8 Selebritas Pertama Kali Nyaleg Potensi Lolos ke Parlemen 

Ada Komeng hingga Verrell

Jakarta, IDN Times - Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 turut dimeriahkan kalangan selebritas. Di antara mereka ada pendatang baru yang bernasib mujur, yang berpotensi lolos ke parlemen sebagai penyambung lidah rakyat. 

Dilihat dari real count atau penghitungan suara di situs Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Kamis (22/2/2024) pukul 14.00 WIB, berikut deretan selebritas yang berpotensi lolos ke Senayan, walaupun baru pertama kali menjadi caleg pada pesta demokrasi tahun ini.

Baca Juga: Once Ungguli Suara Masinton dan Eriko Sotarduga di Dapil DKI Jakarta

1. Once Mekel

8 Selebritas Pertama Kali Nyaleg Potensi Lolos ke Parlemen Dewan Penasihat TKN Ganjar-Mahfud, Yenny Wahid dan Once Mekel menyanyikan lagu ''Untuk Indonesia'' di kampanye terbuka capres dan cawapres nomor urut 03, Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Lapangan Pancasila Simpanglima Semarang, Sabtu (10/2/2024). (Youtube.com/PDI Perjuangan)

Once Mekel yang dikenal sebagai penyanyi dan juga vokalis band Dewa-19, telah mencalonkan diri sebagai caleg DPR RI dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Once bertarung memperebutkan suara pemilih di dapil DKI Jakarta II, yang mencakup Kota Jakarta Pusat, Kota Jakarta Selatan, dan Luar Negeri. 

Meski pertama kali menjadi caleg, Once berhasil memimpin perolehan suara di partainya dengan mendapatkan suara sebesar 24.624.

Ia mengalahkan suara rekan separtainya Prasetyo Edi Marsudi dan Masinton Pasaribu, yang masing-masing hanya memperoleh suara 14.142 dan 19.180.

2. Verrell Bramasta

8 Selebritas Pertama Kali Nyaleg Potensi Lolos ke Parlemen Verrell Bramasta, Caleg DPR RI Dapil 7 Jabar. (IDN Times/Imam Faishal)

Pendatang baru lainnya adalah pesinetron Verrell Bramasta yang menjadi caleg DPR RI dari Partai Amanat Nasional (PAN) untuk dapil Jawa Barat VII yang mencakup Kabupaten Bekasi, Karawang, dan Purwakarta. Kabupaten Cirebon, Indramayu, dan Kota Cirebon.

Verrell sementara ini memperoleh 21.567 suara. Mengalahkan sembilan rekan separtainya. Di dapil yang sama, dia juga mengalahkan politikus senior dari PDIP Rieke Dyah Pitaloka yang memperoleh 15.308 suara, Saan Mustopa dari Partai NasDem dengan suara 16.579, dan Aldi Taher dari Partai Perindo dengan 1.796 suara. 

3. Denny Cagur

8 Selebritas Pertama Kali Nyaleg Potensi Lolos ke Parlemen potret Denny Cagur (instagram.com/dennycagur)

Komedian Denny Cagur juga turut meramaikan Pileg 2024 sebagai caleg DPR RI dari PDIP, untuk dapil Jawa Barat II yang mencakup Kabupaten Bandung dan Bandung Barat. 

Denny berhasil mengumpulkan 21.088 suara, yang membuatnya berada di nomor satu di partainya untuk dapil Jawa Barat II. Dia mengalahkan suara rekannya, Hengki Kurniawan dengan 18.907 suara.

4. Narji

8 Selebritas Pertama Kali Nyaleg Potensi Lolos ke Parlemen Narji dan Ramzi sebagai MC acara kampanye akbar Anies dan Muhaimin di JIS pada Sabtu (10/2/2024). (youtube.com/TV POOL METRO TV)

Sunarji atau lebih dikenal Narji yang merupakan rekan komedian Denny Cagur juga berpotensi menduduki kursi DPR RI dari Partai Keadilan Sejahter (PKS) dapil Jawa Tengah X, yang terdiri Kabupaten Batang, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Pemalang, dan Kota Pekalongan. Narji memperoleh 10.986 suara, tertinggi di urutan kedua di partainya. 

5. Lula Kamal

8 Selebritas Pertama Kali Nyaleg Potensi Lolos ke Parlemen (Instagram/@lulakamaldr)

Berada di belakang Uya Kuya di dapil DKI Jakarta II, aktris sekaligus dokter Lula Kamal juga berpotensi menduduki kursi DPR RI dari Partai Amanat Nasional (PAN). 

Lula sementara mendapat 14.006 suara, di bawah rekan separtainya Uya Kuya yang mendapat 42.000 suara. Kendati, Lula Kamal berhasil mengalahkan rekan separtainya Adhyaksa Dault yang hanya memperoleh 5.846 suara. 

Di dapil yang sama, Lula Kamal kalah tipis dengan politikus senior PDIP Prasetyo Edi Marsudi yang memperoleh 14.216 suara dan politikus Partai Golkar Christina Aryani yang mendapat 15.239 suara.

Lula Kamal berhasil mengalahkan dua politikus senior dari Partai NasDem Effendy Choirie atau Gus Choy yang hanya mendapat 7.419 suara dan Okky Asokawati yang mendapat 6.977 suara.

Di dapil yang sama, Lula juga mengalahkan suara eks politikus senior Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Triwisaksana yang kini menjadi politikus Partai Gelora, dengan memperoleh 2.834 suara, dan legenda bulu tangkis Indonesia Icuk Sugiarto dari Partai Hanura yang mendapat 2.555 suara, serta Prabu Revolusi dari Partai Perindo yang mendapat 2.307 suara.

6. Melly Goeslaw

8 Selebritas Pertama Kali Nyaleg Potensi Lolos ke Parlemen OOTD Melly Goeslaw (instagram.com/melly_goeslaw)

Pelantun tembang Gantung, Melly Goeslaw juga memimpin suara Partai Gerindra untuk caleg DPR RI dari dapil Jawa Barat I yang mencakup Kota Bandung dan Kota Cimahi. Dia berhasil mengumulkan 26.698 suara. Dia memimpin suara enam caleg lainnya di partainya.

Di dapilnya, Melly juga berhasil mengalahkan penyanyi yang juga mantan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha yang memperoleh 15.063 suara dan penyanyi sekaligus aktor Marcell Siahaan yang merupakan caleg dari PDIP yang hanya memperoleh 4.268 suara.

Selain itu, Melly juga mengalahkan suara politikus senior Partai Golkar Nurul Arifin yang memperoleh 23.014 suara, dan Muhammad Farhan dari Partai NasDem dengan 19.647 suara, Rico Marbun dari Partai Gelora dengan 4.133 suara, serta Wakil Ketua Umum Partai Perindo yang juga eks anggota KPU RI Ferry Kurnia Rizkiyansyah yang hanya mendapat 1.622 suara. 

7. Jihan Fahira

8 Selebritas Pertama Kali Nyaleg Potensi Lolos ke Parlemen potret Jihan Fahira (instagram.com/jihanfahirareal)

Selain DPR RI, ada juga beberapa selebritas yang mencalonkan diri sebagai anggota DPD RI, seperti aktris sinetron Jihan Fahira

Istri dari selebritas Primus Yustisio itu memperoleh 707.883 suara atau 6,97 persen, yang menempatkan di belakang Aanya Rina Casmayanti dan komedian Komeng yang memperoleh 2.030.259 suara atau 19,99 persen. 

Sebelumnya, Jihan Fahira sempat menjadi pesaing berat Komeng, sebelum disusul Aanya Rina Casmayanti yang merupakan pengusaha sukses asal Bandung, yang memperoleh 843.340 suara atau 8,3 persen.

8. Komeng

8 Selebritas Pertama Kali Nyaleg Potensi Lolos ke Parlemen potret Komeng (instagram.com/komeng.original)

Berada di dapil yang sama dengan Jihan Fahira, komedian yang kenal dengan jargon "Uhuy" itu telah menempatkan sebagai peringkat pertama hasil suara DPD Jawa Barat. 

Tercatat dengan nama panjangnya Alfiansyah Komeng, mantan anggota grup komedian Diamor itu memperoleh 2.030.259 suara atau 19,99 persen di dapil Jawa Barat. 

Komeng menjadi satu-satunya caleg DPD RI mempunyai pose foto di kertas suara yang unik, dengan gaya yang tidak biasa. Bahkan, lantaran fotonya itu, ia sempat viral usai pemungutan suara Pemilu 2024.  

Topik:

  • Sunariyah
  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya