Survei Internal TKN: Suara Jokowi-Ma’ruf di Jakarta Terancam

Juru bicara TKN, Irma Chaniago mengungkap penyebabnya

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) pemenangan Joko "Jokowi" Widodo-Ma'ruf, Irma Chaniago mengatakan, timnya harus bekerja lebih militan dari kubu lawan, Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Sandiaga - Sandiaga Uno. 

Menurut Irma, hasil survei internal TKN mengatakan suara Jokowi-Ma’ruf masih mengkhawatirkan untuk di daerah DKI Jakarta.

“Kita harus militan seratus kali lipat dari sebelah (BPN),” katanya saat menghadiri acara festival musik jalanan yang digelar oleh Laskar Rakyat Jokowi di Rumah Aspirasi, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Sabtu (10/11).

1. Suara Jokowi-Ma’ruf kalah di DKI Jakarta

Survei Internal TKN: Suara Jokowi-Ma’ruf di Jakarta TerancamIDN Times/Irfan Fathurohman

Irma mengakui bahwa suara DKI Jakarta untuk jagoannya, Jokowi-Ma’ruf masih mengkhawatirkan bahkan bisa dikatakan kalah dengan pasangan Prabowo-Sandiaga. Menurutnya, hal itu merupakan efek Pemilihan Gubernur DKI Jakarta, beberapa waktu lalu.

“Iya memang DKI kita masih kena efek Pilkada DKI sepertinya. Tapi Alhamdulillah dengan adanya KH Ma’ruf Amin dan relawan yang bergerak demikian cepat, Insya Allah DKI bisa kita rebut ke depan," kata Irma. 

TKN masih memiliki waktu sekitar lima bulan untuk menaikkan suara Jokowi-Ma'ruf di DKI Jakarta.  "Efektifnya empat bulan," kata dia. 

Baca Juga: Sandiaga Uno Sebut Akan Jadi Orang Pertama yang Beli Mobil Esemka

2. Salah satu trategi menangkan suara DKI Jakarta lewat musisi jalanan

Survei Internal TKN: Suara Jokowi-Ma’ruf di Jakarta TerancamIrma Chaniago (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Dalam usaha memenangi suara DKI Jakarta, Irma menilai perlu ada strategi-strategi khusus untuk menyaring suara DKI Jakarta lewat elemen masyarakat. Salah satunya dengan menggalang dukungan dari musisi jalanan yang akan turut mengkampanyekan Jokowi-Ma’ruf lewat lagu-lagu jalanan yang akan dinyanyikan selama ‘ngamen’.

“Nah ini suatu hal yang luar biasa, menurut saya.  Ini dari hati nurani mereka sendiri mereka turun menyuarakan bagaimana sih sebenarnya kinerja Pak Jokowi dan Pak Jokowi memang pantas untuk dipilih,” kata Irma.

3. TKN akan menggalang suara di akar rumput

Survei Internal TKN: Suara Jokowi-Ma’ruf di Jakarta TerancamIDN Times/Irfan Fathurohman

Selain lewat musisi jalanan, Irma mengungkapkan bahwa TKN tengah menyiapkan penggalangan suara dari akar rumput.

“Nah kemudian setelah ini kita akan terus berjalan, teman-teman juga sedang berjalan untuk kembali merekatkan elemen-elemen yang lain juga untuk mendeklarasikan diri untuk mendukung Jokowi," jelasnya.

Dia mengklaim, akan ada tiga elemen di tataran akar rumput yang akan mendeklarasikan mendukung Jokowi-Ma'ruf, namun menolak menjelaskan lebih lanjut. "Gak usah saya sebut karena nanti ga surprise ya," imbuhnya. 

4. Kenapa sasarannya akar rumput?

Survei Internal TKN: Suara Jokowi-Ma’ruf di Jakarta TerancamIDN Times/Irfan Fathurohman

Irma mengatakan, tujuan TKN membidik akar rumput karena untuk menghadang berita-berita hoaks, fitnah, dan SARA yang kerap menyebar di tengah masyarakat. Selama ini, kata Irma, kelompok masyarakat di akar rumput kerap menjadi target berita-berita hoaks, fitnah, SARA. 

"(Akar rumput) jadi sasaran kelompok tidak bertanggung jawab yang memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa, memecah belah antar umat beragama. Di akar rumput ini yang rawan," imbuhnya.

Oleh karena itu, TKN mengaku ingin menerjunkan semua juru bicara ke akar rumput agar kelompok ini bisa mendapatkan "informasi yang tepat."

Baca Juga: Jokowi Siapkan Rumah DP 0 Persen, Sandiaga Senang Konsepnya Ditiru

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya