Jadi Prototipe New Normal, Bekasi Mulai Buka Mal 4 Juni Mendatang

Pemkot Bekasi bersiap menuju new normal

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Kota Bekasi akan membuka mal pekan depan meski wabah virus corona belum sepenuhnya lenyap. Pembukaan mal bertujuan untuk menggerakkan kembali roda perekonomian yang sempat terhenti.

"Kalaupun harus buka minimal  4 Juni, karena DKI pada 4 Juni juga. Jangan sampai warga DKI sampai ke sini, kalau kapasitas 10 ribu, kita 5 ribu dulu yang masuk," kata Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi saat mendampingi Presiden Jokowi meninjau kesiapan mal Summarecon, Selasa (27/5).

1. Walikota Bekasi perintahkan aturan physical distance di mal

Jadi Prototipe New Normal, Bekasi Mulai Buka Mal 4 Juni MendatangWalikota Bekasi Rahmat Effendi memberikan keterangan usai rapit test massal di Stadion Patriot, Rabu (25/3) (IDN Times/Dini suciatiningrum)

Rahmat mengaku sudah mulai memerintahkan pengurangan kapasitas mal untuk dikunjungi warga.

"Dari semalam sudah saya suruh, yang biasa satu meja ada empat kursi, sekarang hanya dua kursi, terus antrean sudah saya buat sedemikian rupa," tambah Rahmat.

2. Kota Bekasi jadi percontohan kota lain

Jadi Prototipe New Normal, Bekasi Mulai Buka Mal 4 Juni MendatangDok. Agus Suparto

Menurut Rahmat, Kota Bekasi akan menjadi percontohan untuk mulai membuka mal karena R0 kota Bekasi pada angka 0,71.

"Karena dari Maret kita sudah melakukan siaga darurat bencana dan 3 kali melakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), pada PSBB sekarang ini, apa yang disampaikan Pak Presiden adalah 'new normal'. Tatanan kehidupan baru, masyarakat produktif melawan covid, itu terjemahan saya," ungkap Rahmat.

3. Kota Bekasi menjadi sebuah prototipe bagi kabupaten/kota lainnya

Jadi Prototipe New Normal, Bekasi Mulai Buka Mal 4 Juni MendatangSuasana salat Idul Fitri 1441 H di Masjid Jami An Nur Kramat, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (24/5/2020). Pelaksanakan shalat dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus COVID-19 (ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah)

R0 atau "reproduction number" yaitu jumlah ekspektasi dari kasus kedua yang dihasilkan dari satu penderita yang mempunyai kemampuan menularkan penyakit pada saat suatu penyakit masuk dalam sebuah populasi sehat selama masa infeksi.

Dia menjabarkan misalkan kasus COVID-19 di suatu daerah yang memiliki R0 = 2, artinya 1 orang yang terkena COVID-19 berpotensi menularkan virus ke 2 orang sehat lainnya.

Dengan R0=2, jumlah orang yang terkena COVID-19 setelah 8 putaran jawabannya adalah akan ada 256 orang positif COVID-19 dan setelah 10 putaran, jumlah tersebut menjadi 2.048 orang.

Daerah yang dapat melakukan aktivitas dalam skema "normal baru" atau new normal bila R0-nya kurang dari 1.

"Pertama yang harus kita alihkan ini adalah agar ekonomi kecil, 'tenant-tenant' yang ada bisa tumbuh ekonominya. Perdagangannya bisa berjalan, mal bertahap, setelah DKI. Kami khawatir kalau kami buka, warga DKI nanti ke kita, jadi alhamdulillah kota Bekasi menjadi sebuah prototpe bagi kabupaten/kota lainnya," ungkap Rahmat.

4. Bekasi juga telah membuka masjid

Jadi Prototipe New Normal, Bekasi Mulai Buka Mal 4 Juni MendatangWarga menandai batas jarak antar jamaah di lokasi salat Idul Fitri 1441 H di Masjid Jami Al-Ma'mur, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (23/5/2020). Pemerintah Kota Bekasi mengizinkan 41 Kelurahan dari 56 kelurahan, yang berada di zona hijau untuk menyelenggarakan salat Id berjamaah dengan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus COVID-19 (ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah)

Selain mal, Pemkot Bekasi juga telah mengizinkan masjid di 51 kelurahan Kota Bekasi yang masuk dalam zona hijau menggelar salat Idulfitri  1441 H dengan penerapan protokol kesehatan yaitu jamaah diwajibkan memakai masker, shaf berjarak 1,5 meter, dan pengurus masjid menyediakan tempat cuci tangan di masjid.

"Daerah hijau sampai dengan saat ini ada 50, dari 56 kelurahan loh, jadi tidak sampai 10 persen (yang zona merah)," tambah Rahmat.

Baca Juga: Setelah Mal, Pemkot Bekasi Buka Masjid dan Rumah Ibadah Pekan Depan

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya