Soal Kasus Suap Penyidik KPK, MAKI: Azis Syamsuddin Harus Klarifikasi!

"Kalau gak ada masalah, mestinya buka-bukaan"

Jakarta, IDN Times - Nama Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin disebut sebagai sosok yang mengenalkan Wali Kota Tanjungbalai, Sumatera Utara, M Syahrial, dengan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Stepanus Robin. Syahrial dan Stepanus kini telah ditahan KPK sebagai tersangka kasus dugaan suap.

Koordinator Masyarakat Antikorupsi (MAKI), Boyamin Saiman, pun meminta Azis segera tampil di hadapan publik dan mengklarifikasi terkait hal tersebut.

"MAKI memohon dan meminta kepada yang terhormat Azis Syamsudin sebagai pimpinan dan anggota DPR RI segera memberikan klarifikasi terbuka, karena apa pun, dia wakil rakyat. Sehingga wajib memberikan penjelasan kepada rakyatnya dalam bentuk jumpa pers atau melalui media sosial, sesuai pilihannya," kata Boyamin dalam keterangannya yang dikutip pada Minggu (25/4/2021).

1. Azis diminta blak-blakan

Soal Kasus Suap Penyidik KPK, MAKI: Azis Syamsuddin Harus Klarifikasi!ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Baca Juga: [BREAKING] KPK: Ajudan Azis Syamsuddin Sempat Hubungi Penyidik KPK

Boyamin mengatakan Azis tidak boleh menunda pemberian klarifikasi. Selain itu, ia meminta agar Azis tidak bersembunyi dengan jawaban singkat karena sedang berada di posisi yang tidak menguntungkan.

Sebab, jika sedang di posisi lain, Boyamin meyakini Azis akan memberi jawaban yang panjang. Ia pun mendesak Azis blak-blakan kepada publik.

"Jadi MAKI minta tolong kepada yang terhormat Azis Syamsudin untuk segera memberikan klarifikasi dalam bentuk jumpa pers dengan keleluasaan tanya jawab wartawan, tanpa dibatasi waktu maupun jumlah pertanyaan," ujar Boyamin.

2. Masyarakat bisa curiga pada Azis

Soal Kasus Suap Penyidik KPK, MAKI: Azis Syamsuddin Harus Klarifikasi!Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Jika belum mengklarifikasi, kata Boyamin, maka Azis akan merugikan diri sendiri. Sebab, hal tersebut akan menimbulkan kecurigaan publik.

"Masyarakat dapat dipastikan akan memaknai dengan hal-hal yang buruk berdasar dugaan keadaan yang disembunyikan," ujar Boyamin.

"Kalau tidak ada masalah mestinya buka-bukaan tanpa ada yang ditutupi," tambahnya.

3. Azis disebut kenalkan Syahrial dan Stepanus di rumahnya

Soal Kasus Suap Penyidik KPK, MAKI: Azis Syamsuddin Harus Klarifikasi!Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin (IDN Times / Irfan Fathurohman)

Sebelumnya, Ketua KPK Firli Bahuri mengungkapkan Azis mempunyai peran dalam kasus dugaan suap penyidik KPK oleh Syahrial. Azis disebut berperan mengenalkan Syahrial dan Stepanus di rumah dinasnya.

Menurut informasi, Syahrial sudah lama berteman dengan Azis lantaran sama-sama berada di Partai Golkar. Sedangkan, Firli mengatakan, ajudan Azis menghubungi Stepanus agar datang ke rumah dinasnya di Jaksel. 

"Setelah itu, AZ (Azis) langsung mengenalkan MS (Syahrial) dengan SRP (Stepanus) dan dalam pertemuan itu, MS (Syahrial) menyampaikan permasalahan terkait penyelidikan dugaan korupsi di Pemerintah Kota Tanjungbalai yang sedang dilakukan oleh KPK, agar tidak dinaikan ke tahap penyidikan," ungkap Firli ketika memberikan keterangan pers pada Sabtu (24/4/2021). 

Mantan Kapolda Sumatra Selatan itu juga menyebut Syahrial meminta kepada Stepanus agar kasus dugaan jual beli jabatan di Pemkot Tanjungbalai tidak diteruskan lagi. Namun, berdasarkan informasi, Stepanus bukan bagian dari tim penyidik yang mengurus perkara dugaan jual beli jabatan tersebut. 

Baca Juga: Azis Syamsudin Akui Suruh Puan Maharani Matikan Mikrofon Demokrat

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya