Comscore Tracker

5 Ciri-Ciri Anjing Sehat dan Bahagia, Pemilik Perlu Tahu

Kalau anjingmu bahagia, pasti kamu juga bahagia

Anjing adalah salah satu hewan peliharaan yang cukup populer. Makhluk ini dikenal dengan sifatnya yang setia dan penyayang. Hewan peliharaan sendiri tidak sebatas hiasan, tetapi juga bisa menjadi teman.

Ketika memutuskan untuk memelihara hewan, kamu harus bisa menjaganya agar tetap sehat dan bahagia. Lalu, apa saja tanda-tanda atau ciri-ciri anjing sehat dan bahagia? Kamu bisa mengetahui tanda-tandanya di artikel ini.

1. Penampilan yang bersih

5 Ciri-Ciri Anjing Sehat dan Bahagia, Pemilik Perlu TahuPenampilan yang bersih menandakan anjing yang sehat (pexels.com/Helena Lopes)

Penampilan anjing bisa menjadi tanda bahwa anjing tersebut sehat. Rambut anjing akan terlihat mengkilap dan lembut ketika disentuh. Ketika disentuh, kulit anjing akan terasa lembut dan bebas dari ruam dan koreng.

Kamu juga bisa memeriksa bagian kepala anjing. Mata anjing akan terlihat cerah dan tidak berair. Bagian dalam telinga juga akan memiliki warna merah muda dan bersih dari kotoran. Hidung anjing yang sehat akan lembab, tidak kering dan tidak basah.

2. Badannya tidak tegang

5 Ciri-Ciri Anjing Sehat dan Bahagia, Pemilik Perlu TahuAnjing yang bahagia berperilaku tenang (pexels.com/Samson Katt)

Tanda selanjutnya jika anjing bahagia dilihat dari tubuhnya. Anjing yang bahagia akan berperilaku tenang. Tubuhnya juga akan rileks dan tidak dalam posisi siaga.

Ketika tegang, anjing akan memasang posisi siaga dan badannya akan tegang. Kemudian, pandangan anjing yang tegang juga akan terlihat tajam. Perhatikan bahasa tubuh ini untuk mengetahui anjing sedang bahagia.

3. Anjing bersikap ceria

5 Ciri-Ciri Anjing Sehat dan Bahagia, Pemilik Perlu TahuEkor anjing bisa menandakan perasaan anjing (pexels.com/Artem Beliaikin)

Anjing juga bisa menunjukkan sikap bahagia. Anjing akan berperilaku ceria ketika sedang bahagia. Kamu bisa melihatnya dari gerak-gerik yang seperti ingin mengajak bermain.

Kamu juga bisa melihat posisi ekor anjing. Jika ekornya berdiri dan bergoyang, artinya anjing sedang bahagia. Namun, hati-hati ketika ekor anjing berada di tengah kakinya. Tanda ini berarti anjing sedang takut dan cemas.

Baca Juga: 7 Tanda-Tanda Anjing Peliharaan Mengalami Depresi

4. Tidak menjauh ketika didatangi

5 Ciri-Ciri Anjing Sehat dan Bahagia, Pemilik Perlu TahuKetika merasa senang dan nyaman, anjing akan mendekat kepada kamu (pexels.com/Karolina Grabowska)

Anjing akan bersembunyi ketika sedang takut atau stres. Anjing yang bahagia tidak akan menghindar ketika didatangi. Kamu bisa tahu ia tidak bahagia ketika anjing menghindar ketika ingin disentuh.

Ketika anjing menghindar dari kamu, sebaiknya biarkan saja. Jika kamu memaksa untuk mendekat, anjing akan merasa stres. Ketika bahagia, anjing akan datang ke arah kamu dan meminta perhatian kamu.

5. Nafsu makannya sehat

5 Ciri-Ciri Anjing Sehat dan Bahagia, Pemilik Perlu TahuNafsu makan anjing juga bisa menandakan kesehatan anjing (pexels.com/cottonbro)

Kamu juga bisa memerhatikan pola makan anjing. Tentunya anjing yang sehat memiliki nafsu makan yang baik. Namun, jangan sampai kamu terlalu banyak memberikan makanan kepada anjing.

Terlalu banyak memberikan makanan bisa membuat anjing obesitas. Jika memiliki berat badan berlebih, anjing juga bisa terkena penyakit. Atur pola makan anjing agar cukup dan waspada jika nafsu makan anjing menurun secara mendadak.

Itulah tanda-tanda atau ciri-ciri anjing sehat dan bahagia. Perlakuan dari kamu bisa menentukan seberapa bahagia anjing peliharaan. Jangan lupa ajak anjing beraktivitas agar tetap sehat dan bahagia.

Apakah anjing kamu sudah menunjukkan tanda-tanda di atas? Jika belum, kamu bisa memberikan perhatian agar anjing bisa hidup dengan nyaman. Kebahagiaan anjing juga bisa menjadi kebahagiaan kamu, lho!

Baca Juga: 8 Tips Adopsi Anjing dengan Benar, Kamu Wajib Paham!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya