Comscore Tracker

Tiket Masuk Pulau Komodo Bakal Naik Jadi US$500 

"Kita tidak tertarik dengan orang miskin yang datang."

Kupang, IDN Times - Pulau Komodo menjadi salah satu destinasi wisata kegemaran para wisatawan, baik asing dan mancanegara, semua berlomba mengunjungi Pulau Komodo di Indonesia.

Demi tetap menjaga cagar budaya milik Indonesia itu, Gubernur NTT, Viktor Laiskodat, mengusulkan agar tarif masuk Pulau Komodo dinaikan. Angka fantastis muncul dari mulut sang Gubernur.

1. Harga tiket masuk US$500

Tiket Masuk Pulau Komodo Bakal Naik Jadi US$500 IDN Times/Margith Juita Damanik

Harga tiket masuk ke Pulau Komodo yang berlaku saat ini dinilai terlalu murah oleh Viktor. Hal ini dinilai tidak sebanding mengingat Pulau Komodo merupakan cagar alam yang harus dijaga kelestariannya.


“Turis yang masuk harus bayar USD 500,"  kata Viktor saat membuka acara Collaborative Destination Development yang diadakan Angkasa Pura I di Hotel Aston Kupang,  NTT, Selasa (11/12). 

Saat ini harga tiket masuk ke Pulau Komodo berdasarkan Peraturan Pemerintah No 12 Tahun 2014 dan Keputusan Dirjen PHKA Nomor: SK.133/IV-SET/2014 sebesar Rp150 ribu untuk wisatawan mancanegara dan Rp 5.000 untuk wisatawan domestik.

Baca Juga: Gili Lawa Ditutup, Ini 7 Wisata Favorit di Taman Nasional Pulau Komodo

2. Gubernur NTT: Jangan murah!

Tiket Masuk Pulau Komodo Bakal Naik Jadi US$500 IDN Times/Margith Juita Damanik

“Pulau Komodo itu indah, eksotik dan langka, jangan dijual murah,” kata Viktor. Hal ini yang membuat Viktor merasa angka USD 500 tidak masalah untuk diterapkan.

Selain itu, menurut Gubernur yang baru menjabat lebih kurang 3 bulan ini, Komodo merupakan binatang purba langka dan dilindungi yang cuma ada di Indonesia. Hal ini seharusnya membuat nilai jual Pulau Komodo jauh lebih mahal.

3. Jaga aset dunia yang ada di Indonesia

Tiket Masuk Pulau Komodo Bakal Naik Jadi US$500 IDN Times/Margith Juita Damanik

Disampaikan oleh Viktor kenaikan tarif masuk Pulau Komodo berdampak pula bagi masyarakat. Menurutnya hal itu dapat menggenjot ekonomi masyarakat.

Ekonomi daerah dan warga sekitar akan tergenjot dengan kenaikan yang diterapkan. Hal ini akan membuat masyarakat akan lebih menjaga lingkungan di kawasan Pulau Komodo sehingga keberlanjutan industri wisata ke depan bisa terjaga.

4. Tak masalah tak ada turis

Tiket Masuk Pulau Komodo Bakal Naik Jadi US$500 IDN Times/Margith Juita Damanik

"NTT itu indah dan kecil, jadi kita tidak tertarik dengan jumlah turis yang datang. Jadi yang datang harus mengeluarkan biaya besar” kata Viktor.

Menurutnya, pada dasarnya Pulau Komodo merupakan lokasi untuk merawat, menjaga dan melindungi Komodo. Sehingga tidak masalah jika tak dikunjungi wisatawan.

5. Harga naik pertengahan tahun 2019

Tiket Masuk Pulau Komodo Bakal Naik Jadi US$500 IDN Times/Margith Juita Damanik

"Di Pulau Komodo, kita tidak tertarik dengan orang miskin yang datang. Dalam semangat kita peduli ingin Pulau Komodo ini dinikmati anak cucu kita, tiket masuk ke Pulau Komodo itu tidak boleh murah. Menjaga keberlanjutan itu mahal," sebut Viktor

Dijelaskan oleh Kepala Dinas Pariwisata NTT, Marius Ardu Jelamu, mengatakan kenaikan tarif masuk dapat mulai diterapkan pada pertengahan tahun 2019. “Secepatnya. Ya 6 bulan kedepan lah,” katanya.

Baca Juga: Tidak Masuk Akal, Beginilah Fakta Tarif Masuk Taman Nasional Komodo 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You