Viral Surat Imbauan Menpora Penonton Bioskop Nyanyikan Indonesia Raya

Belum ada tanggapan dari pengelola bioskop soal imbauan ini

Jakarta, IDN Times - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) membuat kebijakan baru untuk pengelola bioskop memutar lagu kebangsaan Indonesia Raya sebelum dilangsungkannya pemutaran film digelar di layar lebar seluruh Indonesia dengan menerbitkan surat imbauan pada Rabu (30/1).

Surat dengan Nomor 1.30.1/MENPORA/I/2019 itu langsung ditandatangani oleh Menpora, Imam Nahrawi di Jakarta dan ditembuskan kepada Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan; Menteri Komunikasi dan Informatika; serta Kepala Badan Ekonomi Kreatif.

1. Kemenpora ingin meningkatkan rasa nasionalisme lewat pemutaran lagu Indonesia Raya di bioskop

Viral Surat Imbauan Menpora Penonton Bioskop Nyanyikan Indonesia RayaUnsplash/Krists Luhaers

Dalam surat tersebut, dijelaskan bahwa alasan pemutaran lagu Indonesia Raya seraya dikuti nyanyain dari penonton bioskop adalah untuk meningkatkan rasa nasionalisme bangsa Indonesia. Selain itu, tujuan lain adalah untuk mewujudkan generasi muda yang bangga dan cinta Tanah Air.

Sejak Kamis ini memang surat imbauan tersebut sudah beredar luas di media sosial termasuk Twitter.

2. Ada akun di media sosial yang membuat polling tanggapan pemutaran lagu Indonesia Raya di bioskop

Bahkan, salah satu akun bernama @WatchmenID membuat polling di Twitter mengenai imbauan tersebut.

"Merespons surat himbauan untuk menyanyikan lagu kebangsaan sebelum pemutaran film di seluruh bioskop di Indonesia, menurut kalian bagaimana?" tulis @WatchmenID.

Ia pun menyediakan jawaban untuk bisa dijawab warganet di Twitter dengan alternatif, di antaranya: setuju, keren!; Ya udah sih ya; ngapain sih enggak penting.

Baca Juga: KPK Panggil Menpora Imam Nahrawi Hari Ini Terkait Suap Dana Hibah 

3. Banyak tanggapan lucu dari warganet terkait imbauan Kemenpora

Beragam tanggapan pun diberikan warganet yang menjawab polling tersebut. Salah satunya oleh akun pribadi bernama @luntang_luntung. Menurutnya, hal itu terlalu berlebihan karena menyita waktu lama untuk pemutaran film.

"Nope. Berlebihan sih. Udah iklan nya lama masih ditambah kayak gini makin lama nunggu filmnya anjer. Bisa dgn cara lain kali meningkatkan nasionalisme. Ga gini jg kali," tulis Lintang, pemilik akun @luntang_luntung.

Ada juga saran yang diberikan untuk Kemenpora diberikan oleh akun pribadi @itsriyobtw yang mengatakan bahwa lagu tersebut cocok diputar saat film yang diputarpun merupakan film Indonesia.

"Mungkin cocoknya kalau pas nonton film Indonesia aja. Soalnya kalau lagu Indonesia Raya nya diputar pas mau nonton film luar, rasa nasionalisme nya seketika langsung hilang lul," kata @itsriyobtw dalam cuitannya.

4. Belum ada tanggapan dari pengelola bioskop

Viral Surat Imbauan Menpora Penonton Bioskop Nyanyikan Indonesia RayaTwitter/@AlYippies

Hanya saja, sejauh ini belum ada tanggapan resmi dari pihak pengelola bisokop seperti apa mengenai imbauan yang baru dikeluarkan. Sementara, Pihak Kemenpora belum merespon saat dihubungi IDN Times.


Berikut isi lengkap surat tersebut:

Surat Himbauan Nomor 1.30.1/Menpora/1/2019 tentang Aktivitas Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya Sebelum Pemutaran Film

Dalam rangka meningkatkan rasa nasionalisme dan mewujudkan generasi muda yang bangga serta cinta tanah air, dengan ini kami menghimbau kepada para pengelola bioskop di seluruh Indonesia untuk dapat memutarkan sekaligus menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sebelum berlangsungnya setiap pemutaran film.

Demikian himbauan ini disampaikan untuk dapat dilaksanakan. Atas perhatian dan kerja samanya, kami ucapkan terima kasih.
Ditetapkan di Jakarta pada tanggal 30 Januari 2019
Menteri Pemuda dan Olahraga

Ttd
Imam Nahrawi

Tembusan:
1. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan
2. Menteri Komunikasi dan Informatika
3. Kepala Badan Ekonomi Kreatif.

Baca Juga: Kemenpora: Pengaturan Skor Bukan Pelanggaran Berat

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya