Elite Partai Ummat Mundur, Amien Rais Gagal Dirikan Parpol?

Partai Ummat harus berbenah usai Neno-Mozin mundur

Jakarta, IDN Times - Founder Lembaga Survei KedaiKOPI, Hendri Satrio, menanggapi soal langkah Neno Warisman dan Agung Mozin, yang memutuskan keluar dari Partai Ummat. Dia berpendapat lebih baik keluar sekarang, apabila sudah tak sejalan dengan partai yang didirikan Amien Rais itu.

"Ya kalau keluar sekarang menurut saya sih gak apa-apa ya, dari pada nanti sudah kelamaan terus keluar, itu dampaknya nanti lebih besar," ujar Hendri kepada IDN Times, Senin (4/7/2021).

Baca Juga: Neno Warisman Mundur dari Partai Ummat, Ingin Fokus Urus Anak

1. Keluarnya Neno Warisman dan Agung Mozin pengaruhi Partai Ummat?

Elite Partai Ummat Mundur, Amien Rais Gagal Dirikan Parpol?Neno Warisman (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Hendri mengatakan, keluarnya Neno Warisman dan Agung Mozin tentu berdampak bagi Partai Ummat. Dia menyarankan agar Ummat melakukan pembenahan.

"Hari ini dia (Partai Ummat) juga belum terbukti bisa besar," katanya.

Meski di Partai Ummat ada Amien Rais, kata Hendri, tokoh reformasi 1998 itu belum tentu bisa membuat partainya besar.

"Ada Amien Rais, ya, tapi kalau kemudian Amien Rais bisa menjamin Partai Ummat akan besar, ya belum tentu," katanya.

Baca Juga: Agung Mozin Hengkang dari Partai Ummat, Kini Dirikan 'Satu Jari'

2. Neno Warisman mundur dari Partai Ummat karena ingin fokus urus anak

Elite Partai Ummat Mundur, Amien Rais Gagal Dirikan Parpol?IDN Times/Irfan Fathurohman

Sebelumnya, Neno Warisman memutuskan mengundurkan diri dari Partai Ummat besutan Amien Rais. Surat pengunduran diri juga sudah diterima partai.

"Iya, kita sudah menerima surat pengunduran diri dari Bunda Neno," ujar Sekretaris Syuro Partai Ummat, Ansufri Idrus Sambo dalam keterangan tertulisnya, Minggu (3/10/2021).

Sambo menjelaskan, alasan Neno mundur dari Partai Ummat karena ingin fokus mengurus anak. Di Ummat, Neno menjabat sebagai Wakil Ketua Majelis Syuro.

"Dengan alasan beliau ingin fokus mengurus putri beliau di Turki, khawatir tidak bisa aktif maksimal di Partai Ummat," katanya.

3. Partai Ummat hargai keputusan Neno Warisman

Elite Partai Ummat Mundur, Amien Rais Gagal Dirikan Parpol?Agung Mozin (facebook.com/agungmozin)

Sambo mengatakan, Partai Ummat menghargai keputusan Neno mundur dari partai. Meski Neno sudah tak menjadi bagian dari Ummat, kata dia, silaturahmi tetap terjalin baik.

"Pada hakikatnya kita menghargai alasan pribadi bunda Neno untuk mundur dari Majelis Syuro, Partai Ummat," ucapnya.

4. Agung Mozin juga mundur dari Partai Ummat

Elite Partai Ummat Mundur, Amien Rais Gagal Dirikan Parpol?Loyalis Amien Rais, Agung Mozin, keluar dari Partai Ummat (Facebook.com/Agung Mozin)

Agung Mozin juga mengundurkan diri dari kursi Wakil Ketua Umum Partai Ummat pada Agustus 2021. Namun, Agung mengaku berat hati meninggalkan Ummat.

"Saya pergi meninggalkan Partai Ummat dengan hati yang berat mengingat perjuangan dan harapan kader, bahkan umat Islam secara keseluruhan sebagai partai alternatif di tengah melemahnya partai-partai," ujar Agung saat dihubungi IDN Times, Jumat (3/9/2021).

"Dalam kesempatan ini saya ingin memohon maaf kepada sahabatku semua yang telah saya ajak bersama, Partai Ummat ternyata jauh dari harapan kita semua. Padahal partai itu saya yang dirikan dengan Pak Amien Rais," kata dia, melanjutkan.

Agung menjelaskan, Partai Ummat didirikan untuk mengedepankan nilai-nilai Islam di Indonesia. Namun setelah partai itu berdiri, Agung mengaku, mendapat perlakuan kurang mengenakkan.

"Partai Ummat mengedepankan nilai-nilai Islami (tapi) justru yang saya alami adalah praktik feodalisme. Seperti perlakuan yang tidak pantas dilakukan seorang tokoh besar yang saya banggakan menurut ukuran saya, (tapi) tidak bijak ketika mendapat masukan dari anak-anaknya yang ingin terlibat penuh dalam tata kelola partai," beber Agung Mozin.

Baca Juga: Neno Warisman Mundur dari Partai Ummat, Ingin Fokus Urus Anak

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya