Bertemu Seniman, Ganjar Janji Jaga dan Kembangkan Budaya Nasional

Ganjar sebut pemerintah harus memfasilitasi

Jakarta, IDN Times - Calon Presiden Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo, bertemu dengan sejumlah seniman di Sleman, Yogyakarta, Selasa (6/2/2024). Dalam pertemuan itu, Ganjar mengaku senang bisa diundang oleh pelaku seni jathilan atau kuda lumping.

“Kalau saya kecil itu kan di desa, ya, reog, jathilan, kemudian kesenian tradisional-tradisional yang ditarikan oleh siapa pun. Maka di Sleman mereka mengundang (saya) jathilan, masyarakat bisa berkumpul dengan bahagia, inilah seni-seni tradisional tidak hanya dilestarikan, tapi dikembangkan,” ujar Ganjar dalam keterangannya.

Baca Juga: Kaltim Jadi IKN, Ganjar Ingin Optimalkan SDM dan SDA

1. Ganjar apresiasi banyak anak muda yang ikut seni jathilan

Bertemu Seniman, Ganjar Janji Jaga dan Kembangkan Budaya NasionalGanjar Pranowo bertemu dengan seniman di Sleman (IDN Times/Istimewa)

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu mengaku senang ada banyak anak muda ikut terlibat dalam seni jathilan. Ganjar mengatakan, Indonesia merupakan negara yang kaya dengan seni dan budaya.

“Inilah anak-anak mudanya menarik, kostum juga bagus-bagus, mungkin nanti dengan festival dan akan bisa memberikan pesan kebaikan kepada masyarakat,” kata dia.

Baca Juga: Viral, Ganjar Pranowo Ajak Pendukung Prabowo-Gibran Makan Siang

2. Seni dan budaya harus dijaga dan dikembangkan

Bertemu Seniman, Ganjar Janji Jaga dan Kembangkan Budaya NasionalGanjar Pranowo bertemu dengan seniman di Sleman (IDN Times/Istimewa)

Dalam kesempatan itu, Ganjar juga berjanji akan menjaga, mengembangkan seni dan budaya Indonesia.

Ganjar mengatakan, pemerintah harus memberikan fasilitas agar seni dan budaya Indonesia tetap terjaga.

“Kalau punya budaya yang baik, yang bagus, maka harus dikembangkan. Maka kemarin dalam perdebatan kemarin, muncul bagaimana kebudayaan bisa tumbuh dan tidak terhalang oleh birokrasi, maka birokrasi memfasilitasi pelaku seni dan budayanya yang melaksanakan, itu pasti akan tumbuh,” ucap dia.

Baca Juga: Ganjar Diminta Njathil saat Hadiri Acara di Turi Sleman

3. Seni juga bisa menjadi alat kritik

Bertemu Seniman, Ganjar Janji Jaga dan Kembangkan Budaya NasionalGanjar Pranowo bertemu dengan seniman di Sleman (IDN Times/Istimewa)

Lebih lanjut, Ganjar menyampaikan, seni juga bisa menjadi alat kritik terhadap penguasa. Oleh karena itu, pemerintah seharusnya tidak perlu tersinggung apabila ada kata-kata satir yang dikeluarkan oleh pelaku seni.

“Memang ada kadang-kadang budaya satir kritik kepada pemerintah dan seperti itu jangan baper. Umpama kaya Mas Butet (Butet Kartaredjasa) dia aktor sangat bagus sekali tapi kadang-kadang kalimatnya nyindir, kalimat-kalimatnya kritik sosial, dan ini harus memperbaiki. Kita dengarkan sebagai sebuah eskpresi kebebasan yang ada di masyarakat dan itu akan berkembang dengan sangat baik,” imbuhnya.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Cerita Ganjar Kampanye Dihadang Spanduk 02: Tak Ajak Makan

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya