Comscore Tracker

Jaga Kesehatan Fisik dan Mental saat COVID-19, Ini Saran dari Ahli!

Agar kamu selalu fit dan merasa bahagia di tengah pandemik

Pandemik COVID-19 yang telah berlangsung lebih dari tujuh bulan mengubah banyak aspek kehidupan. Kita tak bisa beraktivitas di luar rumah seperti sedia kala, tak bisa bertemu dengan orang-orang terdekat, kita juga tak bisa merasa aman sepenuhnya, bahkan di rumah sendiri. 

Semua perubahan yang terjadi karena pandemik ini tentunya berpengaruh buruk terhadap semua orang. Namun, kita tidak boleh membiarkannya berlarut-larut. Sebab kondisi fisik dan mental yang terus menurun akan membuat kita lebih rentan terserang virus penyakit. 

Untuk mengatasinya, ada sejumlah cara yang dikemukakan oleh para ahli dari SANGHA Retreat, platform online yang berkutat di bidang kesehatan melalui webinar pada Rabu (12/8). Berikut ini penjelasannya!

1. Praktikkan latihan pernapasan untuk mengatasi stres

Jaga Kesehatan Fisik dan Mental saat COVID-19, Ini Saran dari Ahli!Dok. Istimewa

Pandemik ini sering kali membuat kita merasa stres, kesepian, dan bahkan sedih. Untuk mengatasi semua perasaan tersebut, Richard Ayling, Transformational Coach dari SANGHA menyarankan agar kita mempraktikkan latihan pernapasan. Seperti ini caranya seperti yang dicontohkan oleh Ayling:

  1. Pertama-tama, relaksasikan tubuh, duduk di kursi dalam posisi nyaman;
  2. Tarik napas dalam empat hitungan;
  3. Tahan napas dalam empat hitungan;
  4. Kemudian embuskan dalam empat hitungan;
  5. Tahan lagi dalam empat hitungan;
  6. Lakukan berulang kali hingga kamu merasa napasmu menjadi lebih baik.

"Dalam keadaan stres, coba amati pola napasmu. Pasti tersengal-sengal. Saat itu juga, lakukan praktik ini. Walaupun praktik ini begitu sederhana, latihan pernapasan bisa membawa lebih banyak kehadiran dan vitalitas untuk pikiran kita," kata Ayling.

Kapan waktu yang tepat untuk mempraktikkannya? Ayling mengatakan kapan saja bisa. Namun, utamanya lakukan latihan pernapasan ini pada pagi hari untuk meningkatkan produktivitas, dan pada sore hari ketika kamu merasa butuh istirahat.

2. Ubah mindset ketika pikiran negatif datang

Jaga Kesehatan Fisik dan Mental saat COVID-19, Ini Saran dari Ahli!unsplash.com/joshrh13

Berikutnya ada tips psikologis dari Grace Zhu, Life Coach dari SANGHA. Dia mengatakan bahwa mindset adalah hal terpenting untuk mencapai hidup sehat secara mental dan jasmani.

Menurutnya, saat sedang marah, kita sering menganggap bahwa diri sendiri adalah korban, sehingga kita cenderung akan menyalahkan orang lain dan keadaan. Padahal, mindset seperti ini akan membuat kita capek sendiri, masalah pun tidak akan terselesaikan.

"Ketika kita marah kita merasa orang lain yang menyebabkannya, tapi sebenarnya interpretasi kita sendirilah yang membuatnya seperti itu. Maka dari itu, kita harus memperbaiki perspektif dalam menghadapi kehidupan sehari-hari. Yang paling penting adalah keluar dari anggapan bahwa kita ini korban," terang Grace. 

Baca Juga: 7 Tips Memakai Face Shield yang Benar agar Terhindar dari COVID-19

3. Perhatikan pola makanmu

Jaga Kesehatan Fisik dan Mental saat COVID-19, Ini Saran dari Ahli!unsplash.com/pablomerchanm

Berikutnya, penting pula untuk memperhatikan pola makan sehari-hari. Bukan untuk diet, tetapi lebih untuk menjaga kesehatan tubuh. Gaby Luo, Nutritionist dari SANGHA mengatakan bahwa kita sebaiknya makan dengan memperhatikan nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Setidaknya harus ada lima jenis nutrisi yang masuk ke dalam tubuh lewat makanan sehari-hari. Mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Penting pula untuk memperbanyak konsumsi sayur-sayuran untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

4. Minum jus sebagai cara memperbanyak konsumsi buah dan sayur

Jaga Kesehatan Fisik dan Mental saat COVID-19, Ini Saran dari Ahli!skincaregeeks.com

Nah, jika kamu adalah orang yang suka memilih-milih makanan, terutama buah dan sayuran, General Chef SANGHA, Paul Then, punya tips jitu buat kita. Dia menyarankan metode juicing atau mengolah sayur dan buah menjadi jus. 

"Campur sayur dan buah yang kamu suka dengan yang tidak kamu suka. Ini adalah trik untuk mengonsumsi asupan yang tidak kamu suka dengan mudah. Jangan lupa, minumlah dengan segera. Sebab, jus yang teroksidasi akan berkurang nutrisinya," kata Paul menerangkan.

Salah satu resep andalan Paul adalah "Immune Booster Juice" . Dinamakan demikian karena bahan-bahan yang terkandung di dalamnya mengandung vitamin A, C, D, antioksidan, dan berbagai zat lain yang bisa memperkuat sistem imun. Berikut ini bahan-bahan yang diperlukan:

  • Bit;
  • Delima;
  • Tomat sayur;
  • Wortel;
  • Bubuk kunyit;
  • Garam laut.

Cukup blender semua bahan sampai halus lalu minum sesegera mungkin. 

Itulah sejumlah upaya menjaga kesehatan mental dan fisik di tengah pandemik. Kalau kondisi mental dan fisik terjaga, niscaya daya tahan tubuh dan kesejahteraan diri (well-being) akan tetap optimal. 

Jangan lupa juga untuk tetap menjaga jarak aman, tetap di rumah bila tidak ada urusan penting atau mendesak, disiplin pakai masker saat ke luar rumah, serta cuci tangan dengan sabun dan air mengalir sesering mungkin.

Baca Juga: Mengenal Happy Hypoxia, Gejala Tak Biasa COVID-19 yang Ancam Nyawa

Topic:

  • Izza Namira
  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya