Kaesang dan Grace Natalie Tetap Optimistis PSI Lolos ke Senayan

PSI masih berada di kisaran 2,61 persen

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum dan Wakil Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep dan Grace Natalie mengungkapkan bahwa PSI optimistis akan lolos ke Senayan. Berdasarkan survei internal partai, PSI diperkirakan akan mencapai 4,2 persen suara di Pileg 2024 ini. Namun, dari hasil real count KPU di situsnya, pemilu2024.kpu.go.id, PSI masih berada di kisaran 2,61 persen, belum menembus angka 4 persen yang merupakan minimal batas parlemen.  

"Kita harus menunggu hasil lengkap dari rekapitulasi KPU. Kita juga kan sekarang masih proses, jadi kita tunggu,” ungkap Kaesang dalam konferensi pers yang membahas mengenai temuan 10 persen surat suara Caleg PSI yang tidak sah, di kantor DPP PSI, Jakarta Pusat, pada Jumat (16/2/2024).

1. Perolehan suara PSI naik empat kali lipat di Pemilu 2024

Kaesang dan Grace Natalie Tetap Optimistis PSI Lolos ke SenayanKetua Umum PSI Kaesang Pangarep beserta Wakil Dewan Pembina PSI Grace Natalie dan Tim Hukum PSI (IDN Times/Iglo Montana)

Dalam konferensi pers tersebut, Kaesang memberitahukan kepada awak media bahwa prestasi PSI di tingkat DPRD provinsi dan tingkat Kabupaten/Kota hasilnya cukup baik dengan peningkatan suara empat kali lipat dari Pemilu 2019 atau sekitar 400 persen.

"Yang di mana sekarang kita punya anggota dewan di provinsi itu 13 dan Alhamdulillah sekarang mungkin hampir 50," ujar Kaesang.

Selain itu, Kaesang juga mengucapkan terima kasih kepada pengurus, kader, caleg, dan simpatisan, yang selalu semangat dan kerja keras mempromosikan PSI ke masyarakat.    

Baca Juga: PSI Temukan 10 Persen Surat Suara Calegnya Tidak Sah

2. Update real count KPU, PSI belum tembus 4 persen

Kaesang dan Grace Natalie Tetap Optimistis PSI Lolos ke SenayanKetua Umum PSI Kaesang Pangarep beserta Wakil Dewan Pembina PSI Grace Natalie dan Tim Hukum PSI (IDN Times/Iglo Montana)

Per Jumat (16/2/2024) pukul 22.33 WIB, data real count KPU, menunjukkan bahwa dalam Pileg DPR 2024, perolehan suara PSI dalam tingkat nasional 1.162.200 suara atau (2,61 persen) dari total progress 380.923 dari 823.236 TPS (46,27 persen) di seluruh Indonesia.

"Kami di PSI optimis akan lolos ke Senayan, karena ada survei internal kami yang memperkirakan PSI 4 persen," ungkap Grace. 

Perihal perkiraan persentase terkait perolehan suara legislatif PSI ini, memang belum ada yang pasti. Karena memang belum ada keputusan final dari KPU juga. Hal ini jugalah yang kurang lebih ditambahkan Kaesang, di balik alasan mengapa PSI optimis lanjut Senayan.

"Tapi kan sekarang, kita tetap harus menunggu, hasil-hasilnya. Karena rekapitulasi KPU belum rampung dan kita harus menghargai suara masyarakat," ucapnya.

Baca Juga: PSI Optimistis Bisa Raih Kursi di Senayan, Ini Alasannya

3. 10 persen suara caleg tidak sah dan posko investigasi pemilu PSI

Kaesang dan Grace Natalie Tetap Optimistis PSI Lolos ke SenayanKetua Umum PSI Kaesang Pangarep beserta Wakil Dewan Pembina PSI Grace Natalie dan Tim Hukum PSI (IDN Times/Iglo Montana)

Dalam konferensi pers tersebut, Kaesang dan Grace ditemani Tim Hukum PSI yaitu Irma Hutabarat, Francine Widjojo, dan Martin Lukas Simanjuntak mengatakan bahwa saat ini PSI membentuk Posko Investigasi Pemilu. Hal ini dilakukan untuk menjadi langkah solusi atas permasalahan temuan dan laporan 10 persen suara dari caleg PSI tidak sah dari TPS di seluruh Indonesia.

"Ada angka lumayan tinggi, suara tidak sah di daerah-daerah tertentu. Artinya, apakah ini karena logistik rusak (banjir atau robek) atau kesalahan dalam pencoblosan," kata Martin.

Irma juga menambahkan bahwa mungkin bukan hanya suara legislatif PSI saja yang mengalami permasalahan ini. Selain itu, Francine juga menyampaikan nomor Posko Investigasi Pemilu yang bisa dihubungi oleh masyarakat dalam upaya ikut membantu menjaga dan mengawal suara kader PSI sampai putusan final KPU.

Berikut Nomor Posko Investigasi Pemilu yang bisa dihubungi:

- 082310878606

- 082310878604

- 082310878624

 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya