Comscore Tracker

6 Tips Berolahraga Rutin dan Konsisten bagi Pemula

Disiplin adalah kunci utama

Paradigma berolahraga sudah bergeser menjadi bagian dari sebuah gaya hidup. Hal ini terbukti dengan berbagai macam pusat kebugaran telah terbangun di setiap sudut kota, mulai dari pusat kebugaran yang cukup ekonomis sampai pusat kebugaran "berbintang lima".

Dengan kesibukan yang kita miliki, kita mesti meluangkan sedikit waktu untuk berolahraga. Namun, permasalahannya yang sering kali muncul adalah kita tak memiliki konsistensi yang cukup untuk rutin berolahraga. Hal ini sering kali terjadi kepada seseorang yang baru mencoba aktivitas yang menguras banyak keringat ini.

Para pemula biasanya hanya sanggup melakukan olahraga rutin sampai satu bulan pertama. Pada bulan berikutnya, jadwal olahraga mereka mulai berantakan karena berbagai alasan pembenaran yang terlihat masuk akal.

Olahraga tak hanya soal pembakaran kalori menjadi keringat yang bercucuran. Aktivitas fisik satu ini memerlukan pengetahuan, konsistensi, dan disiplin diri yang cukup tinggi. Untuk mendapatkan ketiga kata kunci tersebut ketika berolahraga, maka diperlukan enam cara untuk memulai langkah rutin berolahraga.

1. Melakukan persiapan yang matang

6 Tips Berolahraga Rutin dan Konsisten bagi Pemulailustrasi persiapan matang berolahraga (pexels.com/Victor Freitas)

Berolahraga tanpa persiapan yang matang adalah hal terburuk untuk dilakukan. Bukannya sehat, olahraga tanpa persiapan justru membuat kamu sakit.

Sebagai contoh, ketika kamu berolahraga, perutmu kosong karena kurang asupan dan tubuhmu dehidrasi karena kekurangan air mineral, itu sama saja membuatmu "bunuh diri". Ketika tubuh kekurangan air sebelum berolahraga, bisa membuat tubuhmu mengalami kram otot, penghilatan kabur, atau bahkan pingsan saat berolahraga.

2. Tentukan target kecil terlebih dahulu

6 Tips Berolahraga Rutin dan Konsisten bagi Pemulailustrasi target berolahraga (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Saat memulai olahraga rutin, kamu pasti berharap menggapai tujuan tertentu dalam waktu yang cepat. Hal ini bisa berdampak jika kamu memiliki pengetahuan tentang batas kemampuan tubuhmu. Namun, jika kamu belum mengetahui batas kemampuan tubuhmu, menentukan target seperti itu adalah pilihan yang tidak bijak untuk diterapkan.

Seandainya kamu mengalami obesitas dan kamu melakukan lari pagi secara rutin selama seminggu terakhir untuk membakar lemak, kamu sudah menargetkan penurunan berat badan beberapa kilogram selama satu bulan ke depan.

Target menang penting, tetapi terlebih dahulu pastikan tubuhmu untuk beradaptasi dengan kegiatan rutin yang baru ini. Setelah tubuh beradaptasi, barulah kamu dapat membuat target-target kecil ketika berolahraga. Dengan target yang kecil, kamu akan menikmati olahraga rutin dan tak terhindar dari stres akibat terbebani oleh target yang begitu besar.

Baca Juga: Baru Mulai Olahraga di Rumah? Lengkapi dengan 5 Alat Ini

3. Hindari zona nyaman saat berolahraga

6 Tips Berolahraga Rutin dan Konsisten bagi Pemulailustrasi intensitas berolahraga (pexels.com/ Leon Ardho)

Pengulangan pola latihan setiap hari akan membuat tubuhmu nyaman. Untuk olahraga, kenyamanan adalah sesuatu yang harus dihindari. Saat kamu berada dalam fase ini, cobalah untuk meningkatkan intensitas latihan yang sesuai dengan batas kemampuan tubuh.

Sebagai contoh, ketika kamu mulai terbiasa untuk lari selama sepuluh menit, tingkatkan menjadi setengah jam secara bertahap agar tubuhmu kembali beradaptasi untuk menambah kebugaran tubuh.

4. Pakaian tepat meningkatkan kebugaran lebih cepat

6 Tips Berolahraga Rutin dan Konsisten bagi Pemulailustrasi pakaian olahraga (pexels.com/ Ketut Subiyanto)

Ini bukan tentang kamu menjadi pusat perhatian karena memakai pakaian olahraga bermerek. Ini soal memakai pakaian yang sesuai untuk membantu kamu berolahraga secara efektif dan efisien.

Jika kamu belum punya setelan untuk berolahraga, carilah informasi atau mintalah rujukan kepada seseorang yang mengetahui tentang pakaian apa yang baik untuk jenis olahraga tertentu. Sebagai contoh, ketika kamu lari, cobalah untuk mengenakan sepatu lari agar kakimu nyaman.

5. Kreativitas juga diperlukan ketika berolahraga

6 Tips Berolahraga Rutin dan Konsisten bagi Pemulailustrasi kreativitas berolahraga (pexels.com/The Lazy Artist Gallery)

Olahraga yang monoton dan cenderung tak berubah dari waktu ke waktu akan membuatmu cepat merasa bosan. Tingkat kejenuhan yang tinggi cenderung akan membuatmu malas berolahraga.

Oleh karena itu, carilah referensi, tutorial, atau tempat baru untuk memulai olahraga. Kreativitas dan inovasi sangat diperlukan dalam aktivitas fisik satu ini. Jika kamu melakukan inovasi untuk menggunakan pola latihan yang baru, sebaiknya konsultasikan hal tersebut terlebih dahulu kepada trainer.

6. Makanan kaya nutrisi sebagai dasar tubuh yang sehat dan kuat

6 Tips Berolahraga Rutin dan Konsisten bagi Pemulailustrasi contoh makanan sehat (pexels.com/Sharon McCutcheon)

Olahraga akan membakar kalori dengan begitu banyak. Hal ini pastinya akan membutuhkan suplai energi dalam jumlah yang tak sedikit. Dengan asupan makanan yang tepat, dapat membuat tubuh menghasilkan energi. Pola makan sehat adalah kunci utama agar dapat merasakan dampak positif dari berolahraga.

Saat berolahraga, pastikan makanan yang tak terlalu berat, tetapi kayak akan nutrisi selalu berada di dekatmu. Minumlah jus buah atau yoghurt ketika kamu mulai lelah. Selesai berolahraga, kamu juga harus memakan makanan tinggi protein untuk memperbaiki kerusakan jaringan otot atau bahkan meningkatkan massa otot.

Itulah enam tips berolahraga rutin untuk pemula. Dengan berolahraga dengan cara yang sesuai, kamu akan menikmati dampak positif. Untuk melakukan aktivitas fisik secara rutin ini, diperlukan sebuah kedisiplinan yang tinggi.

Baca Juga: Aturan Menyantap Hidangan yang Baik Sebelum Pertandingan Olahraga

Dika Hadi Kariya Photo Verified Writer Dika Hadi Kariya

I feel therefore I am

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya