AHY Sebut Putusan di Tangan Prabowo soal Partai Lain Gabung Koalisi

AHY mengaku belum berbicara mengenai kursi menteri kabinet

Jakarta, IDN Times - Partai NasDem dan PKB diisukan akan bergabung ke Koalisi Indonesia Maju. Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhohyono, menyebut keputusan bergabungnya partai lain ke dalam koalisi berada di tangan Prabowo Subianto.

"Dari awal saya menyampaikan bahwa kita serahkan kepada Pak Prabowo, karena Beliau sebagai presiden terpilih sekaligus tentunya menjadi pemimpin koalisi. Dalam membangun koalisi tentu ada berbagai pertimbangan, berbagai faktor. Kita ingin tentu secara alami ingin koalisinya kuat, kuat di pemerintahan, kuat juga di parlemen karena kita ingin menghadirkan kebijakan-kebijakan, program-program yang perlu mendapatkan dukungan penuh dari parlemen," ujar AHY di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (24/4/2024).

AHY mengatakan, Demokrat juga memberikan masukan mengenai partai lain yang akan masuk ke koalisi. Meski demikian, semua keputusan muaranya ada di tangan Prabowo.

"Kita hanya memberikan masukan-masukan, yang jelas semangatnya adalah bagus kalau memang semakin kuat koalisi itu, tetapi terus dipertimbangkan faktor-faktor lainnya," kata dia.

Dalam kesempatan itu, AHY juga mengaku belum berbicara mengenai kursi menteri kabinet Prabowo-Gibran. Menurutnya, jabatan menteri merupakan hak prerogratif presiden.

"Kami sendiri sudah punya komitmen, tentunya yang saya yakin Beliau akan menjaga, sama-sama kita jaga komitmen itu, dan sekali lagi kalau Partai Demokrat tidak ingin menambah beban, karena saya tahu dalam posisi dan situasi seperti ini, banyak sekali yang harus dipikirkan," imbuhnya.

Baca Juga: AHY: Kompetisi Telah Berakhir, Saatnya Melakukan Rekonsiliasi

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya