Comscore Tracker

10 Finalis Short Film Competition oleh Sundance Film Festival: Asia

Temukan dan bina talenta-talenta kreatif di Asia Tenggara

Jakarta, IDN Times - Selain dapat menonton 8 film pilihan dan menghadiri diskusi panel bersama tokoh-tokoh ternama di industri perfilman, Sundance Film Festival: Asia 2021 juga akan mengumumkan pemenang dari Short Film Competition pada 25 September 2021 mendatang. Setelah menerima lebih dari 160 film pendek dari para filmmakers Indonesia, proses penyeleksian yang ketat pun menyisakan 10 nominasi terbaik. Karya siapa saja yang terpilih? Kita simak bersama, yuk!

1. Kesempatan go international untuk filmmakers Indonesia

10 Finalis Short Film Competition oleh Sundance Film Festival: AsiaAdegan Johan de Vries (Martijn Lakemeier) sedang menyeberangi sungai bersama rekan-rekan satu regunya dalam film "De Oost"/"The East" (2021) garapan sutradara Jim Taihuttu. (New Amsterdam Film Company)

Jury Award for Best Short Film di Short Film Competition akan diumumkan di TikTok live streaming (@SundanceFFAsia) pada hari Sabtu 25 September, bersamaan dengan pengumuman Honorary Mention. Short Film Competition Sundance Film Festival: Asia 2021 yang dibuka bagi para filmmaker Indonesia ini bertujuan untuk menemukan, membina, dan memberikan panggung bagi talenta-talenta baru di industri film, serta memperkenalkan mereka ke kancah global. Wah, bisa jadi pintu untuk go international, nih! Jury Awardee dan Honorary Mentions akan memiliki kesempatan untuk melakukan streaming di Argo setelah festival berakhir.

Film pendek yang terkumpul pun telah rampung dikurasi oleh dewan juri. Adapun juri yang terlibat adalah Kim Yutani, Director of Programming; Sundance Film Festival, Heidi Zwicker; Senior Programmer di Sundance Film Festival, Mike Plante; Senior Short Film Programmer di Sundance Film Festival, Susanti Dewi;Head of IDN Pictures, Joko Anwar; filmmaker yang juga merupakan alumni Sundance Film Festival, Amanda Salazar; Head of Programming and Acquisitions di Argo. Pemenang Jury Award berhak menerima hadiah uang tunai sebesar USD 2,000 yang disponsori oleh Argo.

2. Menjadi wadah bagi komunitas film lokal

10 Finalis Short Film Competition oleh Sundance Film Festival: AsiaPexels.com/Donald Tong

Lebih dari 160 film pendek sudah diterima dan menjalani proses seleksi. Akhirnya terpilihlah 10 karya terbaik, yaitu: Black Winter (Noviandra Santosa), Diary of Cattle (Lidia Afrilita & David Darmadi), Goodnight, Stargazer (Adriano Rudiman), Jamal (Muhammad Heri Fadli), Makassar is a City for Football Fans (Khozy Rizal), Masa Depan Cerah 2040 (Winner Wijaya), Rendang of Death (Percolate Galactic), Rong (Indira Iman), Srikandi (Andrea Nirmala Widjajanto), dan Sunrise in the Forest (Samuel Ruby). Siapa yang bakal jadi pemenang utamanya, ya?

3. Berikan pelatihan intensif untuk sineas Indonesia

10 Finalis Short Film Competition oleh Sundance Film Festival: AsiaIlustrasi Bioskop (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Tak hanya mengadakan Short Film Competition untuk menunjukkan kreativitas sineas Indonesia, Feature Film Program dari Sundance Institute juga akan menyelenggarakan pelatihan intensif yang akan dilaksanakan selama dua hari secara virtual. Pelatihan ini bertujuan untuk membina bakat-bakat baru di Asia Tenggara dan menghubungkan mereka dengan para pakar di industri perfilman. Keren banget!

Tak hanya filmmaker dari Indonesia, beberapa filmmaker yang mendaftar dan terpilih untuk program ini berasal dari beberapa negara di Asia Tenggara, lho. Mereka adalah Lucky Sonny Calvento dari Filipina, Kris Ong dari Singapura, dan Lomorpich Rithy dari Kamboja. Kemudian, ada pula Kuswandi, Sabrina Rochelle Kalangie, dan Khozy Rizal yang mewakili negara kita, Indonesia.

4. Jangan sampai kelewatan, ya

Baca Juga: Joko Anwar Akan Hadiri Diskusi Panel di Sundance Film Festival: Asia 

10 Finalis Short Film Competition oleh Sundance Film Festival: AsiaSundance Film Festival (Dok. IDN Times)

Serangkaian agenda Sundance Film Festival: Asia 2021 rasanya sangat sayang apabila dilewatkan begitu saja. Untuk itu, yuk, jadi bagian dari Sundance Film Festival: Asia 2021 dan dukung talenta-talenta regional untuk semakin dikenal di kancah internasional. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, kalian bisa klik https://www.instagram.com/sundanceffasia/ dan SundanceFilmFestivalAsia.org. Jangan lupa untuk ikut ramaikan Sundance Film Festival: Asia 2021 di media sosial dengan menggunakan tagar #SundanceAsia juga, ya.

Topic:

  • Amelia Rosary

Berita Terkini Lainnya