Comscore Tracker

Keren! Sutopo Kembali Dapat Penghargaan

Kali ini Sutopo jadi The Most Inspirational ASN 2018

Jakarta, IDN Times – Dewan Juri Aparatur Sipil Negara (ASN) 2018 menobatkan Kepala Pusat Data dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, sebagai The Most Inspirational ASN 2018. Penghargaan ini diberikan pada Selasa (11/12), dalam acara Malam Apresiasi Anugerah ASN 2018 di TVRI Jakarta.

Ini menjadi penghargaan ketiga yang diterima Sutopo. Pada Oktober 2018, Sutopo menerima penghargaan dari Kementerian Komunikasi dan Informasi. Tak tanggung-tanggung, dua penghargaan dibawa pulang oleh Sutopo kala itu.

1. Menjadi yang paling menginspirasi sepanjang 2018

Keren! Sutopo Kembali Dapat Penghargaandok. IDN Times/Istimewa

Dari penghargaan yang diperoleh, Selasa (11/12) lalu, Sutopo ditetapkan sebagai ASN paling menginspirasi sepanjang tahun 2018. Hal ini tak lepas dari kisah pelayanan Sutopo selama menjabat sebagai Kepala Pusat Data dan Humas BNPB.

Tengah berjuang melawan sel kanker yang menggerogoti tubuhnya, Sutopo masih dengan maksimal melayani masyarakat. Menyebarkan informasi utama kepada media tentang bencana yang tengah terjadi di Indonesia dengan cepat dan akurat.

Baca Juga: Sutopo BNPB Terima Penghargaan The First Responders 2018

2. Sutopo sudah raih dua penghargaan dari Kominfo

Keren! Sutopo Kembali Dapat PenghargaanIDN Times/Helmi Shemi

Pada Oktober 2018, Sutopo menerima penghargaan dari Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Republik Indonesia. Tak hanya satu, Sutopo bahkan bawa pulang dua penghargaan sekaligus.

Sutopo ditetapkan sebagai Tokoh Komunikasi Kemanusiaan oleh Kominfo. Selain itu, penghargaan sebagai Communicator of The Year 2018 juga dibawa pulang Sutopo. Keren ya Pak Sutopo!

3. Deretan prestasi Sutopo selama ini

Keren! Sutopo Kembali Dapat PenghargaanIDN Times/Margith Damanik

Tahun 2018 ini, tercatat setidaknya ada 11 penghargaan yang berhasil diraih Sutopo. Penghargaan membanggakan ini antara lain :

1.       Communicator of the Year 2018 dari Kominfo dan ISKI.

2.       The First Responders dari The Straits Times.

3.       Tokoh Komunikasi Kemanusiaan dari Kominfo dan ISKI.

4.       Tokoh Teladan Anti Hoax Indonesia 2018 dari Mafindo.

5.       IAGI Awards Bidang Komunikasi Bencana Alam dari Ikatan Ahli Geologi Indonesia.

6.       Outstanding Spokesperson of the Year 2018 dari Jakarta Foreign Correspondents  Club.

7.       Anugerah Perhumas 2018 Kategori Humas Pemerintah dari Perhumas Indonesia.

8.       PNS Inspiratif Terfavorit dari KemenPAN-RB.Ther Most Inspirational ASN 2018 dari KemenPAN-RB.

9.       5 Terbaik PNS Inspiratif 2018 dari KemenPAN-RB.

10.   10 Terbaik PPT Teladan 2018 dari KemenPAN-RB.

11.   Human Initiative Award 2018 dari PKPU.

Wah, selamat ya Pak Sutopo!

4. Terima 2 Penghargaan Paling Bernilai yang tak tertulis dan tanpa piala

Keren! Sutopo Kembali Dapat PenghargaanBiro Pers Istana/Laily Rachev

Namun dari sekian penghargaan yang diterima, Sutopo menyebut ada dua penghargaan yang lebih bernilai yang ia dapatkan, dan itu tidak tertulis dan tanpa piala. 

“Yaitu bertemu langsung dengan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor pada 5 Oktober 2018 lalu. Bahkan Presiden Jokowi menuliskan, "Tetaplah Menjadi Inspirasi” dalam foto yang Beliau tanda tangani,” tulis Sutopo dalam rilis yang dibagikannya, Rabu (12/12) sore.

Lantas penghargaan apa lagi?

“Juga bertemu dengan Raisa, saat video call dan  bertatap muka langsung. Dari 2 pertemuan tersebut memberikan pengaruh positif yang luar biasa bagi saya maupun buat netizen,” tambah Sutopo. Sutopo juga menyampaikan ucapan terima kasihnya pada masyarakat atas penghargaan dan doa yang tak putus diterimanya.

“Terima kasih atas semua penghargaan ini. Juga terima kasih atas doa yang diberikan oleh jutaan masyarakat, agar saya cepat sembuh dan dapat beraktivitas kembali. Semoga semua ini dapat menginspirasi kita semua,” katanya.

5. Penghargaan dipersembahkan untuk seluruh tim BNPB

Keren! Sutopo Kembali Dapat PenghargaanIDN Times / Helmi Shemi

Meraih sejumlah penghargaan, Sutopo tak lupa akan peran rekan-rekan kerjanya di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). “Tentu saja berderet penghargaan tersebut adalah hal yang harus disyukuri. Pujian ini sekaligus ujian agar lebih dapat meningkatkan kinerja untuk melayani masyarakat dengan lebih baik,” kata Sutopo.

Tak hanya itu, Sutopo juga mempersembahkan penghargaan ini untuk seluruh staf dan pimpinan BNPB. “Penghargaan ini adalah untuk semua pimpinan dan staf BNPB dan BPBD seluruh Indonesia yang terus mencurahkan pikiran dan tenaga, melindungi masyarakat dari bencana. Saya hanyalah sebagai juru bicara yang menyampaikan informasi kebencanaan kepada masyarakat,” kata Sutopo.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan media yang membantu tugas BNPB dan BPBD dalam menyampaikan berita kepada masyarakat luas. Media adalah pengganda BNPB yang luar biasa perannya dalam penanggulangan bencana. Jadi penghargaan itu juga untuk rekan-rekan media,” tambah dia.

Baca Juga: Sutopo BNPB Raih Penghargaan Tokoh Komunikasi Kemanusiaan

Topic:

  • Sunariyah

Just For You