Comscore Tracker

5 Cara Menghilangkan Tulang Ikan di Tenggorokan dengan Mudah

Bisa keluarkan tulang ikan dengan cepat

Tulang ikan yang tidak sengaja tertelan adalah hal yang sangat umum terjadi saat sedang makan. Tulang ikan memiliki tepi tajam dan bentuk aneh yang membuatnya lebih mungkin tersangkut di tenggorokan daripada makanan lain.

Tulang ikan yang tersangkut di tenggorokan bisa menyebabkan satu atau beberapa gejala berikut:

  • rasa tertusuk-tusuk di tenggorokan
  • nyeri di tenggorokan atau leher
  • batuk
  • kesulitan menelan atau nyeri menelan.

Meskipun sangat menyakitkan, tetapi menelan tulang ikan secara tidak sengaja umumnya bukan merupakan keadaan darurat karena umumnya tulang ikan dapat keluar dengan sendirinya. Selain itu, ada beberapa cara menghilangkan tulang ikan di tenggorokan. Ini dia caranya yang dirangkum dari laman Tua Saude dan Healthline.

1. Kunyah marshmallow

5 Cara Menghilangkan Tulang Ikan di Tenggorokan dengan Mudahilustrasi marshmallow (unsplash.com/FLY:D)

Marshmallow mungkin cukup ampuh untuk mengeluarkan tulang ikan dari tenggorokan. Ini lantaran marshmallow cukup lunak untuk menekan tulang ikan yang tersangkut. Selain itu, teksturnya yang lengket membuat tulang ikan mampu menempel pada marshmallow dan lebih mudah untuk dikeluarkan dari tenggorokan.

Caranya, kunyah marshmallow sampai basah lalu telan dalam satu tegukan besar. Penting untuk menjaga agar potongannya tetap besar. Tekstur marshmallow yang lengket akan membantu meraih tulang dan membawanya ke perut.

2. Makan pisang

5 Cara Menghilangkan Tulang Ikan di Tenggorokan dengan Mudahilustrasi pisang (pexels.com/Vanessa Loring)

Makan pisang juga dapat membantu menghilangkan tulang ikan yang tersangkut di tenggorokan, ini karena pisang cukup lunak dan tidak akan melukai kerongkongan saat melewatinya. Saat tertelan, pisang yang dikunyah dapat mengambil tulang ikan yang tersangkut dan mendorongnya ke dalam perut, di mana pada akhirnya akan dilarutkan oleh asam lambung.

Caranya, gigit pisang dalam ukuran besar dan tahan di mulut selama kurang lebih satu menit. Ini berguna agar pisang dapat menyerap cukup air liur. Kemudian, telan pisang dalam satu tegukan.

Baca Juga: 5 Bahan Alami untuk Mengatasi Sakit Maag

3. Menelan minyak zaitun

5 Cara Menghilangkan Tulang Ikan di Tenggorokan dengan Mudahilustrasi minyak zaitun (pixabay.com/stevepb)

Minyak zaitun tidak mudah diserap, yang memungkinkannya menjaga lapisan tenggorokan terhidrasi lebih lama. Ini dapat merangsang gerakan alami kerongkongan untuk mendorong tulang ikan keluar. Oleh sebab itu, lebih baik minum sedikit minyak zaitun daripada air, karena minyak zaitun mampu melumasi tenggorokan dengan lebih baik. 

Untuk mengeluarkan tulang ikan, cobalah menelan 1 atau 2 sendok makan minyak zaitun secara langsung. Jika kamu tidak bisa minum minyak zaitun murni, kamu bisa mencampurnya dengan secangkir air. Nantinya, larutan ini akan melapisi tenggorokan dan tulang yang menyangkut sehingga akan lebih mudah bagimu untuk menelannya.

4. Makan roti yang dicelupkan ke air

5 Cara Menghilangkan Tulang Ikan di Tenggorokan dengan Mudahilustrasi roti (unsplash.com/César Guel)

Roti yang dicelupkan ke dalam air adalah trik klasik untuk mengeluarkan makanan yang tersangkut di tenggorokan, termasuk tulang ikan. Caranya, basahilah roti, lalu gigit dalam potongan besar, dan telan secara utuh. 

Cara kerja roti untuk mengeluarkan tulang ikan sama seperti pisang. Setelah tertelan, tulang ikan akan menempel pada roti, yang kemudian didorong oleh perut untuk keluar dari tenggorokan dan masuk ke dalam perut.

5. Berkumurlah dengan air garam hangat

5 Cara Menghilangkan Tulang Ikan di Tenggorokan dengan Mudahilustrasi garam (pexels.com/Artem Beliaikin)

Berkumur dengan air garam sangat berguna untuk mengeluarkan tulang ikan yang tersangkut di tenggorokan bagian atas. Gerakan berkumur dapat membantu mengontraksikan dan mengendurkan otot-otot kerongkongan sehingga tulang ikan dapat copot dengan sendirinya. Sementara, air garam dapat membantu mengatasi iritasi atau peradangan pada tenggorokan yang disebabkan oleh tusukan tulang ikan.

Caranya, larutkan 1 sendok teh garam ke dalam 1 gelas air hangat dan aduk hingga larut sepenuhnya. Lalu, gunakan untuk berkumur selama 30 detik dan buang airnya, ulangi sampai kamu merasa lega.

Itulah lima cara menghilangkan tulang ikan atau duri ikan di tenggorokan dengan mudah. Sebagian besar kasus tulang ikan yang tersangkut dapat diobati di rumah, tetapi penting untuk pergi ke klinik dokter atau rumah sakit jika kamu tidak dapat menghilangkan tulang ikan menggunakan salah satu teknik di atas, atau jika kamu mengalami:

  • Rasa sakit yang sangat hebat
  • Pendarahan
  • Sulit bernapas.

Nantinya, dokter akan menghilangkan tulang ikan menggunakan pinset khusus. Namun, jika kasusnya sangat sulit, dokter mungkin akan melakukan operasi kecil untuk mengangkat tulang ikan.

Baca Juga: Ini 5 Akibat Kurang Minum yang Akan Kamu Alami

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

a human

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya