Jokowi ke Amerika, Ma'ruf Amin Jadi Plt Presiden

Ma'ruf Amin bertugas sebagai pelaksana tugas (Plt) Presiden

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 6 Tahun 2022. Keppres itu berisi tentang penugasan Wakil Presiden Ma'ruf Amin melaksanakan tugas presiden.

Keppres tersebut menugaskan Ma'ruf Amin untuk melaksanakan tugas sehari-hari Presiden sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Sebab, Jokowi saat ini sedang melaksanakan kunjungn kerja ke Amerika Serikat pada 10-16 Mei 2022.

Artinya, sejak 10-16 Mei 2022, Ma'ruf Amin bertugas sebagai pelaksana tugas (Plt) Presiden.

Baca Juga: Ini Agenda Jokowi Selama Hadiri KTT Khusus ASEAN-Amerika Serikat

1. Setelah Jokowi kembali ke Indonesia, penugasan Plt Presiden berakhir

Jokowi ke Amerika, Ma'ruf Amin Jadi Plt PresidenPresiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin bertemu di Istana Merdeka pada Senin (9/5/2022). (dok. Setwapres)

Dalam Keppres tersebut, apabila Jokowi telah kembali ke Tanah Air, penugasan Ma'ruf Amin sebagai Plt Presiden berakhir. Selain itu, Ma'ruf wajib memberikan laporan kepada Jokowi selama menjadi Plt Presiden.

Keppres Nomor 6 Tahun 2022 ini ditandatangani Jokowi pada 10 Mei 2022.

Baca Juga: Jokowi Tiba di Washington DC Hadiri KTT ASEAN-AS

2. Jokowi hadiri KTT Khusus ASEAN_Amerika Serikat

Jokowi ke Amerika, Ma'ruf Amin Jadi Plt PresidenPresiden Jokowi hadiri KTT ASEAN-Australia pada Rabu (27/10/2021). (dok. Biro Pers Kepresidenan)

Diketahui, Jokowi saat ini sedang berada di Amerika Serikat (AS) untuk mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Khusus ASEAN-AS di Washington DC pada 12-13 Mei 2022. Ada sejumlah kegiatan yang akan diikuti oleh Jokowi dalam acara tersebut.

Saat keberangkatan pada Selasa, 10 Mei 2022, Jokowi menjelaskan sejumlah agenda yang akan dijalaninya selama di Amerika Serikat.

"Pagi hari ini saya dan delegasi akan berangkat melaksanakan kunjungan kerja ke Washington DC dari tanggal 11 sampai 13 Mei 2022, bersama kepala negara negara ASEAN lainnya. Saya akan berpartisipasi dalam rangkaian pertemuan ASEAN-US special summit selama 2 hari," ujar Jokowi dalam pernyataannya yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (10/5/2022).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan, akan bertemu dengan sejumlah kepala negara dan CEO besar dari Amerika Serikat.

"Adapun rangkaian pertemuan yang saya hadiri antara lain pertemuan dengan anggota kongres, pertemuan dengan para CEO besar dari Amerika, dan juga pertemuan dengan Wapres Harris dan tim perubahan iklim Amerika serta pertemuan tingkat tinggi pemimpin ASEAN dan Presiden Biden," ucapnya.

3. Indonesia sebagai pemegang koordinator kemitraan ASEAN-AS periode 2021-2024

Jokowi ke Amerika, Ma'ruf Amin Jadi Plt PresidenPresiden Jokowi hadiri KTT ASEAN-Australia pada Rabu (27/10/2021). (dok. Biro Pers Kepresidenan)

Jokowi menyebut, Indonesia saat ini memegang koordinator kemitraan ASEAN-AS periode 2021-2024. Jokowi pun berharap KTT Khusus ASEAN-AS ini memiliki sejumlah hasil yang baik.

"Indonesia berharap KTT khusus ini akan menghasilkan kerja sama yang dapat berkontribusi bagi perdamaian, bagi stabilitas dan bagi kemakmuran di kawasan," katanya.

"Dengan ASEAN outlook on the Indo-Pasific, ASEAN siap bersinergi dengan seluruh negara mitra ASEAN, termasuk Amerika serikat dalam mengembangkan kerja sama yang konkret, yang inklusif, dan saling menguntungkan," sambungnya.

Jokowi menegaskan, Indonesia memiliki tanggung jawab menjadikan Indo-Pasifik sebagai kawasan yang damai, stabil dan sejahtera.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya