Comscore Tracker

5 Tanda Sabun Muka yang Kamu Pakai Gak Cocok, Segera Ganti!

Hati-hati dalam memilih sabun muka

Setiap hari, keringat, kotoran, kulit mati, dan kuman bercampur di permukaan kulit. Ini adalah kombinasi yang sempurna untuk mengembangkan jerawat dan masalah kulit lainnya. Karenanya, penting untuk mencuci wajah secara teratur untuk membuatnya tetap sehat.

Menemukan sabun muka yang tepat tidak selalu mudah. Ini sering kali membutuhkan trial and error, dan adanya masalah kulit tertentu bisa jadi tanda untuk beralih ke produk lain. Berikut ini tanda-tanda sabun muka yang kamu pakai gak cocok dan perlu segera menggantinya!

1. Kulit berminyak tak lama setelah mencuci wajah

5 Tanda Sabun Muka yang Kamu Pakai Gak Cocok, Segera Ganti!ilustrasi kulit berminyak (pexels.com/SHVETS production)

Meskipun kamu memiliki tipe kulit berminyak, tetapi tidak seharusnya kulitmu langsung berminyak tak lama setelah mencuci wajah. Namun, jika kulitmu segera berkilau setelah dicuci, kemungkinan besar sabun muka yang kamu gunakan tidak dibuat untuk kulit berminyak.

Untuk mengontrol kilau ini, sabun wajah harus memiliki sifat menyerap minyak. Menurut studi dalam jurnal Complementary Medicine Research tahun 2012, bahan-bahan seperti tanah liat, pepaya, madu, dan teh hijau sangat ideal untuk masalah kulit berminyak. Bahan-bahan ini akan menyerap sebum tanpa menyebabkan kekeringan.

2. Kulit kemerahan

5 Tanda Sabun Muka yang Kamu Pakai Gak Cocok, Segera Ganti!ilustrasi kulit kemerahan (pexels.com/Anna Shvets)

Kulit kemerahan mungkin merupakan tanda rosasea. Gejala lain yang menyertai bisa berupa spider vein, pembengkakan, rasa terbakar, kekeringan, dan kasar. Kulitmu juga mungkin memiliki kecenderungan untuk lebih mudah menjadi merah.

Jika kamu mengalami rosasea, hindari iritan rosasea yang paling umum, seperti alkohol, witch hazel, wewangian, mentol, peppermint, dan minyak kayu putih. Sebagai gantinya, National Rosacea Society merekomendasikan untuk menggunakan pembersih non busa dengan kandungan sabun kurang dari 10 persen dan pH netral.

Baca Juga: Dari Kulit hingga Noda, Ini Fakta dan Manfaat Sabun Pepaya

3. Kulit terasa kencang setelah mencuci wajah

5 Tanda Sabun Muka yang Kamu Pakai Gak Cocok, Segera Ganti!ilustrasi kulit kering dan sensitif (pexels.com/Jenna Hamra)

Kulit wajah yang terasa kencang merupakan tanda bahwa kulit terlalu kering. Ini juga pertanda bahwa sabun muka yang kamu gunakan menghilangkan minyak alami. Jadi, pilihlah sabun muka dengan formula yang kental dan lembut.

Untuk menghidrasi kulit, aplikasikan pelembap segera setelah mencuci wajah. Menurut American Academy of Dermatology, untuk kulit kering, gunakan krim dengan humektan kuat, seperti shea butter, minyak biji anggur, dan minyak kelapa.

Untuk kulit yang sangat kering, kamu bisa melewatkan menggunakan sabun muka pada pagi hari. Kemudian, cuci wajah di malam hari untuk membersihkan minyak yang menumpuk sepanjang hari.

4. Jerawat terus tumbuh

5 Tanda Sabun Muka yang Kamu Pakai Gak Cocok, Segera Ganti!ilustrasi jerawat (pixabay.com/SharonMcCutcheon)

Jika jerawat timbul secara teratur, ini bisa jadi tanda bahwa kamu perlu menggunakan sabun muka dengan bahan khusus. Dijelaskan dalam laman Women's Health, sabun muka yang mengandung benzoil peroksida antara 2,5 hingga 10 persen pada umumnya cocok untuk mengatasi kulit berjerawat.

Jika jerawat selalu berada di rahang, ini adalah tanda jerawat hormonal. Khusus untuk jenis jerawat ini, ada baiknya menggunakan sabun muka dengan formula yang mengandung ekstrak pepaya.

Pepaya bersifat antiinflamasi, yang membantu menenangkan pembengkakan jerawat. Ini juga mengandung papain dan chymopapain, yang merupakan dua enzim antibakteri alami yang mengelupas pori-pori yang tersumbat, bersama dengan antioksidan likopen, yang sangat membantu untuk mengatasi jerawat di rahang.

5. Iritasi

5 Tanda Sabun Muka yang Kamu Pakai Gak Cocok, Segera Ganti!ilustrasi kulit iritasi (pixabay.com/jmexclusives)

Jika kulitmu mengalami iritasi, ini mungkin karena kamu alergi terhadap sesuatu yang ada pada sabun muka. Sebab, menurut U.S. National Library of Medicine, bahan kimia dapat menyebabkan ruam dan dermatitis. Jadi, selalu periksa labelnya dan hindari sabun muka yang mengandung bahan iritan.

Sabun muka bebas sulfat adalah pilihan tepat untuk kamu yang mudah mengalami iritasi, terutama jika kamu memiliki kulit sensitif. Kemudian, pilihlah sabun dengan kandungan lidah buaya. Lidah buaya memiliki glikoprotein antiinflamasi, menjadikannya pilihan tepat untuk kulit iritasi. Bahkan, bahan ini dapat membantu perbaikan kulit berkat polisakaridanya.

Jika kamu mengalami masalah di atas, ada baiknya untuk mempertimbangkan mengganti sabun muka. Usia, jenis kulit, dan kondisi kulit merupakan pertimbangan penting dalam memilih sabun muka terbaik untukmu.

Baca Juga: 10 Cara Alami Redakan Eksim yang Kambuh agar Kulit Lebih Tenang

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya