Comscore Tracker

5 Fakta Karsinogen, Zat Pemicu Kanker yang Berkeliaran di Sekitar Kita

Tanpa disadari kita terpapar karsinogen setiap hari, lo!

Kanker termasuk ke dalam daftar penyakit paling berbahaya di dunia. Meskipun tidak menular layaknya virus, tetapi kasus kematian akibat kanker tercatat mencapai jutaan setiap tahunnya.

Beberapa sumber medis dan penelitian mengungkap jika sel kanker dapat dipicu oleh suatu zat yang bernama karsinogen. Tanpa disadari, zat tersebut ternyata ada di sekitar kita setiap harinya. Berikut ini beberapa fakta seputar senyawa karsinogen yang harus kamu tahu!

1. Tidak semua orang yang terpapar karsinogen akan terkena kanker

5 Fakta Karsinogen, Zat Pemicu Kanker yang Berkeliaran di Sekitar Kitailustrasi solidaritas kanker payudara (pexels.com/Anna Tarazevich)

Dilansir WebMD, tak semua orang yang terpapar karsinogen, baik lewat makanan atau lainnya, bisa langsung terserang kanker. Mengapa demikian? Karena pertumbuhan sel kanker akan berbeda-beda pada setiap orang. 

Hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain pola hidup, riwayat kesehatan, genetik atau keturunan, jumlah paparan, dan lamanya paparan. Sebuah laporan berjudul "The Genetics of Cancer Risk" dalam Cancer Journal tahun 2014 menyebut, jika seseorang yang memiliki riwayat keturunan kanker, maka akan memiliki risiko kanker yang lebih tinggi dari yang lainnya.

2. Tidak hanya terdapat pada makanan dan minuman

5 Fakta Karsinogen, Zat Pemicu Kanker yang Berkeliaran di Sekitar Kitailustrasi paparan sinar matahari (pexels.com/Tim Douglas)

Karsinogen tidak hanya terdapat pada makanan dan minuman, melainkan ada di sekeliling kita setiap waktunya. Ya, karsinogen dapat masuk ke tubuh kita melalui radiasi sinar ultraviolet (UV), radiasi medis, virus, polusi, asap rokok, makeup, dan lain sebagainya.

Menurut keterangan dari Skin Cancer Foundation, paparan radiasi sinar UV dapat menyebabkan kanker kulit. Ini karena kulit kita bisa dengan mudah menyerap zat karsinogen yang ada pada sinar UV. Jadi, rutin menggunakan produk tabir surya sangat disarankan apalagi bila kamu berada di luar rumah dalam jangka waktu lama.

Baca Juga: Cegah Kanker Serviks dengan Rutin Pap Smear dan Vaksin HPV

3. Memicu kanker dengan cara merusak sel dan DNA

5 Fakta Karsinogen, Zat Pemicu Kanker yang Berkeliaran di Sekitar Kitailustrasi DNA (pixabay.com/madartzgraphic)

Dilansir Verywell Health, karsinogen memiliki beberapa cara untuk memicu kanker dalam tubuh manusia, yaitu:

  • Secara langsung, yakni dengan merusak DNA dalam sel sehingga terjadi mutasi yang mengakibatkan kelainan pada proses pertumbuhan dan pembelahan sel normal.
  • Dengan cara merusak bagian sel hingga terjadi peradangan, yang mana akan menyebabkan sel-sel membelah dengan lebih cepat. Setiap kali sel membelah, mutasi akan terjadi dan pada akhirnya menimbulkan kanker.

4. Terbentuk dalam daging dikonsumsi melalui proses pemanasan yang tinggi

5 Fakta Karsinogen, Zat Pemicu Kanker yang Berkeliaran di Sekitar Kitailustrasi bakar daging (pexels.com/samer daboul)

Menurut keterangan dari National Cancer Institute, pemicu kanker, yaitu karsinogen, dapat terbentuk dapat terbentuk ketika bahan makanan berupa daging dan lemak dimasak dengan temperatur yang sangat tinggi.

Beberapa zat kimia pada daging dan lemak, seperti heterocyclic amines (HCA) dan polycyclic aromatic hydricarbons (PAH) telah diteliti memiliki sifat mutagenik, yang mana bisa menyebabkan kanker.

HCA terbentuk saat asam amino, gula, dan kreatin dipanaskan dalam temperatur yang tinggi, sedangkan PAH terbentuk ketika lemak dari daging dipanggang langsung di atas perapian hingga menimbulkan asap.

Jadi, usahakan untuk tidak mengonsumsi daging panggang atau bakar secara berlebihan, ya!

5. Karsinogen diklasifikasikan menjadi beberapa jenis

5 Fakta Karsinogen, Zat Pemicu Kanker yang Berkeliaran di Sekitar Kitailustrasi klasifikasi karsinogen (cancerwa.asn.au)

Tidak semua zat karsinogen berpengaruh terhadap tubuh manusia. Maka dari itu, beberapa organisasi kesehatan kanker dunia, seperti National Agency for Research on Cancer, mengklasifikasikan karsinogen dalam beberapa jenis, antara lain:

  • Kelompok A: karsinogenik untuk manusia
  • Kelompok B: kemungkinan besar karsinogenik untuk manusia
  • Kelompok C: dicurigai berpotensi karsinogenik untuk manusia
  • Kelompok D: informasi tidak memadai untuk memastikan karsinogenik untuk manusia
  • Kelompok E: tidak termasuk karsinogenik untuk manusia

Karsinogen memang terbukti dapat memicu sel kanker. Akan tetapi, itu tak akan terjadi bila kita menerapkan pola makan dan pola hidup yang sehat dan melindungi diri dari pemicu kanker. Mencegah akan jauh lebih baik daripada mengobati, khususnya dalam kasus kanker.

Baca Juga: 10 Cara Mencegah Kanker sejak Usia Muda, agar Bebas dari Risikonya

Mutiara Ananda Photo Verified Writer Mutiara Ananda

I write what I read, I read what I wrote.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya