Anies dan Ganjar Pakai TikTok untuk Kampanye, Prabowo Belum

Ganjar pengikutnya lebih banyak dari Anies di TikTok

Jakarta, IDN Times - Media sosial (medsos) menjadi salah satu alat kampanye yang dilakukan calon presiden dan calon wakil presiden 2024. Ada sejumlah platform yang digunakan, mulai dari Facebook, X, Instagram dan Twitter.

Kini, mereka juga mulai menggunakan TikTok sebagai alat peraga kampanye. Mereka yang sudah menggunakan adalah capres nomor urut 1, Anies Baswedan dan capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo.

Sedangkan nomor urut 2, Prabowo Subianto belum menggunakan TikTok.

Baca Juga: Anies Baswedan Kampanye di Live TikTok: Utamakan Dialog, Bukan Baliho

1. Jumlah pengikut Anies di TikTok

Anies dan Ganjar Pakai TikTok untuk Kampanye, Prabowo BelumCapres nomor urut satu, Anies Baswedan di acara Desak Anies Jakarta. (IDN Times/Amir Faisol)

Anies Baswedan menggunakan TikTok dengan akun @aniesbaswedan. Jumlah pengikutnya ada ada 805,6 ribu.

Akun Anies sudah mendapat like sebanyak 7,9 juta kali. Rata-rata jumlah like di TikTok Anies dalam 7 hari terakhir ada 220,5 ribu.

Video yang paling banyak ditonton di TikTok Anies adalah konten hubungannya dengan sang istri sebanyak 7,7 juta kali.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Sebut TikTok Shop Tak Bisa Dilarang

2. Pengikut Ganjar lebih banyak dari Anies

Anies dan Ganjar Pakai TikTok untuk Kampanye, Prabowo BelumGanjar Pranowo kampanye di Kendari, Sulawesi Tenggara (IDN Times/ilman Nafi'an)

Ganjar Pranowo memiliki akun TikTok bernama @ganjarpranowo dengan jumlah pengikut 7,2 juta. Akun tersebut sudah mendapat like sebanyak 187,2 juta kali.

Rata-rata jumlah video yang ditonton dalam 7 hari terakhir sekitar 539,9 kali. Sementara, video yang paling banyak ditonton adalah konten 'Ganjar Ketemu Anak Kecil di Jakarta' dengan views 71 juta kali.

3. Alasan Anies dan Ganjar pakai TikTok

Anies dan Ganjar Pakai TikTok untuk Kampanye, Prabowo BelumGanjar Pranowo dan Anies Baswedan (IDN Times/AryodamarANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Sebelumnya, Tim pemenangan nasional Anies-Muhaimin (AMIN) menyambut baik respons positif dari publik tentang debut Calon Presiden Nomor Urut 1, Anies Baswedan yang melakukan live streaming di TikTok pada 28 Desember 2023.

Jubir Timnas AMIN, Angga Putra Fidrian, mengatakan, ide live itu datang dari Anies sendiri. 

"Ide awalnya adalah gimana beliau nyaman live sendiri. Jadi, bisa lebih sering, kalau lagi di jalan bisa ditemani oleh teman-teman. Maka, judulnya 'Temani Saya di Jalan," ujar Angga melalui media sosial dan dikutip pada Sabtu (30/12/2023). 

Sementara itu, Deputi Kanal Media TPN, Karania Daharmasaputra, mengatakan Ganjar sudah lama menggunakan TikTok. Selain itu, Ganjar juga kerap live di TikTok ketika bertemu dengan masyarakat.

"Seperti yang tadi saya bilang itu kalau Mas Ganjar kan sebetulnya sudah duluan. Mas Ganjar sudah live TikTok, Instagram sudah duluan, Mas Alam sudah duluan," kata Karania di Media Center Ganjar-Mahfud, Jakarta, Senin (1/1/2024).

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya