Aplikasi Jaklingko Diluncurkan, Anies: Ada Sistem Perbedaan Tarif

Pelajar dan guru bayar tarif lebih murah dengan Jaklingko

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yakin kemajuan transportasi umum di Jabodetabek bakal setara dengan kota modern di dunia. Keyakinan itu ia utarakan dalam peluncuran super apps Jaklingko pada Rabu (29/9/2021).

Anies menjelaskan di super apps itu akan ada price differentiation sehingga bisa menentukan harga yang berbeda untuk kelompok penumpang berbeda. Menurutnya, hal itu sudah biasa dilakukan di negara atau kota modern dunia.

"Misalkan para veteran, pensiunan, pelajar diberikan harga lebih murah. Jadi kita bisa menerapkan sistem itu pada guru, pensiunan guru, dan orang berjasa," jelas Anies.

1. Anies sebut transportasi umum bisa jadi simbol penghargaan kota pada warganya

Aplikasi Jaklingko Diluncurkan, Anies: Ada Sistem Perbedaan TarifIlustrasi (IDN Times/Sunariyah)

Nantinya, kata Anies, transportasi umum bukan hanya sekadar alat untuk berpindah dari satu tempat ke yang lainnya. Tapi, transportasi umum juga bakal menjadi simbol penghargaan kota pada orang yang berjasa pada kotanya.

"Nampaknya sederhana, tapi orang-orang di berbagai dunia mereka yang medapatkan reward itu tahu persis, makanya namanya honorarium karena itu kehormatan," jelasnya.

Baca Juga: PSI Sindir 7 Fraksi: Kenyang Ditraktir Makan Anies Malah Bolos Rapat

2. Sistem perbedaan harga itu diharapkan bisa segera dilakukan

Aplikasi Jaklingko Diluncurkan, Anies: Ada Sistem Perbedaan TarifInstagram/@aniesbaswedan

Anies berharap sistem perbedaan harga itu bisa segera dilakukan. Ia berharap hal Super Apps Jaklingko menjadi inovasi karena bisa mengkonversi subsidi barang jadi orang.

"Jadi dukungannya berbasis pribadi-pribadi," jelasnya.

3. Anies yakin ikhtiar 'Maju kotanya, bahagia warganya' tercapai

Aplikasi Jaklingko Diluncurkan, Anies: Ada Sistem Perbedaan TarifGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bertolak dari Balai Kota DKI Jakarta Pusat ke kediamannya dengan bersepeda pada Rabu (2/6/2021) (Instagram/@Aniesbaswedan)

Ia yakin hal ini bisa membuat Jakarta dan sekitarnya setara dengan kota maju dunia. Ia pun berharap ikhtiar yang juga menjadi jargonnya saat berkampanye dulu tercapai.

"Mudah-mudahan ikhtiar kita 'Maju Kotanya, Bahagia Warganya' bisa tercapai. Kami sering menyampaikan kepada teman-teman angka statistik boleh kita tunjukkan, tapi yang paling penting warga bisa berkata 'Syukur Alhamdullilah untung tinggal di Jakarta; kalau ada kalimat itu kita doing good," ujar Anies

Baca Juga: Anies Berikan Beasiswa pada Anak Yatim Piatu karena COVID-19

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya