Kaesang soal Jokowi 3 Periode: Gak Usah, Aku yang Capek

Kaesang mengaku Jokowi jarang kumpul keluarga

Jakarta, IDN Times - Wacana jabatan presiden diperpanjang tiga periode beberapa hari terakhir menjadi perbincangan hangat. Sampai-sampai putra bungsu Presiden Joko “Jokowi” Widodo, Kaesang Pangarep, ikut buka suara soal wacana perpanjangan jabatan presiden yang memicu demo mahasiswa itu.

Kaesang mengatakan, menolak perpanjangan masa jabatan presiden. Pasalnya, selama sang ayah menjadi presiden, Kaesang juga merasa lelah.

“Enggak usah lah, ngapain, yang capek aku soalnya,” kata Kaesang dalam YouTube deHakims Story, Minggu (17/4/2022).

Baca Juga: Gibran Pengin Ikut Demo Tolak 3 Periode Presiden Jokowi di Solo

1. Kaesang ungkap ditawari masuk politik sejak 2019

Kaesang soal Jokowi 3 Periode: Gak Usah, Aku yang CapekIDN Time/Ganug Nugroho

Meski sang ayah dan kakaknya berkecimpung di dunia politik, Kaesang mengaku enggan mengikuti karier keduanya.

Dia mengaku tak memiliki passion di bidang politik. Kaesang lebih memilih menjadi pengusaha untuk membantu membuka lapangan pekerjaan di Indonesia.

Kaesang juga mengungkap bahwa pernah ada sejumlah tawaran pada 2019 lalu yang meminta dirinya untuk memasuki dunia politik. Namun, seluruh tawaran itu dia tolak.

“Dari 2019 ada (tawaran), dari DPR ada, semuanya ada. Ditolak, karena gak seru. Lebih enak gini (jadi pengusaha) mau ngapain aja bebas. Yang penting tanggung jawab,” ujar Kaesang.

2. Jokowi jarang kumpul keluarga

Kaesang soal Jokowi 3 Periode: Gak Usah, Aku yang CapekPresiden Joko "Jokowi" Widodo (kanan) bersama putra bungsunya Kaesang Pangarep (www.instagram.com/@kaesangp)

Ketika ditanya apakah keluarganya sering kumpul bersama, Kaesang mengaku hal itu jarang terjadi. Pasalnya sang ayah, kakak, dan kakak iparnya adalah pejabat yang punya banyak pekerjaan.

“Jarang (kumpul bareng keluarga), terakhir itu 2-3 minggu yang lalu waktu Bapak (Jokowi) ke Yogyakarta, kakak ipar (Bobby Nasution) ada acara di Bali, mas Gibran kan di Solo, jadi dateng,” kata dia.

Ketika berkumpul, ujar Kaesang, mereka tidak pernah membahas politik atau pekerjaan. Hal yang biasa dilakukan sang ayah adalah bermain bersama cucu.

Random banget omongannya. Gak pernah masalah politik, kerjaan juga. Paling sambil liatin cucu dan lain lain. Obrolannya receh semua,” ujar Kaesang.

3. Kaesang lebih senang jadi orang biasa

Kaesang soal Jokowi 3 Periode: Gak Usah, Aku yang CapekInstagram.com/@kaesangp

Kaesang mengaku lebih senang jadi orang biasa ketimbang sebagai anak presiden. Menurutnya, menjadi orang biasa lebih bisa bebas dari tuntutan rakyat dan bebas berekspresi.

Dia juga mengatakan, keistimewaan orang biasa yakni memiliki lebih banyak waktu untuk keluarga dan diri sendiri. Sementara, ia melihat sang ayah dan kakaknya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming, sangat sibuk dengan urusan pekerjaan hingga jarang memiliki waktu untuk keluarga.

“Iya bagus (jadi orang biasa). Seneng jadi orang biasa, lebih enak. Yang pejabat kan Bapak, kan kayak satu keluarga pejabat semua, Mas Gibran, kakak ipar (Wali Kota Medan Bobby Nasution), otomatis Ibu juga, kakak saya nomor dua juga (pejabat),” terang Kaesang.

“Kalau kumpul semua kayak kumpul pejabat. Orang sipil kayak saya, dateng bilang ‘misi pak’, yang sipil kan aku doang,” tambah Kaesang.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya