Kucing ini akan menunjukkannya dengan afeksi, seperti naik ke pangkuanmu, mengusapkan tubuhnya, menatap wajahmu, dan lain-lain. Korat juga sangat suka bertemu dengan orang dan hewan baru. Mereka dapat beradaptasi dengan cepat di rumahmu.

7. Savannah

10 Ras Kucing Paling Pintar di Dunia, Bisa Mengalahkan Kamu lho!savannahcatbreed.com

Mirip dengan Bengal, Savannah adalah ras yang dihasilkan dari persilangan kucing domestik dan serval (kucing besar) Afrika. Karena itu, mereka masih memiliki insting alam liar yang kuat.

Mereka terkenal sangat aktif karena suka berlari, melompat, memanjat, dan lain sebagainya. Tak hanya itu, Savannah juga mudah dilatih untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan rumah. Namun sediakan ruang yang luas untuknya bermain, ya. 

8. Burmese

10 Ras Kucing Paling Pintar di Dunia, Bisa Mengalahkan Kamu lho!wallpaperflare.com

Jika kamu mencari kucing super ramah yang mudah beradaptasi dengan lingkungan, Burmese adalah jawabannya. Kucing asal Thailand ini memiliki kepribadian yang ekstrover. Mereka sangat suka berteman dengan manusia dan hewan lain, mudah beradaptasi, pintar, dan aktif. 

Dilansir dari The Spruce Pets, Burmese akan selalu menunggumu pulang dari rumah dan mengikutimu ke mana saja untuk mendapatkan perhatian. Sering-seringlah mengajaknya bermain agar mereka tidak bosan dan rewel.

9. Singapura

10 Ras Kucing Paling Pintar di Dunia, Bisa Mengalahkan Kamu lho!hillspet.com

Berikutnya adalah Singapura. Kucing berbadan mini ini merupakan persilangan antara Abyssinian dan Burmese. Jadi jangan heran jika mereka mewarisi intelegensi dari kedua induknya tersebut. 

Singapura memiliki kepribadian yang terbuka, penuh rasa ingin tahu, selalu suka menyibukkan diri, dan suka berada di antara manusia. Maka jangan heran jika mereka tak rela melepasmu pergi beraktivitas di luar. Cepat-cepat kembali ke rumah untuk bermain dengannya, ya!

10. Turkish Angora

10 Ras Kucing Paling Pintar di Dunia, Bisa Mengalahkan Kamu lho!thesprucepets.com

Kucing pintar terakhir dalam daftar ini adalah Turkish Angora. Walaupun terlihat anggun dan kalem, Angora adalah kucing yang sangat energik, lho. Cat Fanciers’ Association bahkan menyebutnya sebagai “life of the party” karena mereka sangat sosial dan menyukai interaksi. 

Yang unik dari ras ini adalah mereka membuka diri dengan hewan atau kucing lainnya, asalkan mereka tetap menjadi yang dominan dan nomor satu. Jika kamu sedang bersamanya, pastikan semua perhatianmu mengarah pada si kucing yang satu ini, ya. Kalau tidak, mereka akan cemburu!

Itulah sejumlah ras kucing paling pintar di dunia. Jika kamu memang mencari peliharaan dalam kategori tersebut, kamu sebaiknya menghindari ras Persia, Birman, Himalayan, dan Ragdoll. Mereka adalah hewan yang baik untuk dipelihara namun tidak sepintar kawan-kawannya di atas. 

Baca Juga: 10 Ras Kucing dengan Umur Paling Panjang, Bisa Hidup hingga 25 Tahun!

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya