Comscore Tracker

20 Makanan Khas Bali yang Super Enak, Gak Cuma Ayam Betutu

Kamu sudah coba yang mana?

Pulau Bali menjadi destinasi paling populer di Indonesia. Pesona lautnya yang indah membuat Bali tak pernah sepi dari pengunjung lokal dan mancanegara. Gak cuma kaya tempat wisata, Pulau Dewata juga menyimpan berbagai kuliner khas yang lezat.

Salah satu yang populer adalah ayam betutu. Namun, jangan salah, masih banyak kuliner yang wajib kamu cicipi ketika liburan ke Bali. Sedikitnya, ada 20 makanan khas Bali yang wajib kamu coba.

1. Sate Lilit

20 Makanan Khas Bali yang Super Enak, Gak Cuma Ayam Betutufourpointsbalikuta.com

Berbeda dengan sate pada umumnya. Biasanya potongan dagingnya ditusuk, tapi makanan khas Bali ini dibuat dengan cara daging yang sudah dihaluskan, dililitkan pada batang daun serai atau tangkai bambu. Daging yang digunakan bukan hanya daging ayam, bisa daging babi atau ikan tenggiri.

2. Babi Guling

20 Makanan Khas Bali yang Super Enak, Gak Cuma Ayam Betuturesephariini.com

Walau makanan ini tidak halal bagi umat muslim, tapi makanan khas Bali inilah yang banyak dicari wisatawan lokal ataupun luar negeri. Dagingnya yang empuk dan rasanya yang berbumbu khas Bali menjadi sasaran kuliner wajib.

3. Nasi Jinggo

20 Makanan Khas Bali yang Super Enak, Gak Cuma Ayam Betutuibalitour.com

Nasi Jinggo ini bisa dibilang sama dengan nasi kucing. Nasinya hanya sebesar kepalan tangan orang dewasa, ditambahkan dengan daging ayam suwir, mi goreng, dan tempe goreng. Yang paling khas adalah sambalnya, super duper pedas. Kamu gak akan kenyang kalau cuma makan sebungkus. Dijamin, kamu bakalan nambah lagi!

4. Nasi Tepeng

20 Makanan Khas Bali yang Super Enak, Gak Cuma Ayam Betutukuliner.panduanwisata.id

Makanan khas dari Bali atau lebih tepatnya Gianyar ini disajikan dengan cukup lembek, seperti bubur. Nasi lembek ini dilengkapi dengan kacang panjang, kacang merah, nangka muda, terong, daun kelor, dan kelapa parut. Ada juga telur dan suwiran daging ayam. Apalagi ditambah dengan siraman bumbu rempah-rempah ala Bali, menambah kelezatan nasi tepeng satu ini.

5. Sate Plecing

20 Makanan Khas Bali yang Super Enak, Gak Cuma Ayam Betutugoodindonesianfood.com

Bumbu plecing terdiri dari cabai rawit, tomat, garam, terasi, dan air jeruk limau. Rasanya  pedas gurih dan sedikit asin. Satenya bukan hanya dari daging ayam saja, tetapi ada yang daging ikan dan babi. Kamu mau pilih yang mana?

Baca juga: 15 Jenis Olahan Bakso dari Berbagai Negara, Rasanya Ngangenin Banget

6. Tum Ayam

20 Makanan Khas Bali yang Super Enak, Gak Cuma Ayam Betutupinterest.com/Lusi Y

Tum ini adalah sejenis pepes, terbuat dari campuran daging ayam, aneka bumbu, dan santan. Semua campuran dari bahan tersebut dibungkus dengan daun pisang, lalu dikukus. Kalau bosan dengan daging ayam, tum juga bis disajikan dengan daging bebek dan lainnya, kok.

7. Komoh

20 Makanan Khas Bali yang Super Enak, Gak Cuma Ayam Betuturesepmasakan.com

Makanan khas Bali yang berisi hati, kulit, dan daging ini biasanya disajikan saat acara keagamaan. Daging yang digunakan bisa daging ayam, bebek, atau babi. 

8. Rujak Bulung dan Rujak Kuah Pindang

20 Makanan Khas Bali yang Super Enak, Gak Cuma Ayam Betutumasakankoki.com

Sensasi pedas akan kamu rasakan setelah mencicipi irisan mangga dengan campuran kuah pindang dan cabai yang super pedas. Gak cuma mangga, kamu juga bisa menggantinya dengan buah lain atau rumput laut. Di Bali, rujak rumput laut yang menggunakan kuah pindang disebut rujak bulung. Selamat mencoba!

9. Sate Kakul

20 Makanan Khas Bali yang Super Enak, Gak Cuma Ayam Betutugoodindonesianfood.com

Sate kakul sama saja dengan sate kerang. Sebelum dibakar, sate kerang ini akan diberi bumbu plecing. Ini yang membuat cita rasanya menjadi khas dan super lezat.

10. Lawar

20 Makanan Khas Bali yang Super Enak, Gak Cuma Ayam Betutubalifoods.com

Campuran sayur dan daging cincang yang diberi bumbu khas Bali ini akan lebih nikmat jika disantap dengan nasi putih yang masih hangat. Ditambah dengan sate lilit bakal makin nikmat. Hmm, maknyus!

Baca Juga: 10 Sayur Pendamping Ayam Betutu yang Bikin Goyang Lidah, Endul Abis!

11. Ayam betutu

20 Makanan Khas Bali yang Super Enak, Gak Cuma Ayam Betutuayam betutu (instagram.com/hestri.susilowati)

Ayam betutu termasuk makanan khas Bali yang sudah terkenal di kalangan wisatawan. Hidangan ini terbuat dari ayam yang dibalut bumbu genep seperti lengkuas, kemiri, dan bumbu lainnya, kemudian dibakar. Rasanya enak dan gurih, cocok dimakan dengan nasi.

12. Bebek bengil

20 Makanan Khas Bali yang Super Enak, Gak Cuma Ayam BetutuPotret bebek bengil khas Bali (Instagram.com/megaskitchennyc)

Sajian bebek bengil wajib kamu nikmati saat bertandang ke Bali. Menu ini disebut juga  'dirty duck', karena visualnya yang kecokelatan dengan taburan bumbu. Ciri khas bebek bengil adalah tekstur daging renyah hingga ke tulang dan rasa gurih yang nikmat.

13. Bebek betutu

20 Makanan Khas Bali yang Super Enak, Gak Cuma Ayam Betutubebek betutu (instagram.com/betutusamaja)

Selain ayam, tersedia pula menu bebek betutu yang lezat penuh rempah. Tekstur daging bebeknya empuk aromanya pun sedap. Biasanya, bebek betutu akan disajikan bersama nasi hangat dan aneka sayur pendamping.

14. Tipat cantok

20 Makanan Khas Bali yang Super Enak, Gak Cuma Ayam Betututipat cantok (instagram/ursandnic)

Buat yang belum tahu, tipat cantok merupakan makanan khas Bali yang mirip dengan lotek. Seporsi tipat cantok, terdiri dari potongan ketupat ulek, rebusan kangkung, kacang panjang, dan taoge yang kemudian disiram bumbu ulek pedas. Rasanya enak dan bikin nagih.

15. Bubur mengguh

20 Makanan Khas Bali yang Super Enak, Gak Cuma Ayam Betutupotret hidangan bubur mengguh (instagram.com/helensym_)

Pencinta bubur ayam, wajib coba bubur mengguh, nih. Makanan khas Bali ini merupakan sajian bubur ayam dengan rasa unik. Jika tertarik mencobanya, silakan datang ke daerah Buleleng atau rumah makan khas Bali lainnya.

Baca Juga: 10 Makanan Khas Bali yang Paling Disukai Bule, Enak Semua!

16. Sate languan

20 Makanan Khas Bali yang Super Enak, Gak Cuma Ayam Betutuilustrasi sate languan (instagram.com/atikmustiko)

Bila tertarik mencoba versi lain dari sate lilit, sajian sate languan sepertinya bakal cocok buatmu. Sate ini terbuat dari daging ikan tongkol atau tenggiri. Kamu dapat dengan mudah menemukann sate languan di Kabupaten Klungkung.

17. Sudang lepet

20 Makanan Khas Bali yang Super Enak, Gak Cuma Ayam Betutusudang lepet (instagram.com/nomnombali)

Meski gak setenar menu khas Bali lainnya, tapi olahan ikan asin sudang lepet wajib dicoba! Sudang lepet kerap disajikan sebagai lauk pelengkap untuk dinikmati bersama nasi hangat dan lauk lainnya. Umumnya, seporsi sudang lepet berisi 6 ekor ikan besar.

18. Tipat blayag

20 Makanan Khas Bali yang Super Enak, Gak Cuma Ayam Betututipat blayag khas Buleleng (instagram.com/shafoodlibrary)

Kawasan Buleleng, Bali, turut menghadirkan menu tipat blayag untuk memanjakan lidah wisatawan. Tipat blayag sendiri merupakan lontong yang dibungkus daun aren berbentuk pipih. Umumnya, tipat blayag akan disajikan dengan ayam suwir, sayuran, dan kuah pedas.

19. Nasi sela

20 Makanan Khas Bali yang Super Enak, Gak Cuma Ayam Betutunasi sela (instagram.com/paon.meli_ah)

Layaknya nasi jagung di Pulau Jawa, nasi sela merupakan makanan khas Bali dengan rasa enak dan gurih. Nasi sela sendiri terbuat dari ubi jalar yang diolah dengan santan, base gede, dan daging. Lalu, disajikan bersama jukit bejek, ayam suwir, ebi, dan sambal matah.

20. Serombotan

20 Makanan Khas Bali yang Super Enak, Gak Cuma Ayam Betutuserombotan (instagram.com/laskarkuliner)

Satu lagi, makanan khas Bali yang terbuat dari sayur dan paduan bumbu nikmat, yakni serombotan. Seperti urap-urap, menu ini berisi kangkung, taoge, bayam, buncis, kacang panjang, pare, dan terong. Menu ini pun biasa dihidangkan bersama nasi sela. 

Kalau berlibur ke Pulau Dewata, coba cicipi 20 makanan khas Bali ini. Perutmu akan kenyang dan 'senang', karena dimanjakan dengan masakan  yang super enak. 

Selain ulasan ini, temukan menu lezat Indonesia lainnya di IDN Times. Gak cuma Bali, ada pula rekomendasi makanan dari berbagai tempat lainnya.

yummy-banner

Topic:

  • Bayu Aditya Suryanto
  • Jumawan Syahrudin
  • Bella Manoban
  • Eddy Rusmanto
  • Putri Intan Nur Fauziah
  • Lea Lyliana
  • Delvia Y Oktaviani

Berita Terkini Lainnya