Teknologi Makin Cangih, Menkominfo Sebut Pemilu 2024 Bakal Transparan 

Masyarakat simpan bukti proses pemilu

Jakarta, IDN Times - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi mengungkapkan, keberadaan teknologi digital yang makin canggih dan akses internet merata jadi faktor sukses pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Hal ini, kata dia, bisa membuat pemilu berjalan transparan.

"Saya yakin dengan kemajuan teknologi ini semuanya serba cepat, serba transparan, mau curang dari mana, pasti langsung divideokan dan viral kalau ada intimidasi atau kecurangan," kata dia dalam petikan wawancara, dikutip Selasa (6/4/2024).

Baca Juga: Ketua KPU Kena Sanksi Pelanggaran Etik, PDIP: Itu Sangat Serius!

1. Masyarakat pasti akan simpan bukti

Teknologi Makin Cangih, Menkominfo Sebut Pemilu 2024 Bakal Transparan Dok. Kota Tangerang

Dia mengatakan, pascapenghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS), pemilih pasti akan memotret formulir C1 dan menyebarkannya melalui media sosial.

“Sehingga tidak ada peluang bagi siapapun untuk mengubah hasil tersebut. Sistem, teknologi sudah lebih maju, partisipasi masyarakat tinggi, kan di TPS difotoin semua itu C1. Formulir C1 820 ribu TPS pasti akan ada semua," kata dia.

Baca Juga: Polda NTB Terjunkan 7.629 Personel Amankan TPS saat Pemilu 2024 

2. Minta masyarakat tidak sebarkan narasi negatif

Teknologi Makin Cangih, Menkominfo Sebut Pemilu 2024 Bakal Transparan Menkominfo Budi Arie Setiadi saat berkunjung ke kantor IDN Media HQ pada Jumat (8/12/2023). (IDN Times/Tata Firza)

Budi Arie meminta masyarakat tetap menjaga kredibilitas lembaga penyelenggara pemilu. Selain itu, dia juga mendorong masyarakat mengawasi jalannya pemilu serta tidak menyebarkan narasi negatif.

"Yang dirugikan adalah kredibilitas lembaga penyelenggara pemilu, demokrasi kita yang rugi, sekarang ini saatnya untuk sama-sama masyarakat mengawasi," ujarnya.

Baca Juga: KPU Pastikan Jemaah Umrah Gak Bisa Nyoblos di Arab Saudi

3. Memastikan semua pemilih bisa gunakan haknya

Teknologi Makin Cangih, Menkominfo Sebut Pemilu 2024 Bakal Transparan Ilustrasi TPS. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Dia juga meminta semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan pemilu memastikan semua pemilih dapat menggunakan hak pilih dengan baik.

"Kami mengharapkan saatnya kedaulatan rakyat ini diwujudkan dengan mendatangi TPS pada tanggal 14 Februari 2024 dan menggunakan hak pilih sebaik-baiknya," katanya.

 


Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Soal Putusan DKPP Terhadap KPU,Cak Imin: Demokrasi Jangan Dipermainkan

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya