Comscore Tracker

Mau Kekar? Konsumsi Beberapa Hal Penting Ini di Tengah Program Gym

Karena angkat beban saja tidak cukup

Bagi mereka yang memulai resolusi tahun 2020 agar menjadi lebih kekar atau berisi, pasti gym adalah tujuan yang akan sering mereka tuju. Namun, untuk mendapatkan tubuh yang ideal, angkat beban atau lari di atas treadmill saja tidak cukup! Harus diimbangi dengan asupan makanan.

Prinsip yang tepat untuk workout yang top markotop adalah "kalori yang masuk harus lebih besar dari kalori yang keluar." Untuk itu, inilah makanan dan minuman sebelum dan sesudah kamu "membakar" otot.

Sebelum

Mau Kekar? Konsumsi Beberapa Hal Penting Ini di Tengah Program Gym stemjar.com

Banyak orang yang bilang kalau lebih baik makan setelah berolahraga. Hal itu tidak salah. Namun, untuk kamu yang mau nge-gym, hal itu adalah kesalahan fatal. Kenapa? Asupan yang benar sebelum berolahraga keras akan mempercepat pertumbuhan otot.

Catat ini! Kami merekomendasikan asupan makanan 1 - 3 jam sebelum nge-gym. Jangan makan sebelum nge-gym. Lho, kenapa? Karena jika kamu makan tepat sebelum kamu berolahraga, nantinya kamu malah sakit perut.

Hal itu dikarenakan sebagian besar darah mengalir ke bagian otot dan sedikit ke pencernaan. Nah, apa yang harus kamu konsumsi sebelum ngegym?

1. Havermut dengan susu rendah lemak dan buah

Mau Kekar? Konsumsi Beberapa Hal Penting Ini di Tengah Program Gym nhs.uk

Jika kamu nge-gym di pagi hari, mulai harimu dengan semangkuk havermut yang dicampur dengan susu rendah lemak dan buah. Ingat, makan ini hangat-hangat agar kamu lebih bertenaga.

Havermut kaya akan serat dan dengan kombinasi dengan buah, tubuhmu akan mencerna lebih lambat, sehingga tingkat gula darahmu jauh lebih stabil. Hasilnya? Kamu akan merasa bertenaga lebih lama dan olahraga jauh lebih optimal.

Untuk asupan protein dan kalsium, tambahkan juga susu rendah lemak.

2. Pisang

Mau Kekar? Konsumsi Beberapa Hal Penting Ini di Tengah Program Gym medicalnewstoday.com

Nah, seperti yang dibilang tadi, konsumsi sebelum berolahraga harus dilakukan 1 - 3 jam sebelumnya. Tapi, bagaimana jika kamu tidak sempat? Atau, kamu bangun kesiangan? Ya, tidak apa-apa. Makan pisang adalah solusinya!

Pisang mengandung 23 gram karbohidrat, sehingga mudah dicerna dan menjadi tenaga serta tidak membuatmu sakit perut. Selain itu, pisang mengandung antioksidan dan potasium, kandungan yang mencegah kram otot.

Mau Kekar? Konsumsi Beberapa Hal Penting Ini di Tengah Program Gym tenor.com

Jadi, jika kamu terburu-buru berolahraga, sempatkan untuk makan pisang 5 - 10 menit sebelumnya.

3. Smoothie buah dan yoghurt

Mau Kekar? Konsumsi Beberapa Hal Penting Ini di Tengah Program Gym id.pinterest.com

Takut mengantuk karena makan sebelum workout? Ya sudah, kamu boleh mempertimbangkan meminum segelas smoothie. Namun, perlu diingat, bukan sembarang smoothie, lho! Smoothie yang banyak dijual di pasar swalayan biasanya mengandung lebih banyak gula.

Jadi, sebisa mungkin, usahakan untuk membuat smoothiemu sendiri. Kombinasikan yoghurt yang kaya protein dengan buah yang kaya serat dan antioksidan. Agar semakin menyegarkan, campurkan dengan air dan es.

Riset menunjukkan kalau kekurangan cairan dapat membuatmu cepat lelah dan olahraga menjadi tidak maksimal.

Kalau kamu butuh resep smoothie, bisa lihat di bawah ini:

https://www.youtube.com/embed/z0uTL_ZOOoY

Baca Juga: Coba 7 Cara Efektif Membesarkan Otot Lengan Tanpa Harus Pergi ke Gym

Sesudah

Mau Kekar? Konsumsi Beberapa Hal Penting Ini di Tengah Program Gym 123totalfitness.com

Setelah membahas makanan dan minuman sebelum nge-gym, usahakan untuk berolahraga sesuai dengan kapasitasmu, jangan dilebihkan atau kamu malah mencederai diri sendiri.

Setelah berolahraga, inilah saatnya untuk mengonsumsi asupan yang tepat untuk membantu badanmu menjadi kekar. Perlu diperhatikan, asupan yang baik dikonsumsi satu jam setelah berolahraga.

Saat itu, pastinya ototmu tengah membentuk dirinya; maka, kamu perlu asupan karbohidrat dan protein. Jadi, asupan apa yang kamu perlukan setelah nge-gym?

1. Roti gandum bakar dan telur

Mau Kekar? Konsumsi Beberapa Hal Penting Ini di Tengah Program Gym joybauer.com

Enak dan bergizi, roti gandum mengisi kembali karbohidrat yang telah kamu bakar selama berolahraga. Jangan khawatir, serat pada roti gandum menjaga tingkat gula darahmu tetap stabil!

Lebih enak lagi jika kamu menambahkan telur. Boleh dimasak sesuai seleramu. Seperti yang kita semua tahu, telur adalah sumber protein utama, mengandung sembilan asam amino esensial yang dibutuhkan untuk perkembangan otot. Makanya, binaragawan suka mengonsumsi telur.

2. Susu cokelat

Mau Kekar? Konsumsi Beberapa Hal Penting Ini di Tengah Program Gym bicyclingaustralia.com.au

Minuman favorit sejak masih kecil, ternyata susu cokelat boleh diminum setelah kamu berolahraga! Malahan, susu cokelat lebih baik daripada minuman yang hanya mengandung karbohidrat.

Susu cokelat mengandung rasio karbohidrat dan protein yang sempurna (4 banding 1) bagi mereka yang ingin memulihkan diri dan otot yang kebas setelah berolahraga. Selain itu, karena cair, susu cokelat adalah 90 persen air. Jadi, bisa menggantikan cairan yang ikut terbakar bersama lemak dan otot.

Mau Kekar? Konsumsi Beberapa Hal Penting Ini di Tengah Program Gym tenor.com

3. Yoghurt Yunani dan buah

Mau Kekar? Konsumsi Beberapa Hal Penting Ini di Tengah Program Gym superlifeshakes.com.au

Selain dapat dikonsumsi sebelum workout sebagai campuran smoothie, yoghurt dan buah adalah konsumsi yang tepat setelah berolahraga. Semangkuk yoghurt mengandung 20 gram protein!

Untuk menambah serat, tambahkan buah-buahan juga. Kami sarankan untuk menambah buah-buah yang kaya akan antioksidan, seperti blueberry. Salah satu penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi blueberry setelah berolahraga dapat mencegah kram otot.

Selain mengonsumsi makanan dan minuman sebelum dan sesudah berolahraga, ada satu hal penting yang harus kalian konsumsi saat sebelum, tengah, dan setelah berolahraga. Apa itu?

4. Air

Mau Kekar? Konsumsi Beberapa Hal Penting Ini di Tengah Program Gym azumio.com

Untuk mencegah dehidrasi, pastikan kamu mencukupi kebutuhan cairanmu sebelum, saat, dan sesudah berolahraga. Kamu tidak mau masuk rumah sakit karena ingin sehat, kan?

Jadi, begini jadwal minum air saat berolahraga:

  • Sebelum: Minum 2 - 3 gelas.
  • Saat: Minum 1/2 hingga 1 gelas setiap 15 - 20 menit.
  • Sesudah: Minum 2 - 3 gelas dikalikan dengan berat yang terbakar selama berolahraga (ingat untuk menimbang sebelum dan sesudah berolahraga)
Mau Kekar? Konsumsi Beberapa Hal Penting Ini di Tengah Program Gym tenor.com

Begitulah panduan konsumsi sebelum, saat, dan sesudah olahraga yang dapat kami berikan untukmu. Mengonsumsi makanan dan minuman yang tepat adalah hal kunci dalam mendapatkan tubuh ideal karena mengangkat beban saja tidak cukup.

Baca Juga: Tanpa Peralatan Khusus, 9 Gerakan Gym Ini Bisa Kamu Lakukan di Rumah!

Topic:

  • Alfonsus Adi Putra
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya