Ini Profil Tarissa Maharani, Pembawa Baki Bendera di Istana Merdeka

Ia dipilih beberapa jam sebelum upacara

Jakarta, IDN Times - Peringatan upacara detik-detik proklamasi tidak akan lengkap tanpa pengibaran Sang Saka Merah Putih. Berbeda di negara lain, bendera merah putih di Indonesia dibawa oleh pasukan pengibar sebelum akhirnya membentang di tiang bendera. 

Pasukan pengibar bendera (Paskibraka) menjadi salah satu atraksi yang selalu dinanti oleh para tamu di Istana Merdeka. Sebab, paskibraka terdiri dari siswa SMA yang datang dari seluruh Indonesia. Mereka melalui proses seleksi yang ketat dan diberi pelatihan ala militer. 

Ada 68 anggota paskibraka yang mewakili 34 provinsi di Indonesia pada tahun ini. Mereka dibagi menjadi dua tim, yaitu Tim Nusa dan Tim Bangsa. Tim Nusa mendapat tugas untuk upacara pengibaran bendera di Istana Negara pagi ini pukul 10.00 WIB. Sementara, tim Bangsa akan bertugas pada upacara penurunan bendera pukul 17:00 WIB.

Di tim Nusa, pembawa baki bendera merah putih terpilih adalah Tarrisa Maharani Dewi-lah. Penasaran dengan sosok Tarrisa? Yuk, kita kenalan. 

1. Perwakilan dari Jawa Barat

Ini Profil Tarissa Maharani, Pembawa Baki Bendera di Istana Merdeka(Tarissa Maharani Dewi) www.instagram.com/@tarissamaharanidewi

Tarrisa adalah anggota paskibraka perwakilan dari Jawa Barat. Perempuan kelahiran 10 Juli 2002 ini merupakan plajar kelas X SMA Terpadu Krida Nusantara, Bandung.

Baca Juga: Wajib Tahu, Nih Fakta Menarik Di Balik Paskibraka Indonesia

2. Nama Tarissa dipilih beberapa jam sebelum upacara

Ini Profil Tarissa Maharani, Pembawa Baki Bendera di Istana Merdeka(Tarissa Maharani Dewi) www.instagram.com/@tarissamaharanidewi

Nama Tarissa diumumkan hanya beberapa jam sebelum upacara dilangsungkan. Itu memang menjadi tradisi paskibraka. Namun, semua personelnya diberikan pelatihan yang sama. Pembina Paskibraka Nasional 2018 Suyitno mengatakan, panitia memilih siswa atau siswi dengan prestasi dan kemampuan terbaik sebagai pembawa baki bendera pusaka.

"Semua diberikan pelatihan dan peluang yang sama," ujar Suyitno, seperti dilansir Antara pada Rabu (15/8/18).

3. Makna formasi barisan paskibraka

Ini Profil Tarissa Maharani, Pembawa Baki Bendera di Istana Merdeka(Tarissa Maharani) Screenshot tayangan Metro TV

Paskibraka Nasional ternyata memiliki formasi khusus saat bertugas untuk mengibarkan maupun menurunkan bendera. Formasi tersebut terbagi menjadi tiga, yaitu pasukan 17, pasukan 8 dan pasukan 45.

Pembina Paskibra 2017 Wahyu Saputra menuturkan filosofi dari angka 17-8-45 sesungguhnya adalah hari kemerdekaan Indonesia.

 

"Tanggal 17 kan hari kemerdekaan kita, ditunjukkan dengan barisannya, biarpun tidak 17 orang, tapi kan itu disebutnya kelompok 17, kan ada 34 provinsi sekarang. Jadi mengartikan 17, 8, 45 sebagai hari kemerdekaan," ujar Wahyu kepada media pada Selasa (14/8).

Baca Juga: Millennials Terpilih Paskibraka 2018 Diajak untuk Tangkal Hoax

Topik:

Berita Terkini Lainnya