PAN Duga Ada yang Sengaja Memainkan Isu Agama Lewat Zulhas 

PAN sebut isu agama tak berlaku

Jakarta, IDN Times - Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Zita Anjani mengklarifikasi video Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) yang viral di jejaring media sosial saat hadir dalam acara Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (19/12/2023) lalu.

Zita mengatakan, PAN merupakan partai politik yang mempelopori pemilu damai, pemilu riang gembira, dan pemilu yang membahagiakan. 

Karena itu, dia menegaskan, PAN tidak mungkin menggunakan politik adu domba terlebih menggunakan isu-isu agama pada Pemilu 2024 nanti.

"Rasanya tidak mungkin kalau PAN itu melakukan provokasi apalagi adu agama," kata Zita Anjani saat ditemui di Bawaslu Jakarta Pusat, Kamis (21/12/2023).

Baca Juga: Klarifikasi Video Tahiyat, PAN: Zulhas Tak Ada Niat Lecehkan Agama

1. Tuding ada pihak sengaja gunakan isu agama seperti di Pilkada 2017

PAN Duga Ada yang Sengaja Memainkan Isu Agama Lewat Zulhas Instagram.com/@zitaanjani

Zita lantas menuding ada oknum yang sengaja mau memainkan kembali isu agama, seperti yang terjadi pada Pilkada DKI Jakarta 2017 lalu. 

Menurut dia, isu agama sudah tidak berlaku untuk dimainkan lagi di Pemilu 2024, sebab semua pihak sudah siap menyambut pelaksanaan pemilu dengan rasa gembira.

"Karena sekarang, semuanya sudah joget, sudah riang gembira, capres-capresnya happy, joget, berteman dengan baik, jadi saya rasa isu ini sudah nggak laku," kata dia.

2. Zulhas bahas politik di acara kementerian

PAN Duga Ada yang Sengaja Memainkan Isu Agama Lewat Zulhas Mendag Zulkifli Hasan saat menjelaskan tantangan ekonomi digital usai menghadiri rakernas APPSI di Setos Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Sementara itu, Zita tidak menampik bahwa Zulhas hadir dalam acara APPSI sebagai Menteri Perdagangan. Di sisi lain, Zita mengatakan, Zulhas merupakan Ketua Umum PAN sehingga wajar ketika publik melihat kehadirannya bukan hanya sebagai menteri tapi juga sebagai ketua umum partai.

Zita mengatakan, Zulhas menjawab pertanyaan yang dilayangkan kepadanya sesuai dengan kapasitasnya sebagai Mendag RI dan Ketum PAN. Namun, kata dia, apa yang mau disampaikan dalam acara itu, Zulhas ingin mengajak masyarakat untuk melaksanakan Pemilu 2024 secara damai.

"Baik acaranya itu sebagai Mendag tapi pesannya adalah mengajak masyarakat untuk pemilu damai," kata dia.

3. Kelakar Zulhas di Forum APPSI yang menuai kontroversi

PAN Duga Ada yang Sengaja Memainkan Isu Agama Lewat Zulhas Ketua APPSI Jateng Sudaryono bersama Mendag Zulkifli Hasan saat meresmikan pembukaan rakernas APPSI di Setos Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Sebelumnya, Zulhas hadir dalam acara APPSI di Semarang, Jawa Tengah. Di hadapan ratusan peserta, Zulhas berkelakar kini ada masyarakat yang diam usai surat Al-Fatihah dibacakan saat salat Magrib, seharusnya langsung mengucapkan 'amin.'

Diketahui, pada Pemilu 2024, penyebutan kata 'AMIN dan jari telunjuk' kini diasosiasikan dengan pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.

"Saya keliling daerah Pak Kiai, sini aman, Jakarta gak ada masalah. Yang jauh-jauh ada lho yang berubah. Jadi, kalau salat gagrib baca waladholin, baca Al-Fatihah, waladholin, ada yang diem sekarang, Pak. Ada yang diem, lho kok lain," ujar Zulhas disambut tawa hadirin dalam acara tersebut.

Menurutnya, orang-orang yang terdiam usai bacaan itu karena mereka cinta pada capres Prabowo Subianto.


Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya