Comscore Tracker

10 Kebiasaan yang Bisa Cegah COVID-19 di Kantor Selama New Normal

Demi keselamatanmu dan orang di sekitarmu

Sejak dicabutnya aturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di ibu kota dan berbagai kota besar lainnya, banyak perusahaan yang mulai memberlakukan work from office (WFO). Mengikuti imbauan new normal, pekerja yang sebelumnya bekerja di rumah mulai kembali ke kantor dan menjalankan aktivitas seperti sedia kala. 

Rasa khawatir dan takut pasti menghampiri. Jelas saja, kurva penyebaran COVID-19 di Indonesia masih belum menurun dari puncaknya. Ini berarti, wabah penyakit tersebut masih terus aktif menjangkit ke semua orang, tanpa pandang bulu. 

Agar risiko penularan COVID-19 bisa diminimalkan, berikut ini sejumlah kebiasaan yang harus kamu lakukan di kantor selama masa new normal ini. Simak penjelasannya!

1. Persiapkan semua barang kamu butuhkan sebelum pergi ke kantor

10 Kebiasaan yang Bisa Cegah COVID-19 di Kantor Selama New Normalinsurancejournal.com

Barang-barang yang harus dibawa selama masa new normal tentu lebih banyak daripada sebelumnya. Berikut ini hal-hal yang wajib ada di dalam tas kamu:

  • Masker cadangan;
  • Face shield jika kamu memerlukannya;
  • Sabun cuci tangan;
  • Hand sanitizer;
  • Tisu basah dan tisu kering;
  • Alat ibadah pribadi;
  • Alat makan pribadi (piring, sendok, garpu, dan gelas);
  • Botol air minum;
  • Baju ganti, terutama untuk kamu yang berangkat dengan kendaraan umum;
  • Beberapa plastik untuk wadah masker bekas, baju, dan uang tunai kembalian.

2. Sebaiknya ganti bajumu dengan yang bersih sesampainya di kantor

10 Kebiasaan yang Bisa Cegah COVID-19 di Kantor Selama New Normalmedium.com

Pada poin sebelumnya disebutkan bahwa kita sebaiknya membawa baju ganti ke kantor. Fungsinya adalah untuk mengurangi penyebaran kuman dan virus penyakit yang mungkin menempel pada baju selama kita di perjalanan. Ini berlaku terutama untuk kamu yang biasa menggunakan transportasi umum.

Baju yang telah dipakai harus segera dimasukkan ke dalam plastik dengan segel. Dengan begitu, kuman dan virus tidak akan menyebar di dalam tas kita. Atau jika kamu merasa ribet, sebaiknya gunakan jaket yang tertutup ketika berangkat kerja. Sesampainya di kantor, kamu bisa menyemprotnya dengan cairan disinfektan, kemudian menjemurnya.

3. Selalu bersihkan area kerja ketika datang dan sebelum pulang

10 Kebiasaan yang Bisa Cegah COVID-19 di Kantor Selama New Normalbusinesspartnermagazine.com

Ritual datang di kantor tak cukup sampai di situ saja. Pastikan kamu membersihkan meja, kursi, laptop, dan semua barang-barang di sekitar area kerjamu, baik di pagi hari maupun sore hari ketika waktu pulang. 

Untuk melakukannya, kamu bisa menggunakan tisu basah atau cairan disinfektan. Dengan begitu, semua mikroorganisme yang menempel di permukaan dapat dibasmi. 

4. Selalu cuci tanganmu

10 Kebiasaan yang Bisa Cegah COVID-19 di Kantor Selama New Normale3.365dm.com

Yang tak kalah penting, cuci tanganmu setiap waktu. Baik setelah dari toilet, setelah memegang benda yang berpotensi menyebarkan virus, sebelum makan, dan lain sebagainya.

Selain itu, karena kantor termasuk tempat publik, sebaiknya kamu selalu membawa hand sanitizer ke mana-mana. Jangan lupa juga untuk memakai pelembap agar tanganmu tidak terasa kering setelah cuci tangan.

5. Kurangi kontak dekat dengan rekan kerja

10 Kebiasaan yang Bisa Cegah COVID-19 di Kantor Selama New Normaltechnologyreview.com

Jika sebelumnya kamu bisa mengobrol, bersantai, dan melakukan berbagai aktivitas secara bebas dengan rekan kerja, untuk sekarang sebaiknya hindari dulu. Physical distancing harus tetap dilaksanakan walaupun kamu harus hadir di kantor. Maka dari itu, kurangi segala kontak yang tidak perlu dengan orang lain. 

Baca Juga: Sambut New Normal, Benarkah Face Shield Lebih Baik daripada Masker?

6. Hindari pinjam-meminjam barang

10 Kebiasaan yang Bisa Cegah COVID-19 di Kantor Selama New Normalpinimg.com

Hindari berbagi barang yang sama dengan rekan kerjamu. Entah itu pulpen, alat tulis apapun, smartphone, laptop, hingga alat ibadah. Berbagi barang sama dengan bertukar kuman dan virus penyakit.

Jika ada rekan kerja yang ingin meminjam sesuatu darimu, tolaklah secara halus. Hal ini dilakukan bukan hanya untuk keselamatan diri sendiri, tapi juga untuk orang lain. 

7. Beri jarak di antara setiap orang

10 Kebiasaan yang Bisa Cegah COVID-19 di Kantor Selama New Normalcloudfront.net

Seperti yang telah disebutkan, physical distancing atau jaga jarak fisik harus tetap dilaksanakan di lingkungan kantor. Oleh karena itu, penting untuk memberikan jarak antara tempat duduk setiap orang. Setidaknya kosongi satu kursi di antara dua orang. 

Hal ini secara otomatis mengurangi kapasitas ruangan. Maka dari itu, perusahaan harus menyiapkan ruangan tambahan untuk para pekerjanya. Jika tidak memungkinkan, maka perlu diberlakukan shift. 

8. Perhatikan makanan dan cara makanmu

10 Kebiasaan yang Bisa Cegah COVID-19 di Kantor Selama New Normalthesun.co.uk

Untuk makan siang, opsi paling aman adalah dengan membawa bekal sendiri. Kamu tak perlu keluar dari kantor, tak perlu beli lewat pesan-antar, dan tak perlu melakukan kontak dengan orang lain. 

Selain itu, kamu juga harus memerhatikan cara makanmu. Jika biasanya kamu makan bersama dengan teman-teman kantor, sebaiknya hindari dulu untuk saat ini. Relakan dirimu untuk makan sendirian di meja kerjamu, sehingga penyebaran virus bisa diminimalkan. 

9. Sebisa mungkin lakukan meeting secara online, tanpa tatap muka

10 Kebiasaan yang Bisa Cegah COVID-19 di Kantor Selama New Normalidgesg.net

Kamu pasti sudah biasa menghadiri meeting melalui aplikasi video call, kan? Jika memungkinkan, sebaiknya hal ini terus dilanjutkan walaupun masa work from home (WFH) telah usai. Pekerja tak perlu berada di ruangan yang sama untuk meminimalkan kontak dekat. 

10. Jangan ragu untuk izin sakit ketika kamu tidak enak badan

10 Kebiasaan yang Bisa Cegah COVID-19 di Kantor Selama New Normalazbigmedia.com

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengimbau perusahaan untuk mengizinkan pekerja yang sakit untuk mengambil jatah libur. Terlebih lagi, jika mereka merasakan gejala penyakit pernapasan seperti batuk, bersin, atau demam. 

Hal ini sangat penting karena penyakit bisa menyebar dengan sangat cepat di ruang kantor. Apalagi jika ruangan tersebut tertutup dan ber-AC. Jika ada satu orang sakit, satu hingga dua hari setelahnya pasti ada orang lain yang tertular. 

Dalam meminimalkan penyebaran virus penyakit di lingkungan kerja, perusahaan dan para pekerja harus bekerja sama. Perusahaan menyediakan lingkungan yang kondusif beserta berbagai upaya pencegahan lainnya. Sementara pekerja harus menjaga diri dan rekannya untuk meminimalkan risiko penularan. 

Terakhir, jangan lupa jaga kesehatanmu, ya. Semoga kamu dan orang di sekitarmu terhindar dari wabah penyakit ini!

Baca Juga: New Normal, Ini 10 Barang Penting yang Wajib Dibawa saat Keluar Rumah!

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya