Comscore Tracker

5 Cara Efektif Meningkatkan Antibodi untuk Cegah Terinfeksi COVID-19

Cegah penularan Corona dengan menjaga imunitas tubuh kita

Maraknya kasus COVID-19 di Indonesia, memunculkan kekhawatiran sebagian besar masyarakat. Penyebarannya yang cepat membuat masyarakat khawatir ikut terinfeksi virus ini. Kalian nggak usah panik gaes! Virus ini bisa kita cegah penularannya dengan beberapa cara, termasuk menjaga daya tahan tubuh kita. 

Daya tahan tubuh atau antibodi ini sangat penting agar bisa bekerja maksimal dalam menangkal virus, termasuk COVID-19. Berikut adalah beberapa cara efektif yang bisa dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh kalian.

1. Hindari Stres

5 Cara Efektif Meningkatkan Antibodi untuk Cegah Terinfeksi COVID-19glamour.com

Stres yang tak terkendali bisa menyebabkan penurunan fungsi kekebalan tubuh, ini membahayakan dalam situasi sekarang. Ketika stres melanda, maka tubuh akan melakukan peningkatan terhadap hormon kortisol. Hormon ini lah yang menyebabkan penurun fungsi kekebalan tubuh. Kalian harus mengelola stres secara baik agar terhindar dari penurunan fungsi kekebalan tubuh.

2. Makan teratur

5 Cara Efektif Meningkatkan Antibodi untuk Cegah Terinfeksi COVID-19thestar.com.my

Mau sesibuk apapun kegiatan kamu, jangan lupa makan. Makanan-makanan sehat bisa menjaga daya tahan tubuh kalian. Kandungan vitamin dan mineral di dalam makanan, sangat bisa menjaga kekebalan tubuh kita dari penyakit. Kalian bisa memilih makanan yang mengandung antioksidan, vitamin A, C, serta E untuk menjaga kekebalan tubuh. 

Baca Juga: Bebas dari Virus, 7 Jenis Makanan Ini Mampu Tingkatkan Sistem Imun

3. Minum air putih

5 Cara Efektif Meningkatkan Antibodi untuk Cegah Terinfeksi COVID-19www.snopes.com

Mengonsumsi air putih secara berkala setiap harinya, juga bisa membantu kita dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Dengan air putih, imun kita menjadi kuat dan juga bisa memberikan manfaat bagi organ tubuh yang lain, seperti ginjal dan hati. Kalian jangan males minum air putih ya gaes.

4. Istirahat yang cukup

5 Cara Efektif Meningkatkan Antibodi untuk Cegah Terinfeksi COVID-19medicalnewstoday.com

Durasi tidur yang cukup harus diperhatikan, meskipun aktivitas kamu begitu padat. Kurangnya durasi tidur, sangat memungkinkan bakteri dan virus lebih mudah masuk ke dalam tubuh karena lemahnya sistem pertahanan tubuh kita. Pastikan durasi tidur kamu sesuai dengan kebutuhan. Umumnya, orang dewasa membutuhkan 7-8 jam dan remaja 9-10 jam untuk tidur. 

5. Konsumsi vitamin C

5 Cara Efektif Meningkatkan Antibodi untuk Cegah Terinfeksi COVID-19medicalnewstoday.com

Kamu bisa mengonsumsi paprika merah, paprika kuning, jeruk, jambu biji dan juga pepaya untuk memenuhi kebutuhan vitamin C. Vitamin yang dikenal dengan nama lain asam askorbat ini sangat bagus untuk kekebalan tubuh karena mampu merangsang sistem imun untuk melawan virus yang masuk ke dalam tubuh.

Itulah beberapa cara meningkatkan kekebalan tubuh. Hal tersebut dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan. Semoga bermanfaat untuk mencegah kalian terinfeksi virus.

Baca Juga: Kita Bisa Membawa Virus Walau Punya Imun Kuat, Cegah dengan 5 Hal Ini

Begras Satria Photo Verified Writer Begras Satria

Pencari makna dalam belantara kata

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya