SBY dan AHY Sambut Kedatangan Prabowo di Banda Aceh

Prabowo ke Aceh demi peringatan 19 tahun bencana tsunami

Banda Aceh, IDN Times - Presiden Indonesia keenam, Susilo Bambang Tudhoyono (SBY), dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyambut kedatangan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto di Hotel Hermes, Banda Aceh pada Selasa (26/12/2023) pagi.

Prabowo datang ke Aceh demi memperingati 19 tahun tragedi tsunami. Selain SBY dan AHY, kedatangan Prabowo juga disambut oleh ratusan pendukung dari Partai Demokrat yang sudah sejak pagi menunggu kehadiran Ketua Umum Partai Gerindra itu.

"Hari ini, 26 Desember 2023 tepat 19 tahun tragedi kemanusiaan terbesar sepanjang sejarah yaitu tsunami yang terjadi pada 26 Desember 2004 di Aceh yang lalu, dan tentu di hari baik untuk kita peringati peristiwa besar dan apa hikmah besarnya untuk bukan hanya masyarakat Aceh tapi juga bangsa Indonesia,” kata AHY di lokasi.

AHY menjelaskan, selain tsunami Aceh, mereka juga bakal memperingati perdamaian Aceh.

"Semangatnya adalah bagaimana Aceh bisa melampaui itu semua setelah konflik yang berkepanjangan puluhan tahun dan tsunami. Setelah itu, tercipta rekonstruksi dan stabilisasi, sehingga Aceh kini wajahnya sangat berbeda menjadi damai, tumbuh, maju berkembang, dan sejahtera," ujarnya.

Hari ini, genap 19 tahun tsunami Aceh, yang terjadi pada 26 Desember 2004. Gelombang tsunami menyapu Provinsi Aceh dan sekitarnya.

Sebanyak 166.080 orang meninggal dunia dan lebih dari 6.000 lainnya dinyatakan hilang, akibat bencana terdahsyat di Indonesia ini. Dikutip dari laman resmi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), gelombang tsunami yang menerjang Aceh saat itu tingginya mencapai 30 meter.

Baca Juga: Prabowo dan SBY Peringati 19 Tahun Tsunami Aceh Hari Ini

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya