Comscore Tracker

10 Potret Hewan Laut Unik yang Ada di Indonesia, Termasuk Ikan Purba

Lautan Indonesia dihuni berbagai hewan yang menakjubkan!

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki wilayah laut yang sangat besar. Bahkan, sebagian besar wilayah Indonesia merupakan lautan. Sudah begitu, Indonesia merupakan tempat pertemuan antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

Karena itu, gak heran kalau Indonesia memiliki keanekaragaman satwa laut yang luar biasa. Tahukah kamu hewan laut menakjubkan apa saja yang bisa kita temui di perairan Indonesia? Mulai dari ikan, mamalia, hingga reptil, ini dia potret sepuluh hewan di antaranya.

1. Unik banget ya penampilannya? Ikan ini bernama latin Mola mola atau biasa disebut sebagai ikan matahari 

10 Potret Hewan Laut Unik yang Ada di Indonesia, Termasuk Ikan Purbabaliscuba.com

Ikan matahari adalah ikan bertulang sejati terbesar di dunia. Laman Animal Diversity menyebut bahwa ikan ini bisa tumbuh sepanjang 3,1 meter dan tinggi 4,2 meter serta berat 2,2 ton! Ikan ini bisa ditemukan di hampir seluruh samudra di dunia, dan Indonesia adalah salah satu tempat di mana ikan ini paling sering diamati.

2. Selain ikan matahari, jenis ikan raksasa lain yang bisa kita temui di lautan Indonesia adalah pari manta terumbu 

10 Potret Hewan Laut Unik yang Ada di Indonesia, Termasuk Ikan Purbacourthousenews.com

Pari manta terumbu (Mobula alfredi) adalah salah satu spesies pari terbesar, sekaligus salah satu spesies ikan terbesar di dunia. Mereka bisa tumbuh hingga selebar 4,5 meter dan berat 700 kg, seperti dilansir laman Manta Trust. Sama seperti ikan matahari, pari manta terumbu juga bisa ditemui di seluruh wilayah lautan di Indonesia.

3. Sementara ikan ini memiliki nama yang sangat unik, yaitu ikan katak berambut, dan kamu pasti paham kenapa mereka dinamai seperti itu 

10 Potret Hewan Laut Unik yang Ada di Indonesia, Termasuk Ikan Purbanationalgeographic.com

Yap, ikan katak berambut (Antennarius striatus) adalah salah satu spesies ikan katak, yaitu jenis ikan yang dinamai berdasarkan bentuk mulutnya yang menyerupai katak serta kebiasaannya berjalan di dasar laut, bukan berenang. Ikan ini sendiri sebenarnya tidak berambut, tapi tubuhnya dipenuhi duri-duri tipis yang menyerupai helai rambut.

4. Terlihat seperti rumput laut, ini sebenarnya adalah sejenis scorpionfish alias ikan kalajengking 

10 Potret Hewan Laut Unik yang Ada di Indonesia, Termasuk Ikan Purbasevenseasmedia.org

Nama spesiesnya adalah weedy scorpionfish atau bisa diterjemahkan sebagai ikan kalajengking rumput (Rhinopias frondosa). Sebagai ikan kalajengking, mereka memiliki sengat beracun berupa duri tajam pada tubuhnya. Sama seperti ikan katak, ikan kalajengking juga lebih suka berjalan di dasar laut daripada berenang.

5. Spesies hiu yang hidup di Indonesia juga sangat banyak, salah satunya hiu karpet tutul indonesia 

10 Potret Hewan Laut Unik yang Ada di Indonesia, Termasuk Ikan Purbabirdsheadseascape.com

Hiu karpet tutul indonesia (Hemiscyllium freycineti) adalah salah satu spesies hiu karpet, yang kebiasaannya berkamuflase di dasar laut menunggu mangsa. Hiu ini bisa ditemukan di perairan sekitar Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat. Laman Planet Shark Divers menyebut bahwa ukuran hiu ini cukup kecil, yaitu hanya mencapai sekitar 70 cm.

Baca Juga: 5 Fakta Ikan Trout Pelangi, Satu Keluarga dengan Ikan Salmon

6. Kuda laut ini imut banget lho! Namanya adalah kuda laut kerdil bargibant dan mereka bisa ditemukan di perairan Indonesia  

10 Potret Hewan Laut Unik yang Ada di Indonesia, Termasuk Ikan Purbaoceanrealmimages.com

Nama latin spesies ini adalah Hippocampus bargibanti, dan mereka adalah salah satu dari lima spesies kuda laut yang disebut kuda laut kerdil. Kuda laut kerdil bargibant sendiri memiliki ukuran maksimal hanya 2,4 cm! Selain imut, laman Oceana menyebut bahwa kuda laut ini juga memiliki warna yang mencolok, yaitu pink atau jingga.

7. Di lautan Indonesia kita juga bisa menemukan fosil hidup lho! Nama ikan ini adalah coelacanth indonesia atau biasa disebut ikan raja laut 

10 Potret Hewan Laut Unik yang Ada di Indonesia, Termasuk Ikan Purbabirdsheadseascape.com

Coelacanth indonesia (Latimeria menadoensis) adalah satu dari dua spesies coelacanth yang ada di dunia. Mereka pantas disebut fosil hidup karena merupakan ikan purba yang sudah ada sejak lebih dari 200 juta tahun lalu! Tidak heran jika ikan yang bisa mencapai panjang 1,2 meter ini memiliki penampilan yang sangat primitif.

8. Selain ikan, perairan Indonesia tentu juga dihuni berbagai jenis mamalia laut, salah satunya adalah lumba-lumba tutul pantropical 

10 Potret Hewan Laut Unik yang Ada di Indonesia, Termasuk Ikan Purbadolphins-world.com

Lumba-lumba tutul pantropical (Stenella attenuata) bisa ditemukan di lautan tropis dan subtropis di seluruh dunia. Lumba-lumba ini berukuran relatif kecil, dengan panjang sekitar 2,1 meter dan berat 110 kg. Lumba-lumba ini tidak memiliki tutul saat baru lahir, tapi seiring bertambah usia mereka akan memiliki semakin banyak tutul di tubuhnya.

9. Paus pun tentu ada yang bisa ditemui di lautan Indonesia, salah satunya paus sperma 

10 Potret Hewan Laut Unik yang Ada di Indonesia, Termasuk Ikan Purbathoughtco.com

Paus sperma (Physeter macrocephalus) termasuk golongan paus bergigi, dan mereka adalah spesies terbesar dalam golongan tersebut. Ukuran panjangnya mencapai 18 meter dan bobot 45 ton, seperti dilansir National Geographic. Paus ini juga istimewa karena merupakan hewan dengan gigi dan otak terbesar di dunia.

10. Last but not least, Indonesia juga menjadi rumah bagi banyak spesies penyu yang menakjubkan

10 Potret Hewan Laut Unik yang Ada di Indonesia, Termasuk Ikan Purbaedgeofexistence.org

Ini adalah penyu paruh elang (Eretmochelys imbricata), dan mereka mendapat nama tersebut karena bentuk paruhnya yang seperti paruh elang. Mereka tersebar di seluruh dunia, tapi Indonesia khususnya bisa disebut rumah mereka karena mereka bertelur di pantai-pantai di negara ini. Sayangnya, mereka kini terancam punah karena aktivitas manusia.

Beraneka ragam potret hewan laut unik yang bisa kita temui di lautan Indonesia ternyata sangat menarik. Menurut kamu, yang mana yang paling menakjubkan?

Baca Juga: 7 Hewan Laut dengan Pertahanan Diri Terunik, Hampir Mustahil Dimangsa

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya