Debat Cawapres Usung Tema Ekonomi, PKB: Bukan Hal Baru Bagi Cak Imin

PKB sebut Cak Imin sempat jadi Menaker

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Hasanuddin Wahid mengatakan materi tentang ekonomi pada sesi debat cawapres nanti bukan hal yang baru bagi ketua umumnya, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Menurut dia, Cak Imin sudah berpengalaman di bidang ekonomi bahkan sempat menjadi Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Indonesia di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Artinya dunia ekonomi bukan dunia yang jauh atau hal baru dari gus muhaimin," kata Hasanuddin Wahid di DPR RI, Jumat (15/12/2023) malam.

1. PKB sebut Cak Imin adalah legislator tulen

Debat Cawapres Usung Tema Ekonomi, PKB: Bukan Hal Baru Bagi Cak IminMuhaimin Iskandar (Cak Imin) dalam acara IMGS 2023, VP Candidates: Powerful in Election, Powerful in Action pada Minggu (26/11/2023). (dok. IDN Media)

Selain itu, Cak Imin juga sudah menjadi Anggota DPR RI sejak tahun 1999. Dia mengatakan, sebagai anggota parlemen, pembahasan ekonomi dan kebijakan publik menjadi pembahasan yang setiap hari dibahas.

Menurut dia, dunia ekonomi relatif tidak jauh dari kehidupan Cak Imin karena sebagai anggota parlemen juga paham mengenai tiga fungsi DPR RI yaitu fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan.

"Kebijakan ekonomi dibahas di DPR dan pemerintah, di sana ada fungsi legislasinya, pengawasan dan budgeting ya itu ngomong tentang ekonomi dan macam-macam. Jadi relatif dunia ekonomi tidak jauh dari kehidupan Cak Imin," kata dia.

Baca Juga: Cak Imin Dipuji Mahfud Jelang Debat, Anies: Dia Bukan Cawapres Dadakan

2. Anies bangga dengan Cawapresnya, Cak Imin

Debat Cawapres Usung Tema Ekonomi, PKB: Bukan Hal Baru Bagi Cak IminBacapres dari Koalisi Perubahan untuk Indonesia, Anies Baswedan saat wawancara khusus di acara Real Talk with Uni Lubis, Senin (15/5/2023). (IDN Times/Alya Achyarini)

Capres nomor urut satu, Anies Baswedan mengaku bangga dan bersyukur karena pendampingnya dianggap lawan berat di debat putaran kedua mendatang. 

"Kalau Pak Mahfud kemarin menyampaikan begitu, ya kami (ucapkan) terima kasih. Karena memang Gus Imin adalah cawapres yang memiliki kompetensi yang lengkap. Beliau bukan cawapres yang muncul mendadak," ujar Anies.

Menurutnya, Cak Imin sudah teruji sebagai seorang politikus karena telah berjuang dari sejak mahasiswa. Cak Imin, tambahnya, sudah ktif di pergerakan kepemudaan sejak masih duduk di bangku kuliah. 

"Beliau jadi ketua Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) dan jabatannya ketua nasional pula. Walaupun Beliau berasal dari keluarga yang sangat dihormati di kalangan Nahdlatul Ulama (NU) tapi Beliau tidak lompat dan mendadak langsung diberi posisi tinggi," tutur dia. 

Baca Juga: Elektabilitas Cak Imin Paling Bawah, Timnas: Dia Gak Pikirin Survei

3. Anies tidak ragu penampilan Cak Imin di debat bakal memukau

Debat Cawapres Usung Tema Ekonomi, PKB: Bukan Hal Baru Bagi Cak IminBacapres dari Koalisi Perubahan untuk Indonesia, Anies Baswedan saat wawancara khusus di acara Real Talk with Uni Lubis, Senin (15/5/2023). (IDN Times/Alya Achyarini)

Anies sama sekali tidak meragukan kemampuan Cak Imin pada sesi debat putaran kedua nanti. Anies menilai Cak Imin bakal mampu menguasai topik di debat yang akan menyinggung terkait isu ekonomi. 

"Saya tidak ada keraguan sedikitpun bahwa Gus Imin nanti dipandang oleh publik sebagaimana perjalanannya selama ini," kata Anies.

 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya