Jelang Debat, Cak Imin Digembleng Soal Ekonomi Makro dan Digital

Cak Imin siap hadapi debat cawapres

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan menggelar debat pemilihan presiden (Pilpres) 2024 putaran kedua untuk sesi Calon Wakil Presiden (Cawapres) pada Jumat (22/12/2023).

Juru Bicara Tim Nasional Pemenangan Anies-Muhaimin (Timnas AMIN) Angga Putra Fidrian mengatakan, pihaknya mulai menggembleng Muhaimin Iskandar alias Cak Imin untuk memperkaya pengetahuannya tentang ekonomi digital dan ekonomi makro.

Angga mengatakan, Cak Imin banyak berdiskusi dengan Thomas Lembong, Menteri Perdagangan (Mendag) RI periode 2015-2016 dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) 2016-2019 untuk memperkaya pengetahuannya tentang ekonomi makro.

"Bimbingan khusus kayaknya enggak ya, tapi setiap hari ada konunikasi pak Tom (Thomas Lembong) dengan Gus Imin untuk memperkaya ekonomi makro," kata Angga di Sekretariat Timnas AMIN, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (18/12/2023).

1. Pendiri Tokopedia gembleng Cak Imin soal ekonomi digital

Jelang Debat, Cak Imin Digembleng Soal Ekonomi Makro dan DigitalMuhaimin Iskandar (Cak Imin) dalam acara IMGS 2023, VP Candidates: Powerful in Election, Powerful in Action pada Minggu (26/11/2023). (IDN Times/Tata Firza)

Selain itu, Cak Imin kata dia juga banyak berdiskusi dengan Leontinus Alpha Edison selaku pendiri Tokopedia, yang saat ini juga tergabung di barisan Anies-Muhaimin sebagai Wakil Ketua Timnas AMIN.

Diskusi dilakukan supaya Cak Imin memperkaya pengetahuannya terkait ekonomi digital, yang juga jadi salah satu materi debat nanti. 

"Pak Thomas Lembong selalu juga memberi briefing setiap hari, paling tidak memperkaya Cak Imin soal ekonomi makro. Kalau mikro mungkin Cak Imin lebih kuatlah tapi makro ini lah kadang orang yang nggak pernah belajar ini sering terpeleset di situlah," kata dia.

Namun, Angga memastikan bahwa Cak Imin sudah siap untuk menghadapi debat putaran kedua nanti meskipun temanya adalah ekonomi. Pasalnya kata dia, banyak menteri dari PKB yang duduk di jabatan Menteri Tenaga Kerja sehingga Cak Imin pasti mendapatkan banyak wawasan terkait isu mikro khususnya terkait ketenagakerjaan.

"Sebenarnya kan secara rutin Pak Anies dan Gus Imin selalu ada debat dengan masyarakat di acara debat, Desak Anies, Slepet Imin, sebenarnya segala persiapan sudah oke. Memang hanya menguatkan tentang ekonomi ya," kata dia.

Baca Juga: 5 Kebijakan Umum Anies-Muhaimin Maksimalkan Ekonomi Digital RI

2. PKB sebut ekonomi bukan hal baru bagi Cak Imin

Jelang Debat, Cak Imin Digembleng Soal Ekonomi Makro dan DigitalSekjen PKB Hasanuddin Wahid sebut materi ekonomi bukan hal baru bagi Cak Imin. (IDN Times/Amir Faisol)

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Hasanuddin Wahid mengatakan materi tentang ekonomi pada sesi debat cawapres nanti bukan hal yang baru bagi ketua umumnya, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Menurut dia, Cak Imin sudah berpengalaman di bidang ekonomi bahkan sempat menjadi Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Indonesia di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Artinya dunia ekonomi bukan dunia yang jauh atau hal baru dari gus muhaimin," kata Hasanuddin Wahid.

Baca Juga: Daftar Lengkap LHKPN Terbaru Muhaimin Iskandar, Hartanya Rp25,9 M!

3. PKB sebut Cak Imin adalah legislator tulen

Jelang Debat, Cak Imin Digembleng Soal Ekonomi Makro dan DigitalMuhaimin Iskandar (Cak Imin) dalam acara IMGS 2023, VP Candidates: Powerful in Election, Powerful in Action pada Minggu (26/11/2023). (IDN Times/Tata Firza)

Selain itu, Cak Imin juga sudah menjadi Anggota DPR RI sejak 1999. Dia mengatakan, sebagai anggota parlemen, pembahasan ekonomi dan kebijakan publik menjadi pembahasan yang setiap hari dibahas.

Menurut dia, dunia ekonomi relatif tidak jauh dari kehidupan Cak Imin karena sebagai anggota parlemen juga paham mengenai tiga fungsi DPR RI yaitu fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan.

"Kebijakan ekonomi dibahas di DPR dan pemerintah, di sana ada fungsi legislasinya, pengawasan dan budgeting ya itu ngomong tentang ekonomi dan macam-macam. Jadi relatif dunia ekonomi tidak jauh dari kehidupan Cak Imin," kata dia.

Diketahui, tema debat Pilpres 2024 pada putaran kedua mengusung tema ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN/APBD, infrastruktur, dan perkotaan. Adapun lokasi debat akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC).

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya