5 Menit Menentukan Bagi Cak Imin di Pemilu 2024

Cak Imin merasakan atmosfer berbeda di Pemilu kali ini

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menjadi salah satu kandidat cawapres pada Pemilihan Umum (pemilu) 2024. 

Cak Imin menyampaikan, pada Rabu (14/2/2024) sangat bersejarah baginya dan keluarga. Pada lima tahun silam, Cak Imin menggunakan hak pilihnya sebagai warga negara di TPS 023 di Kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

Kala itu, dia datang ke TPS untuk mencoblos sebagai Ketua Umum PKB sekaligus pemimpin partai pengusung pasangan capres dan cawapres nomor urut satu, Joko "Jokowi" Widodo dan Ma'ruf Amin. 

Hari ini, momen itu menjadi sangat berbeda sekaligus bersejarah, Cak Imin dengan penuh semangat membawa keluarganya ke TPS 023 untuk menunaikan kewajibannya sebagai warga negara. Ia berangkat ke TPS peserta sebagai Calon Wakil Presiden Republik Indonesia mendampingi Anies Baswedan pada Pilpres 2024.

"Lima tahun yang lalu saya nyoblos di sini, tempat yang sama, semangatnya sama. Tapi, rasanya beda," kata Cak Imin, saat ditemui di kediaman sang mertua, di Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (14/2/2024).

Sebelum menggunakan hak pilihnya, Cak Imin dan keluarga sempat mengawali hari dengan sarapan bersama di kediaman pribadinya, Jalan Widya Chandra IV, Jakarta Selatan pada Rabu (14/2/2024) pagi. Ketika berada di meja makan, Cak Imin masih sempat melontarkan candaan untuk istri dan ketiga putrinya. 

Gelak tawa pun meramaikan suasana pagi di hari yang begitu bersejarah bagi Wakil Ketua DPR RI itu. Suasana juga semakin cair ketika Rahma Arifa, putri keduanya yang sesekali menimpali candaan yang diutarakan sang ayah. 

Setelah itu, Cak Imin dan keluarga langsung bertolak ke Kemang, Jakarta Selatan. Mereka terlihat kompak mengenakan pakaian putih. Cak Imin dan keluarga lebih dulu menggelar doa bersama di kediaman mertuanya sebelum ke TPS.

Cak Imin membawa keluarganya sambil berjalan kaki menuju ke TPS yang jaraknya hanya sekitar 500 meter dari kediaman mertuanya. Di tengah rerintikan hujan yang mengguyur Jakarta pagi itu, ia bergegas dengan penuh semangat.

Terlihat Cak Imin sambil menggandeng tangan sang istri. Lantunan sholawat mengiringi langkah kakinya menuju TPS. Raut wajahnya terlihat berbeda. Gusar, tapi penuh semangat, itulah reaksi yang terlihat dari Cak Imin saat bergegas menuju ke TPS 023. 

Tepat pukul 08.06 WIB, Cak Imin beserta rombongan tiba di TPS dan disambut Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). 

Sebelum bergegas ke bilik suara, Cak Imin dan keluarga secara bergantian menerima empat lembar suara dari petugas pemungutan suara untuk capres dan cawapres, Anggota DPR RI, Anggota DPD RI, dan Anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta.

Tidak butuh waktu yang lama bagi Cak Imin untuk mencoblos. Dia mengaku hanya menghabiskan waktu kurang lebih sekitar lima menit di bilik suara. Tetapi, lima menit itu begitu berarti apakah dia akan berperan lebih banyak untuk bangsa ini.

Rasa haru, kata dia, juga menghiasi suasana hatinya saat berada di bilik suara pagi itu karena ia melihat langsung fotonya sendiri berpasangan dengan Anies Baswedan sebagai capres dan cawapres nomor urut satu.

"Begitu kami buka surat suara ada foto saya. Rasanya terharu, dan terima kasih sampai saat ini diberi kepercayaan untuk berperan lebih besar lagi," kata dia.

"Tentu ini kesempatan saya untuk mengabdi lebih banyak lagi, lebih besar lagi dan berdoa diberi kesempatan sukses membawa amanat," kata dia lagi. 

Pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar mendeklarasikan diri sebagai capres dan cawapres untuk Pemilu 2024 di Hotel Majapahit, Surabaya, Jawa Timur, pada Sabtu (2/9/2023) lalu. 

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar diusung oleh Partai NasDem, PKB, PKS. Pasangan yang memiliki panggilan AMIN itu juga didukung oleh Partai Ummat. Keduanya membawa gagasan perubahan untuk Indonesia yang lebih adil dan makmur.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya