Prabowo-Gibran Menang Pilpres, KPK Yakin Indonesia Lebih Baik

Prabowo-Gibran raih 164,2 juta suara

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan pasangan capres-cawapres nomor urut dua Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang Pilpres 2024, berdasarkan rekapitulasi suara nasional. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) optimistis pemerintahan yang baru akan lebih baik.

"KPK meyakini kepemimpinan baru Republik Indonesia di periode mendatang akan membawa Indonesia melangkah maju lebih baik," ujar Juru Bicara KPK, Ali Fikri, dalam keterangan yang dikutip Jumat (22/3/2024).

Baca Juga: Prabowo-Gibran Sapu Bersih Kemenangan di 36 Provinsi pada Pilpres 2024

1. KPK ungkap komitmen Prabowo-Gibran berantas korupsi

Prabowo-Gibran Menang Pilpres, KPK Yakin Indonesia Lebih BaikKonferensi pers pasangan capres cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming raka, usai debat capres kelima yang digelar di JCC, Minggu (4/2/0224). (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

KPK pun akan mendukung program pemerintah berikutnya, khususnya terkait pemberantasan korupsi. Apalagi Prabowo-Gibran telah memaparkan komitmennya di depan KPK.

"Penguatan reformasi politik, hukum dan birokrasi serta memperkuat pencegahan dan pemberantasan korupsi; memperkuat KPK dan komitmen untuk memperketat seleksi pimpinan KPK sesuai standar tinggi, menjadi bagian dari fokus utama visi, misi dan strategi Pemerintah mendatang dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia," ujarnya.

2. KPK siap bersinergi

Prabowo-Gibran Menang Pilpres, KPK Yakin Indonesia Lebih BaikJubir KPK, Ali Fikri (IDN Times/Aryodamar)

Ali memastikan KPK siap bersinergi dengan seluruh penegak hukum dan masyarakat untuk mendukung komitmen Prabowo-Gibran memperkuat penegakan hukum di Indonesia. Khususnya pemberantasan korupsi.

"Karena penguatan pemberantasan korupsi akan berdampak positif dalam mendukung pembangunan dan kemajuan ekonomi bangsa, yang tentunya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara adil dan merata," ujarnya.

Baca Juga: Kasus SYL, KPK Panggil Ahmad Sahroni NasDem Hari Ini

3. Prabowo-Gibran raih 164,2 juta suara

Prabowo-Gibran Menang Pilpres, KPK Yakin Indonesia Lebih BaikGibran unggah foto berpelukan dengan Prabowo di Kertanegara (instagram.com/gibran_rakabuming)

KPU mengumumkan pasangan capres-cawapres nomor urut dua Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menang Pemilu Presiden 2024, Rabu, 20 Maret 2024.

Pengumuman hasil pemilu itu disampaikan Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari, setelah selesai penetapan rekapitulasi suara tingkat nasional 38 provinsi dan 128 titik pemungutan suara di luar negeri.

"Jumlah suara sah secara nasional sebanyak 164.227.475 suara," kata Hasyim dalam konferensi pers di Gedung KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu.

Prabowo-Gibran berhasil mengungguli dua pasangan kandidat lainnya dengan meraih 96.214.691 suara. Kemudian, paslon nomor urut satu, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar berada di urutan kedua dengan 40.971.906 suara. Terakhir, paslon nomor urut tiga, Ganjar Pranowo-Mahfud MD hanya mampu mengoleksi 27.040.878 suara.

Dari total 38 provinsi, Prabowo-Gibran berhasil menang di 36 provinsi. Anies-Muhaimin unggul di dua provinsi. Sementara, Ganjar-Mahfud tak unggul di provinsi mana pun.

Adapun, hasil Pilpres 2024 dituangkan dalam Surat Keputusan (SK) KPU tentang Penetapan Hasil Pemilu pada Tingkat Nasional. SK tersebut ditandangani oleh ketujuh Komisioner KPU RI.

SK ini akan digunakan sebagai objek gugatan bagi para peserta pemilu yang mengajukan sengketa perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya