Situasi KPU Usai Pengumuman Pemilu, Hanya Terdengar Suara Tahu Bulat

KPU umumkan Prabowo-Gibran menang Pilpres 2024

Jakarta, IDN Times - Situasi aksi di depan gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat tampak landai usai Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan bahwa pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka, menang dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Berbeda dengan gelaran aksi yang biasanya ramai dengan suara orator di atas mobil komando dan suara yel-yel beberapa jam lalu, pantauan IDN Times, Rabu (20/3/2024) malam, hanya terdengar suara penjual tahu bulat yang berjualan di tengah massa yang sepi.

Bahkan mobil komando berada di sisi perempatan Jalan Imam Bonjol kini telah menghilang.

Massa demo ada yang duduk di trotoar ada juga yang sedang minum kopi. Sebagian lainnya melakukan live di media sosial masing-masing.

Di dalam gedung KPU, Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari telah mengumumkan Prabowo - Gibran sebagai pemenang Pilpres 2024. Pengumuman dilakukan setelah selesai menetapkan rekapitulasi tingkat nasional di 38 provinsi dan 128 titik pemungutan suara di luar negeri.

"Jumlah suara sah secara nasional sebanyak 164.227.475 suara," kata Hasyim dalam konferensi pers di Gedung KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (20/3/2024).

Prabowo - Gibran berhasil mengungguli dua pasangan kandidat lainnya dengan meraih 96.214.691 suara.

Kemudian paslon presiden dan wakil presiden nomor urut satu, Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar berada di urutan kedua dengan 40.971.906 suara.

Terakhir, paslon nomor urut tiga, Ganjar Pranowo - Mahfud MD hanya mampu mengoleksi 27.040.878 suara.

Baca Juga: Tembus 16 Juta Suara, Prabowo-Gibran Menang di Jawa Barat

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya