Comscore Tracker

7 Varian Kue Bolu Khas Nusantara, Unik dan Rasanya Gak Kalah Nikmat

Sekali-sekali cobalah kue bolu khas Nusantara #LokalIDN

Bolu merupakan salah satu jenis kue yang dikenal berasal dari Barat. Meski berasal dari negara barat, namun Indonesia juga memiliki kue bolu tradisional yang gak kalah nikmat dengan ciri khas unik. Pokoknya varian kue bolu khas Nusantara ini cocok banget deh dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke daerah tersebut.

Berikut, beberapa varian kue bolu khas Nusantara yang rasanya enak.

1. Bolu kemojo

7 Varian Kue Bolu Khas Nusantara, Unik dan Rasanya Gak Kalah NikmatBolu kemojo (instagram.com/bundogafi)

Kue bolu tradisional khas Nusantara yang pertama adalah bolu kemojo. Berasal dari Riau, kue bolu kemojo memiliki ciri khas warna hijau dengan bentuk unik seperti bunga sehingga seketika terlihat sangat menggugah selera bukan.

Menawarkan cita rasa manis gurih, bolu kemojo cocok banget disajikan untuk momen spesial seperti Lebaran atau pernikahan.

2. Bolu klemben

7 Varian Kue Bolu Khas Nusantara, Unik dan Rasanya Gak Kalah NikmatBolu klemben (instagram.com/susie.agung)

Selanjutnya ada bolu klemben yang berasal dari Banyuwangi. Memiliki tekstur agak keras di bagian luar tapi lembut di bagian dalam. Bolu klemben dibuat dengan cara dipanggang cukup lama hingga matang.

Aroma harum manis yang khas dengan ciri bentuk unik menyerupai cangkang kerang. Bolu klemben wajib banget dicoba atau dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke sana.

3. Bolu peca

7 Varian Kue Bolu Khas Nusantara, Unik dan Rasanya Gak Kalah NikmatBolu peca (instagram.com/mamlalakitchen)

Setelah menikmati es pisang ijo, paling enak menikmati bolu peca saat berada di Sulawesi Selatan nih. Memang tekstur bolu peca agak bantet dengan warna kecokelatan karena menjadi ciri khas bolu peca. Bolu peca sendiri dibuat dari campuran gula merah, telur, tepung, gula pasir, dan baking soda.

Teksturnya yang kenyal, cita rasa manisnya pun pas dan nikmat banget. Kamu bisa menikmatinya langsung atau memberinya pelengkap siraman kuah gula merah.

Baca Juga: 10 Tips Bikin Bolu Gulung Empuk dan Gak Pecah, Pemula pun Bisa Bikin

4. Bolu bhoi

7 Varian Kue Bolu Khas Nusantara, Unik dan Rasanya Gak Kalah NikmatBolu bhoi (instagram.com/belanga.id)

Sekilas, camilan tradisional khas Aceh ini memang agak mirip bolu klemben. Namun bolu bhoi punya bentuk yang lebih bervariasi seperti bentuk ikan, bintang, dan lain-lain.

Tekstur bagian luarnya yang kering dengan dipadu tekstur bagian dalamnya yang lembut. Umumnya masyarakat Aceh menyantap bolu bhoi dengan ditemani segelas kopi atau teh hangat. Dijamin, makin seru!

5. Bolu suri

7 Varian Kue Bolu Khas Nusantara, Unik dan Rasanya Gak Kalah NikmatBolu suri (instagram.com/laysisilia)

Ini juga agak mirip bika ambon, namanya bolu suri. Berasal dari Palembang, bolu suri memang punya bentuk dan tekstur mirip bika ambon yang berserat dan berongga.

Namun hanya saja warnanya identik kuning kepucatan dibanding bika ambon. Tapi terlepas dari itu semua, bolu suri memiliki cita rasa yang gak kalah nikmat.

6. Bolu koja

7 Varian Kue Bolu Khas Nusantara, Unik dan Rasanya Gak Kalah NikmatBolu koja (instagram.com/cmil_bymilanahamzah)

Selain bolu suri, di Palembang juga ada sajian kue bolu lain dengan identik berwarna kehijauan. Sebut saja namanya bolu koja.

Sekilas bolu koja agak mirip bolu kemojo, teksturnya yang lembut dan padat seperti brownies. Rasanya cocok untuk dinikmati sebagai peneman santai di rumah saja.

7. Bolu macan

7 Varian Kue Bolu Khas Nusantara, Unik dan Rasanya Gak Kalah NikmatBolu macan (instagram.com/moucup)

Jenis kue bolu yang terakhir, adalah bolu macan khas Bangka Belitung. Dari segi tampilan, bolu macan memang agak mirip dengan bolu marmer meskipun corak lorengnya lebih rapi bolu macan. Rasanya yang manis dan lembut.

Kamu bisa mudah mendapatkan bolu macan saat berada di Bangka Belitung. Worth it banget untuk dijadikan oleh-oleh!

Itulah dia beberapa varian kue bolu khas Nusantara yang sudah kamu ketahui. Gimana, semuanya terlihat menggugah selera bukan?

Baca Juga: Anti Gagal, Ini 5 Tips Membuat Bolu Gulung Pisang Karamel yang Lembut

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

Tidak ada kata terlambat untuk memulai hal positif

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya