Comscore Tracker

Mulai dari Hal Kecil untuk Buat Hidupmu Lebih Bermakna

Mulai dari hal kecil aja.

Mulai dari hal kecil aja.” Kalimat ini mungkin terdengar mudah. Namun, ada banyak manfaat dari hal kecil yang membuat hidupmu lebih bermakna.

Masa depan yang gemilang pada dasarnya ditentukan oleh sekumpulan keputusan tepat yang diambil saat usia kamu masih mampu. Nah, kebanyakan kita terlalu banyak menyalahgunakan kemajuan teknologi buat hal yang sifatnya membuang waktu aja. Tanpa kita sadari hal tersebut ternyata bisa membuat masa depan melenceng jauh dari yang seharusnya bisa kita dapatkan.

Hal-hal kecil berikut ini bisa membuat kamu melakukan investasi bertahap untuk masa depan.

Banyak Membaca Mulai dari Hal Kecil untuk Buat Hidupmu Lebih Bermakna


Ingat pepatah buku adalah jendela dunia? Maksud dari kalimat tersebut, yakni buku merupakan benda yang sangat bermanfaat. Buku bisa membawa kamu menjelajahi dunia saat kaki dan kantong belum bisa melakukannya. Biarkan buku mengubah pola pikir kamu.

Datang Tepat WaktuMulai dari Hal Kecil untuk Buat Hidupmu Lebih Bermakna

Membiasakan diri untuk menghargai waktu adalah investasi terbaik yang bisa kamu berikan buat diri sendiri di masa depan. Dengan datang tepat waktu, menunjukkan komitmen dan membuktikan kamu bisa diandalkan. Otomatis, orang akan senang bekerja sama.

Bangun Lebih PagiMulai dari Hal Kecil untuk Buat Hidupmu Lebih Bermakna

Kebiasaan bangun pagi membuat kamu melalui hari-hari dengan lebih produktif karena banyaknya waktu yang bisa dimanfaatkan. Manajemen waktu adalah kedisiplinan masa kini yang bakal bikin hidup lebih mulus. Jadi, jangan malas bangun pagi ya.

Banyak Berkomunikasi dengan Orang LainMulai dari Hal Kecil untuk Buat Hidupmu Lebih Bermakna

Di zaman teknologi dan serba plugged-in, bisa menyingkirkan handphone kamu untuk memiliki waktu berkualitas dan berkomunikasi langsung adalah sesuatu yang tidak ternilai harganya. Selagi memungkinkan, selalu sempatkan berbicara dengan orang lain. Jika tidak memungkinkan secara langsung, gunakan smartphone dan berbagai aplikasi untuk bercakap dari jauh.

Berkenalan dengan Orang Baru Setiap HariMulai dari Hal Kecil untuk Buat Hidupmu Lebih Bermakna

Orang baru akan memberikan perspektif yang baru juga. Ini akan menuntun pada wawasan yang lebih luas, kekayaan jiwa, bahkan pengalaman yang tidak mungkin tergantikan. Cobalah menambah teman setiap hari.

Berjalan KakiMulai dari Hal Kecil untuk Buat Hidupmu Lebih Bermakna

Demi alasan kesehatan, tidak ada yang namanya 'tidak punya waktu' untuk olah raga. Tinggalkan berbagai kendaraan bermotor yang membuat lapisan ozon berlubang. Manfaatkan dengan baik kedua kakimu ke mana pun kamu pergi. Kalau memang jarak yang kamu tempuh jauh, cobalah naik fasilitas kendaraan umum. Dijamin, kamu bakal lebih sehat dan sudah bisa dibilang berolahraga.

SarapanMulai dari Hal Kecil untuk Buat Hidupmu Lebih Bermakna

Hal ini sering dianggap remeh bagi sebagian orang. Padahal, sarapan adalah makanan terpenting dalam sehari, yang membantu konsentrasi berpikir dan memberikan efek jangka panjang untuk kesuksesan. Belum lagi, metabolisme tubuh tetap terjaga dan membuat tubuh secara keseluruhan menjadi lebih sehat.

Menulis Hal Positif di Media SosialMulai dari Hal Kecil untuk Buat Hidupmu Lebih Bermakna

Apa saja yang sudah kamu tulis di akun-akun media sosialmu? Apakah kalimat positif atau hanya curhat semata? Coba refleksi sedikit dan lakukan survei kecil. Berapa banyak postingan narsis dan nggak ada tujuannya selain pamer yang kamu buat versus postingan bernada positif yang bisa membangkitkan semangat teman-teman di media sosial kamu.

Menularkan semangat positif pada orang lain, meski melalui media sosial sudah menjadi satu kebaikan untuk jiwa kamu. Ini juga bisa menghindarkan kamu dari pikiran negatif.

Memuji Orang LainMulai dari Hal Kecil untuk Buat Hidupmu Lebih Bermakna

Saat berinteraksi, mudah sekali bagi kita untuk terbawa arus dan jadi ngomongin orang lain. Daripada sibuk membicarakan kekurangan orang, mulailah memuji orang lain dari hal kecil saja. Yang patut diingat, pujian haruslah tulus. Niscaya mood kamu bakal jadi lebih positif ke depannya.

Banyak Menikmati Alam SekitarMulai dari Hal Kecil untuk Buat Hidupmu Lebih Bermakna

Ada banyak keindahan kecil yang bisa ditemui di sekitar kamu, kalau mau sedikit terlibat dengan alam sekitar. Lakukan perjalanan ke tempat-tempat indah, pengalaman menghirup udara segar dan menghijaukan mata bisa membuka pikiran hal-hal terpenting dalam hidup yang pantas dihargai.

Tersenyum dan BersyukurMulai dari Hal Kecil untuk Buat Hidupmu Lebih Bermakna

Meskipun semua poin yang sudah disebutkan sudah dlakukan dengan disiplin. Refleksikan hati dan pikiran yang penuh rasa syukur ke dalam ekspresi wajahmu. Tersenyumlah tanpa peduli situasi. Lagipula, bukan bahagia namanya jika tidak dipraktikkan.

Me TimeMulai dari Hal Kecil untuk Buat Hidupmu Lebih Bermakna

Meskipun kamu orang yang outgoing dan suka bersosialisasi, ada baiknya menghabiskan waktu bersama diri sendiri atau disebut Me Time. Memiliki momen yang dinikmati hanya dengan diri sendiri bisa membantu isi ulang dan menyegarkan pikiran untuk siap beraktivitas dan berutinitas lagi.

Banyak MencatatMulai dari Hal Kecil untuk Buat Hidupmu Lebih Bermakna

Satu lagi hal kecil yang sering diabaikan adalah kebiasaan mengorganisir diri. Cara mengelola diri sendiri dapat dimulai dari hal kecil seperti sering mencatat dan menyelesaikan to do list yang sudah dibuat. Catatan konvensional dalam bentuk kertas kini juga sudah digantikan dengan smartphone. Catatan bisa sekaligus menjadi pusat kegiatan yang dengan mudah dibawa ke mana saja untuk menyongsong masa depan dengan lebih efisien dan terarah.

Yuk, #StartWithANote dari sekarang!

Artikel ini hasil kerja sama Samsung dengan Indonesian Times

Topic:

Berita Terkini Lainnya