Comscore Tracker

4 Alasan Kenapa Analisis Laporan Keuangan Penting Buat Bisnis Kamu

Jangan anggap sepele karena pengaruh ke kinerja bisnis

Jakarta, IDN Times - Bagi kamu yang punya usaha atau bisnis, tidak hanya bisa mengandalkan produk dan penjualan saja. Salah satu aspek bisnis terpenting adalah laporan keuangan.

Laporan keuangan mencakup neraca keuangan, laporan laba rugi, laporan perubahan modal, dan laporan arus kas. Biasanya laporan keuangan dikombinasikan dengan informasi lain untuk mendapatkan data yang lengkap terkait kinerja perusahaan atau bisnis kamu.

Nah berikut ini adalah 4 alasan kenapa harus membuat analisis laporan keuangan buat bisnis kamu.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Membuat Laporan Keuangan Perusahaan, Biar Gak Tekor!

1. Mengevaluasi kinerja bisnis kamu

4 Alasan Kenapa Analisis Laporan Keuangan Penting Buat Bisnis KamuIlustrasi Bisnis. (IDN Times/Aditya Pratama)

Dengan menganalisis laporan keuangan, kamu akan mendapatkan evaluasi dan gambaran posisi keuangan bisnis kamu. Apakah kamu untung atau rugi, apakah kamu ada utang atau piutang, modal yang keluar masuk dan banyak lainnya. Sehingga kamu tahu apakah keuangan bisnis kamu sehat atau tidak

Dengan analisis laporan keuangan, kami juga bisa mengetahui kelebihan dan kelemahan apa saja yang dimiliki perusahaan serta langkah perbaikan apa saja harus dilakukan.

2. Evaluasi kinerja manajemen dan karyawan

4 Alasan Kenapa Analisis Laporan Keuangan Penting Buat Bisnis KamuIlustrasi pekerja (IDN Times/Dwi Agustiar)

Kalau bisnis kamu sudah makin berkembang dan punya banyak pekerja, analisis laporan keuangan ini akan membantu perusahaan kamu mengevaluasi kinerja manajemen atau karyawan. Jadi kamu bisa memutuskan apakah perlu melakukan penyegaran pada beberapa posisi atau divisi tertentu.

Dengan begitu, kamu dapat menentukan apakah akan memberikan penghargaan (reward) agar mereka lebih bersemangat dan kinerja perusahaan lebih baik atau mengganti karyawan dengan kinerja yang tidak baik.

Baca Juga: Bingung Cari Ide Bisnis? 3 Bisnis Ini Bisa Laku Setiap Hari Lho!

3. Bahan pertimbangan kreditur dan investor

4 Alasan Kenapa Analisis Laporan Keuangan Penting Buat Bisnis KamuIlustrasi Investasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Kalau kamu punya analisis keuangan yang bagus, hal itu bisa menjadi bahan pertimbangan bagi kreditur maupun investor untuk berinvestasi ke perusahaan kamu.

Bagi kreditur, nantinya mereka akan melihat apakah layak menyalurkan kredit untuk perusahaan kamu atau tidak. Sementara bagi investor, analisis laporan keuangan membantu mereka untuk meramalkan laba bersih dan arus kas masa depan.

4. Pembanding dengan kompetitor bisnis kamu

4 Alasan Kenapa Analisis Laporan Keuangan Penting Buat Bisnis KamuIlustrasi menu buka bersama (IDN Times/Anata)

Analisis laporan keuangan juga bisa kamu gunakan sebagai perbandingan dengan kompetitor bisnis kamu. Misal kompetitor kamu melakukan promosi atau mengeluarkan produk baru, kamu dapat menentukan langkah selanjutnya dari perusahaan kamu. Apakah dengan kondisi keuangan yang ada, kamu dapat melakukan hal serupa agar tidak kalah bersaing atau menahan anggaran dan memprioritaskan untuk hal lain.

Nah itu dia 4 alasan pentingnya analisis laporan keuangan. Sudahkah kamu merapikan laporan keuangan kamu?

Baca Juga: Bingung Cari Ide Bisnis? 3 Bisnis Ini Bisa Laku Setiap Hari Lho!

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya