Wiranto: Pemilu Harus Aman, Lancar dan Sukses

Wiranto bersyukur kampanye terbuka Pemilu 2019 lancar

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto hari ini melaksanakan rapat koordinasi kesiapan akhir dalam rangka Pengamanan Tahapan Pemungutan dan Perhitungan Suara Pileg dan Pilpres Tahun 2019 di Gedung Kementerian Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Jakarta Pusat.

Rapat dihadiri beberapa jajaran pemerintahan seperti Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, Kepala Kepolisan Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Tito Karnavian, Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Marsekal Hadi Tjahyanto, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan, dan jajaran pemerintahan terkait lainnya.

"Hari ini kita menggelar rapat koordinasi secara menyeluruh baik tingkat pusat maupun tingkat daerah. Kita bersyukur pada akhirnya kita sampai pada penghujung hari H, saat jutaan rakyat Indonesia secara serentak akan berikan suara atau hak pilihnya untuk pilpres, dan pileg," ujar Wiranto, Senin (15/4).

Baca Juga: Lima Jenis Kertas Suara Saat Pemilu, Ini Detail dan Cara Mencoblos

1. Menko Polhukam bersyukur kampanye terbuka berjalan aman dan lancar

Wiranto: Pemilu Harus Aman, Lancar dan SuksesIDN Times/Sunariyah

Dalam kesempatan itu, Wiranto mengatakan bersyukur atas tahapan pemilu yang sudah dilalui, salah satunya tahapan kampanye terbuka yang dinilai dapat berjalan aman dan lancar.

"Oleh karena itu saya apresiasi pada semua pihak yang punya tugas baik pada pemerintah pusat, KPU, Bawaslu, dan TNI/Polri. Bahkan, lebih luas lagi seperti para partai politik, relawan yang telah menghadirkan satu kondisi persatuan bangsa," katanya.

"Kita tahu memang masih ada permasalahan baik teknis, maupun hal-hal yang menyangkut keamanan. Tetapi, alhamdulillah hal itu bisa diatasi dengan baik. Karena itu, kita akan terus mencoba perbaiki hal-hal yang masih kurang," sambung Wiranto.

2. Wiranto: Pemilu harus aman, lancar dan sukses

Wiranto: Pemilu Harus Aman, Lancar dan SuksesWiranto (IDN Times/Axel Jo Harianja)

Selain itu, menjelang hari pencoblosan yakni 17 April mendatang, Wiranto berpesan, pemilu harus dapat dilaksanakan secara aman, lancar dan sukses.

Menurut Wiranto, Aman dapat diartikan bahwa para pemilih harus merasa aman ketika akan menggunakan hak pilihnya.

"Mulai dari rumah, pergi ke TPS dengan aman tanpa tekanan, agar dapat melaksanakan hak pilih mereka bebas dan rahasia," jelasnya.

Sedangkan untuk lancar, para penyelenggara pemilu harus menyiapkan segala kelengkapan pemilu di seluruh TPS di Indonesia. Sukses, lanjut Wiranto, yaitu menghadirkan suara rakyat sehingga dapat menggunakan hak pilihnya agar menghasilkan pemimpin baik di pusat maupun daerah yang berkualitas.

"Pelaksanaan yang aman dapat menjamin kelancaran pemilu, tidak mungkin kalau tidak aman dapat lancar pemilu. Kelancaran pemilu, dapat menjamin kesuksesan pemilu. Oleh karna itu, saya berharap tahapan ini dapat dijalankan dengan baik, keamanan, kelancaran dan kesuksesan. Karena ketiga hal ini saling berkaitan," jelas dia.

3. Enam hal yang harus dilakukan jelang hari pencoblosan

Wiranto: Pemilu Harus Aman, Lancar dan SuksesIDN Times/M.Arief

Wiranto menambahkan, pihaknya dan semua lembaga terkait telah berupaya sebaik-baiknya untuk menciptakan pemilu yang aman. Ia mengimbau, jika masyarakat masih menemukan ada indikasi yang dapat mengganggu dan mengancam pemilu, maka pihak-pihak tersebut harus segera dicari dan dinetralisasi.

Lebih lanjut, ada enam hal yang diungkapkan Wiranto agar semua pihak dapat menciptakan pemilu yang aman:

1. Berikan dan ciptakan ruang yang aman bagi para pemilih untuk dapat bergerak, berangkat dari rumah ke TPS dan melaksanakan pemilihan dengan aman.

2 Bantu pelaksanaan pemilu apabila masih ada yang perlu dibantu atau yang kurang, bantu mereka.

3. Pasang mata dan telinga yang mengganggu pemilu, terutama yang ada di TPS-TPS. Cari dan temukan sebelum ada yang mengganggu.

4. Kawal mobilisasi dan penghitungan suara secara ketat untuk tidak ada gangguan yang dapat mengganggu perhitungan suara.

5. Jaga netralitas sebagai aparat keamanan yang baik dan terpercaya.

6. Mengamankan pemilu adalah kehormatan, pemilih sukses adalah kebanggaan bagi kita sebagai bangsa.

Baca Juga: Piaynemo Raja Ampat Ditutup Selama Pemilu, Catat Tanggalnya!

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya