Andika Perkasa Beri Masukan ke Ganjar soal Tema Debat Isu Pertahanan

Tema debat ketiga berkaitan dengan pertahanan, keamanan

Jakarta, IDN Times - Tiga calon presiden (capres) akan mengikuti debat ketiga pada 7 Desember 2023. Tema debat ketiga adalah pertahanan, keamanan, geopolitik, dan hubungan internasional.

Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Andika Perkasa mengaku sudah memberikan sejumlah masukan kepada Ganjar. Terutama yang berkaitan dengan isu pertahanan.

Sebab, Andika memiliki pengalaman sebagai Panglima TNI.

“Mas Ganjar bilang udah siap, tapi kita tetap memberikan masukan, jadi saya sendiri sudah memberikan masukan kepada tim yang akan mengumpulkan, menghimpun, semua isu-isu yang kemudian nanti dilaporkan ke Mas Ganjar,” ujar Andika di Media Center TPN Ganjar-Mahfud, Jakarta, Senin (1/1/2023).

Baca Juga: Anies dan Ganjar Pakai TikTok untuk Kampanye, Prabowo Belum

1. Ganjar juga dibantu tim lain

Andika Perkasa Beri Masukan ke Ganjar soal Tema Debat Isu PertahananGanjar Pranowo berkampanye di Palu, Sulawesi Tengah (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Andika mengatakan, Ganjar juga dibantu tim lain untuk mengumpulkan data mengenai tema debat ketiga capres 2024.

“Jadi menurut saya semua pasti akan berusaha membantu memberikan masukan terlepas dari apakah materi itu keluar atau tidak dalam debat nanti,” ucap Andika.

Baca Juga: TPN Ganjar-Mahfud Dampingi Proses Hukum Relawan Dianiaya Oknum TNI

2. Andika menjawab soal debat ketiga dinilai menguntungkan Prabowo

Andika Perkasa Beri Masukan ke Ganjar soal Tema Debat Isu PertahananAndika Perkasa (IDN Times/Aryodamar)

Dalam kesempatan itu, Andika menjawab soal tema debat ketiga dianggap menguntungkan Prabowo Subianto karena saat ini menjabat sebagai Menteri Pertahanan. Andika menyerahkan sepenuhnya penilaian kepada masyarakat.

“Semua punya hak, tetapi kan juga tergantung dari audience nanti menilai apakah ini orang tidak tahu, belum tentu, bahwa yang bersangkutan tidak menguasai kan belum tentu,” kata dia.

3. KPU belum mau sampaikan lokasi debat ketiga

Andika Perkasa Beri Masukan ke Ganjar soal Tema Debat Isu PertahananKomisioner KPU, August Mellaz (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Komisioner KPU, August Mellaz belum mau menyampaikan di mana lokasi debat ketiga akan berlangsung. Dia mengatakan, KPU masih membahasnya dengan televisi (TV) penyelenggara.

"(Lokasi) belum," ujar Mellaz di kantor KPU, Jakarta, Rabu (27/12/2023).

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya