Wakanda No More, Timnas AMIN: Tagline Anies Jamin Kebebasan Berpendapat

Wakanda No More, Indonesia Forever jadi penutup Anies

Jakarta, IDN Times - Calon Presiden Nomor Urut 1 Anies Baswedan menutup Debat Pilpres 2024 putaran pertama dengan menyinggung terkait demokrasi di Indonesia. Ia juga akan menjamin memberikan kebebasan kepada masyarakat Indonesia untuk berpendapat ketika nanti terpilih.

Sebagai penutup, Anies Baswedan juga mengenalkan tagline 'Wakanda No More, Indonesia Forever' sehingga banyak diperbincangkan oleh khalayak publik di jejaring media sosial.

Juru Bicara Tim Nasional Pemenangan Anies-Muhaimin (Timnas AMIN) Angga Putra Fidrian mengatakan tagline 'Wakanda No More, Indonesia Forever' merupakan simbolisasi masyarakat yang tidak bisa menyampaikan pendapat.

Dalam beberapa kesempatan, Anies memang sempat menyinggung negeri wakanda. Namun khusus gesture tubuh yang diperagakan pada saat menyampaikan 'Wakanda No More Indonesia Forever' memang sengaja disiapkan untuk sesi debat perdananya.

"Kalau tentang wakanda itu sering disampaikan ya, itu simbolisasi masyarakat yang nggak bebas berpendapat, nah memang gesture itu disiapkan di khusus untuk debat, gitu," kata Angga, di Sekretariat Timnas AMIN, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (13/12/2023).

1. Timnas AMIN jamin ke depan tak ada lagi negeri wakanda

Wakanda No More, Timnas AMIN: Tagline Anies Jamin Kebebasan BerpendapatCalon presiden nomor urut satu, Anies Baswedan saat menghadiri debat capres di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat. (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Dia mengatakan, tagline ini juga simbolisasi kebebasan berpendapat di era kepemimpinan Anies-Muhaimin jika nanti menduduki pemerintahan.

"Jadi kebayangnya kalo milih Anies-Muhaimin, kita bisa bebas berpendapat, tidak seperti sebelum 9 tahun ini, kira-kira begitu," kata dia.

Baca Juga: Survei AMIN Masih Buncit, NasDem: Dominan yang Didukung Presiden 

2. Anies jamin kebebasan berpendapat

Wakanda No More, Timnas AMIN: Tagline Anies Jamin Kebebasan BerpendapatCalon presiden nomor urut satu, Anies Baswedan saat menghadiri debat capres di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat. (youtube.com/IDN Times)

Sebelumnya, Anies Baswedan, mengajak calon pemilih muda untuk memilih sosok capres yang serius untuk menjadi pemimpin Indonesia.

Ia menjanjikan, seandainya terpilih menjadi RI 1 di Pemilu 2024, kebebasan berpendapat akan dijamin sepenuhnya. Masyarakat tak perlu lagi khawatir bakal dibui karena mengkritik Indonesia di media sosial.

"Kebebasan berpendapat akan dijamin. Saya sampaikan 'Wakanda no more, Indonesia forever!" ujar Anies menutup sesi debat perdananya.

Baca Juga: Soal Isu Papua: Ganjar Progresif, Anies Retoris, Prabowo Tak Orisinal

3. Anies janji akan junjung tinggi hukum

Wakanda No More, Timnas AMIN: Tagline Anies Jamin Kebebasan BerpendapatAnies Baswedan dalam acara IMGS 2023, Indonesia's Electoral Epoch: Unveiling the Dynamics of the Pivotal 2024 Election pada Jumat (24/11/2023). (dok. IDN Media)

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menjanjikan akan mengembalikan Indonesia menjadi negara yang menjunjung tinggi hukum.

"Sehingga, hukum lah yang mengendalikan negara dan kekuasaan. Bukan sebaliknya menjadi negara penguasa," tutur dia lagi.

Selain itu, Anies juga menyebut bakal menjunjung tinggi etika. Ia berjanji tidak akan bersikap kompromi seandainya ditemukan pelanggaran etika.

"Ketika terjadi pelanggaran etika jangan malah bersembunyi di balik penegakan hukum. Pimpinan tertinggi itu harus memberikan contoh. Jangan ada lagi praktik orang dalam karena itu merusak sendi-sendi kehidupan bernegara," katanya.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya