15 Menteri Diisukan Mundur, Jokowi: Wong Kita dari Pagi-Malam Rapat

Belasan menteri dikabarkan keluar dari kabinet Jokowi

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo merespons santai isu 15 menterinya di Kabinet Indonesia Maju akan mundur. Jokowi heran dengan munculnya isu tersebut.

"Kabarnya dari siapa? Wong kita dari pagi sampai sore, pagi, siang, malam kita rapat paripurna, rapat internal, rapat terbatas. Selalu gak pernah ada jedanya, setiap jam, setiap dua jam gonta-ganti rapat, gonta-ganti menteri juga (yang rapat), gak ada masalah," ujar Jokowi di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (20/1/2024).

Dalam acara Harlah ke-78 Muslimat NU itu, Jokowi menegaskan, setiap hari selalu rapat dengan menterinya di Kabinet Kerja.

"Menteri setiap hari kita ratas, setiap hari rapat internal, setiap hari dengan semua menteri atau dengan sebagian menteri," kata dia, tertawa.

Jokowi memaklumi isu miring ini muncul, karena saat ini sedang masuk tahun politik. 

"Ya namanya bulan politik, tahun politik, ya semua hal akan berkaitan dengan hal-hal yang bersifat politik. Tapi biasa kok, kita kerja biasa kerja rutin biasa," kata dia.

Isu sejumlah menteri bakal keluar dari kabinet Jokowi mulanya disampaikan ekonom senior Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Faisal Basri, dalam acara Political Economic Outlook 2024 di Tebet, Jakarta Selatan, Sabtu, 13 Januari 2024.

"Ayo sama-sama kita bujuk Bu Sri Mulyani, Pak Basuki, dan beberapa menteri lagi untuk mundur. Itu efeknya dahsyat. Secara moral, saya dengar Bu Sri Mulyani paling siap untuk mundur. Pramono Anung (Sekretaris Kabinet) sudah gagap. Kan PDI (PDI Perjuangan) belain Jokowi terus, pusing," ungkap Faisal. 

Faisal menyebut, Sri Mulyani dan menteri lainnya tengah menunggu waktu yang tepat untuk mundur dari kabinet.

Baca Juga: Hadiri Harlah ke-78 Muslimat NU, Jokowi: Jangan Mau Diadu Domba

Topik:

  • Rochmanudin
  • Fahreza Murnanda

Berita Terkini Lainnya