Comscore Tracker

Unik, 6 Hewan Ini Tidak Berkerabat Dekat dengan Hewan Lain 

Mereka adalah satu-satunya hewan dari jenisnya 

Jika belajar tentang ilmu taksonomi, kamu pasti tahu bahwa umumnya setiap jenis hewan pasti berkerabat dekat dengan hewan lainnya, sebagai contoh adalah singa dan harimau. Keduanya berkerabat dalam tingkat genus karena sama-sama termasuk genus Panthera. Singa adalah Panthera leo, sedangkan harimau adalah Panthera tigris.

Namun ternyata, ada beberapa hewan yang bisa dibilang sangat unik karena tidak berkerabat dekat dengan hewan lainnya. Mereka adalah satu-satunya spesies yang tergabung dalam famili atau ordonya. Hewan-hewan tersebut pantas disebut one of a kind alias satu-satunya dalam jenisnya. Inilah enam contoh hewan tersebut.

1. Hiu Paus

Unik, 6 Hewan Ini Tidak Berkerabat Dekat dengan Hewan Lain locogringo.com

Hiu paus (Rhincodon typus) termasuk spesies hiu. Sebenarnya mereka punya banyak kerabat karena hiu terdiri dari begitu banyak jenis. Namun ternyata, mereka tidak berkerabat dekat dengan hiu mana pun. Itu karena mereka adalah satu-satunya spesies dalam famili Rhincodontidae.

Karena itulah mereka memiliki beberapa keunikan dibanding hiu lain, misalnya fakta bahwa mereka adalah spesies ikan terbesar di dunia dengan panjang mencapai 12 meter dan berat 20 ton. Selain itu, cara mereka makan pun unik: menyaring plankton dari air laut, persis seperti paus.

2. Platipus 

Unik, 6 Hewan Ini Tidak Berkerabat Dekat dengan Hewan Lain abc.net.au

Platipus (Ornithorhynchus anatinus) memang adalah salah satu hewan terunik di dunia. Penampilan mereka mirip berang-berang, tapi memiliki paruh dan kaki seperti bebek. Mereka tergolong mamalia, tapi berkembang biak dengan cara bertelur. Rasanya tidak ada hewan lain di dunia ini yang mirip dengan mereka.

Hal itu wajar karena mereka memang adalah satu-satunya spesies hewan yang tergabung dalam famili Ornithorhynchidae. Mereka sebenarnya punya beberapa kerabat dekat, tapi semuanya kini telah punah. Adapun, salah satunya Obdurodon tharalkooschild, leluhur platipus yang disebut Live Science berukuran dua kali lebih besar dari platipus modern.

3. Panda Merah

Unik, 6 Hewan Ini Tidak Berkerabat Dekat dengan Hewan Lain dailymail.co.uk

Hampir semua orang pasti kenal hewan yang lucu ini. Namun, karena namanya panda merah, mungkin kebanyakan orang mengira bahwa mereka berkerabat dekat dengan panda. Bahkan, dulu para ilmuwan pun mengira demikian. Namun, penelitian lebih lanjut mengungkapkan bahwa faktanya tidak demikian.

Panda termasuk ke dalam famili Ursidae alias keluarga beruang. Sementara, panda merah (Ailurus fulgens) tergabung dalam famili Ailuridae. Mereka adalah satu-satunya hewan yang tergabung dalam famili tersebut. Artinya, panda merah adalah hewan unik yang tidak berkerabat dekat dengan hewan mana pun.

Baca Juga: Berjuang secara Mandiri! 5 Spesies Hewan Soliter Tangguh di Alam Liar

4. Aye-aye

Unik, 6 Hewan Ini Tidak Berkerabat Dekat dengan Hewan Lain theconversation.com

Aye-aye (Daubentonia madagascariensis) adalah primata endemik Pulau Madagaskar yang punya penampilan sangat unik. Mereka adalah primata nokturnal terbesar di dunia dan ciri khas mereka adalah matanya yang bulat menyala dan jari-jarinya yang kurus panjang. Sekilas, mereka tampak cukup menyeramkan, ya!

Apakah kamu bisa menyebut hewan lain yang punya penampilan mirip seperti aye-aye? Kalau kamu kesulitan, itu wajar karena hewan ini memang tidak berkerabat dekat dengan hewan mana pun. Mereka adalah satu-satunya anggota famili Daubentoniidae. Namun sayang, hewan unik ini tengah terancam punah karena kerusakan habitat.

5. Tuatara 

Unik, 6 Hewan Ini Tidak Berkerabat Dekat dengan Hewan Lain eol.org

Tuatara adalah sejenis reptil asli Selandia Baru. Sekilas, mereka memang hanya terlihat seperti kadal biasa. Namun sebenarnya, mereka jauh lebih unik dari yang mungkin kamu kira, misalnya fakta bahwa mereka punya tiga mata. Satu mata lagi terdapat di bagian atas kepalanya, namun tidak terlihat karena tertutup sisik.

Selain itu, laman Wired menyebut bahwa tuatara ternyata adalah satu-satunya anggota dari ordo Rhynchocephalia, yaitu jenis reptil purba yang sudah hidup sejak 200 juta tahun lalu alias pada zaman dinosaurus! Hewan lain dari ordo tersebut sudah punah sejak 60 juta tahun lalu sehingga hanya tuatara yang masih bertahan.

6. Spirula spirula

Unik, 6 Hewan Ini Tidak Berkerabat Dekat dengan Hewan Lain alchetron.com

Contoh lain hewan yang merupakan satu-satunya anggota dari ordonya adalah Spirula spirula. Hewan ini adalah sejenis moluska mirip cumi-cumi yang hidup di perairan tropis, termasuk perairan Indonesia. Meski mirip cumi-cumi, mereka tidak berkerabat dekat dengan cumi-cumi mana pun.

Spirula spirula adalah satu-satunya hewan dalam famili Spirulidae dan ordo Spirulida. Dilansir Animal Diversity, bagian paling unik yang membedakan mereka dengan cumi-cumi lain adalah organ untuk mengambang yang terdapat dalam tubuhnya. Selain itu, mereka juga berenang dengan cara yang tak biasa yaitu dengan menundukkan kepala ke bawah.

Itulah enam contoh hewan yang sangat unik karena tidak berkerabat dekat dengan hewan lain mana pun. Kalau menurut kamu, yang mana yang paling unik?

Baca Juga: Cantik, 7 Hewan Ini Memiliki Warna-warni Pelangi pada Tubuhnya 

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya