Densus 88 Tangkap 3 Teroris JI Ahli IT di Jawa Tengah

Ketiganya merupakan kepala dan anggota sub bidang IT JI

Jakarta, IDN Times - Datasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror menangkap tiga teroris jaringan Jemaah Islamiyah (JI) di Jawa Tengah (Jateng) pada Rabu (22/12/1021). Ketiganya ditangkap pada pagi hari di tiga tempat berbeda.

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Kombes Ahmad Ramadhan, mengatakan ketiganya memiliki peran yang sama sebagai kepala dan anggota sub bidang IT di JI Jateng.

“Pertama AP, ditangkap Rabu (22/12/2021) pukul 04.00 WIB berperan sebagai anggota JI dalam jabatan kepala sub bidang IT dalam jaringan JI Jateng,” ujar Ramadhan di Mabes Polri, Kamis (23/12/2021).

Baca Juga: Kapolri Rotasi 60 Pamen Densus 88 Antiteror Jelang Tahun Baru

1. Densus 88 tangkap 2 anggota sub bidang IT jaringan JI Jateng

Densus 88 Tangkap 3 Teroris JI Ahli IT di Jawa TengahIlustrasi tersangka (IDN Times/Mardya Shakti)

Selain AP, Densus 88 juga menangkap RL pada Rabu pukul 06.50 WIB di Jawa Tengah. RL merupakan anggota JI dan merupakan anggota sub bidang IT jaringan JI Jateng.

“Ketiga NT, ditangkap Rabu pukul 06.00 pagi, keterlibatan sebagai anggota JI dan anggota IT di jaringan JI Jateng,” ujar Ramadhan.

2. Densus 88 menangkap 3 teroris di Kalteng

Densus 88 Tangkap 3 Teroris JI Ahli IT di Jawa TengahIlustrasi ISIS, Teroris (IDN Times/Arief Rahmat)

Pada hari sebelumnya, Densus 88 menangkap lima terduga teroris jaringan Jemaah Ansharut Daulah (JAD) di Kalimantan Tengah (Kalteng) dan Kalimantan Selatan (Kalsel).

Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Pol Ahmad Ramadhan, menyampaikan bahwa Densus 88 awalnya menangkap tiga terduga teroris JAD di Kalteng pada 21-22 Desember 2021.

“Densus 88 Antiteror Polri melakukan penangkapan terhadap 3 orang tersangka yang mana dari 3 orang tersangka itu bagian dari terorisme JAD," kata Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (22/12/2021).

Namun demikian, Ramadhan belum menjelaskan lebih lanjut peran ketiga terduga teroris tersebut. Saat ini penyidik masih melakukan pemeriksaan terhadap ketiga terduga teroris.

"Densus 88 akan melakukan pendalaman dan pengembang untuk menentukan peran ketiga tersangka teroris tersebut,” ujar Ramadhan.

3. Densus 88 tangkap 2 teroris di Kalsel

Densus 88 Tangkap 3 Teroris JI Ahli IT di Jawa TengahIlustrasi Densus 88 Antiteror Polri (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Adapun dua teroris lainnya diringkus oleh Densus 88 di Kalsel. 

Update penangkapan tersangka teroris, benar Densus 88 Antiteror telah melakukan penangkapan dua tersangka teroris di Kalsel jaringan JAD,” ujar Ramadhan.

Dalam penangkapan ini, Ramadhan juga belum menjelaskan lebih lanjut peran kedua terduga teroris tersebut. Saat ini penyidik masih melakukan pemeriksaan terhadap keduanya.

“Kasusnya masih dikembangkan oleh Densus 88,” ujar Ramadhan.

Baca Juga: Densus 88 Tangkap 5 Teroris Jaringan JAD di Kalteng dan Kalsel

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya